Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Advetorial · 22 Sep 2022 21:42 WITA ·

Maksimalkan Potensi Hasil Laut Kaltara


Maksimalkan Potensi Hasil Laut Kaltara Perbesar

SEMARANG – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H .Zainal A. Paliwang SH. M.Hum bertemu Kelompok nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jawa Tengah (Jateng) di Rinjani Room Hotel Grand Arkenso Kota Semarang-Jawa Tengah, Kamis (22/9).

Disaksikan Gubernur Zainal, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kaltara, Rukhi Syayahdin menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) antara Pemprov Kaltara dengan HNSI Jateng yang diketuai Riswanto dan DKP Provinsi Jateng oleh Kepala DKP Provinsi Jateng, Fendiawan Tiskiantoro tentang pemanfaatan sumber daya ikan.

Para pihak bersepakat untuk melakukan PKS Andon Penangkapan Ikan. Dengan maksud terjalin kerjasama dibidang Kelautan dan Perikanan, serta tujuan untuk mempermudah koordinasi penanganan, perizinan dan pengawasan terhadap nelayan Andon.

“Kami dari Kaltara ingin sekali meningkatkan pendapatan nelayan di Kaltara yang area tangkapnya dapat dimaksimalkan,”kata Gubernur.

Untuk itu, Gubernur menyambut baik HNSI Jateng yang ingin membantu mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanan di Bumi Benuanta yang sangat menjanjikan.

“Saya bersyukur bahwa HNSI Jateng dengan Kaltara bisa bekerjasama untuk kemudian kita ujicoba mungkin 5-6 kapal. Yang hasilnya dapat kita lihat dalam waktu singkat,”terangnya.

Ia menghimbau, untuk dapat segera mempersiapkan rancangan kegiatan untuk perariran Kaltara dengan jangka waktu 5 tahun. “Masalah BBM, masalah keamanan kemudian masalah logistik tidak usah khawatir karena akan kita jamin itu semua. Kita akan melakukan koordinasi dengan Danlantamal dan Kapolda Kaltara,” bebernya.

Sebagai informasi, Andon Penangkapan Ikan adalah kegiatan Penangkapan Ikan di laut yang dilakukan oleh Nelayan dan Nelayan Kecil, dengan menggunakan kapal penangkap ikan berukuran sampai dengan 30 (tiga puluh) gross tonnage dengan daerah Penangkapan Ikan sesuai tanda daftar kapal perikanan andon atau surat tanda penangkapan ikan andon.

Tujuannya, mencari fishing ground yang masih potensial, menghindari musim paceklik, menghindari cuaca buruk, mengikuti ruaya ikan, efisiensi biaya penangkapan dengan mencari lokasi yang terdekat dengan fishing ground Overexploited di daerah asal. (dkisp)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tanah Longsor di Jalan Anggrek, Ibu dan 3 Anak Nyaris Jadi Korban 

26 September 2022 - 17:46 WITA

Presiden: Ekonomi Digital Pesat, _Startup_ Indonesia Punya Banyak Peluang

26 September 2022 - 17:34 WITA

Tanggapi Dugaan Kasus Suap dan Korupsi, Presiden: Semua Sama di Mata Hukum

26 September 2022 - 17:22 WITA

Lantik 39 Pejabat, Gubernur Titip Tiga Hal

26 September 2022 - 17:16 WITA

Pimpin Sertijab Pejabat Kodam, Pangdam VI/Mlw : Sertijab Bagian Dari Tour Of Duty dan Tour Of Area

26 September 2022 - 13:51 WITA

Mobile Legend Student Cup Sukses Digelar di Tarakan, Telkomsel Launching Kartu GameMAX Tarakan

26 September 2022 - 12:30 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!