Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Pemkab Tana Tidung · 10 Mar 2022 06:54 WITA ·

Lestarikan Tradisi, Tasyakuran dan Tasmiyah Putra Bupati KTT Gunakan Adat Tidung


Tasyafakuran dan Tasmiyah putra ketiga Bupati Kabupaten Tana Tidung, Ibrahim Ali Perbesar

Tasyafakuran dan Tasmiyah putra ketiga Bupati Kabupaten Tana Tidung, Ibrahim Ali

TANA TIDUNG – Tasyafakuran dan Tasmiyah atas kelahiran putra Kabupaten Tana Tidung Kalimantan Utara Ibrahim Ali beserta Vamelia Ibrahim Ali digelar di rumah jabatan Rabu (9/3/2022).

Prosesi aqiqah dilaksanakan secara Islami dan adat dengan mengkolaborasikan atau memadukan adat Tana Tidung dalam rangka melestarikan tradisi adat leluhur. Kolaborasi tradisi adat dilaksanakan mengingat orang tua bayi yang berasal dari suku Tidung.

Prosesi diawali dengan memandikan Rudhot, jepin dan kuntauw di muka rumah dengan prosesi adat yang disebut Hadrah.

width"450"

Prosesi Tasmiyah dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an serta dilanjutkan dengan tausiah atau ceramah singkat. Selanjutnya, setelah prosesi adat Tidung, dilanjutkan dengan upacara tradisional pemberian nama.

Sebelum acara diakhiri dan dilanjutkan dengan santap siang seluruh tamu undangan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Ibrahim Ali menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para tamu. Pada kesempatan tersebut, Ibrahim dan Istri juga menyampaikan harapan sang Putra kelak akan menjadi anak yang berbhakti serta berguna bagi nusa, bangsa, dan agama.

“Saya dan keluarga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir di acara tasyakuran anak kami Muhammad Jindan Habibi Ibrahim,” ucap Bupati.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi juga disampaikan kepada orang tua, tokoh agama, tokoh-tokoh adat yang sempat hadir dalam kegiatan tersebut.

“Begitu juga doa dari seluruh masyarakat Tana Tidung kepada kami sekeluarga, saya tak dapat membalas satu per satu, saya haturkan ucapan terima kasih serta doa keselamatan dan kesejahteraan untuk kita semua. Aamiin,” ujar Bupati.

Dalam kegiatan ini, masing – masing tokoh adat dari perwakilan desa menampilkan adat istiadat budaya Tidung seperti Berudot, japin, dan silat kuntau.

Selain doa sesuai agama Islam, kegiatan yang dirangkai dengan tradisi adat Tidung ini, Bupati berharap adat istiadat dan budaya Tidung terus lestari untuk anak cucu kedepan. (her/Iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 498 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Walikota Tarakan Hadiri Perayaan Tahun Baru Imlek 2574

29 Januari 2023 - 22:23 WITA

Dapat Gelar Warga Kehormatan DAD, Deddy Sitorus Menangis Haru

28 Januari 2023 - 11:52 WITA

Terima Kunjungan PLN, Bupati Ibrahim Ali Bahas Layanan Kelistrikan di KTT

27 Januari 2023 - 06:30 WITA

Kapolres Tana Tidung Berganti, Bupati Ibrahim Ali: Semoga Terus Bersinergi

25 Januari 2023 - 06:18 WITA

Bupati Ibrahim Ali Buka Muslub Gerakan Pramuka Kwarcab KTT

21 Januari 2023 - 12:00 WITA

Bupati Ibrahim Ali Ingatkan Pejabat Untuk Meningkatkan Kedisplinan

21 Januari 2023 - 11:37 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!