Menu

Mode Gelap

Daerah · 13 Okt 2019 07:00 WITA ·

“BANGAYO” Pusat Kuliner Non Tunai Pertama di Kaltara


					Walikota Tarakan Khairul didampingi KpW Bank Indonesia Kaltara Hendik Sudaryanto dan tamu undangan resmikan wisata kuliner Bangayo, Sabtu (12/10). Poto: Ari/ fokusborneo.com Perbesar

Walikota Tarakan Khairul didampingi KpW Bank Indonesia Kaltara Hendik Sudaryanto dan tamu undangan resmikan wisata kuliner Bangayo, Sabtu (12/10). Poto: Ari/ fokusborneo.com

TARAKAN – Ribuan masyarakat Tarakan hadiri hari pertama pembukaan pusat wisata kuliner Kota Tarakan Baya Ngakan Mayo (Bangayo), dijalan Gajah Mada tepatnya didepan Kawasan Konservasi Manggrove dan Bekantan (KKMB) Kota Tarakan, Sabtu (12/10/2019).

Walikota Tarakan Khairul mengatakan, pusat wisata kuliner Bangayo merupakan bagian dari upaya Pemkot Tarakan untuk mengembangkan Umkm, termasuk kuliner terutama pedagangan kaki lima walaupun beberapa diantaranya ada outlet cukup besar.

width"300"

“Harapanya ini akan menjadi alternatif bagi masyarakat Tarakan dan sekitarnya untuk berkunjung,’’ kata Khairul usai membuka Pusat Wisata Kuliner Bangayo.

width"300"

Pusat wisata kuliner buka dari pukul 17.00 – 00.00 Wite, dengan jumlah umkm dan kuliner yang diakomodir sebanyak 22 pelaku usaha di Tarakan setelah sebelumnya melalui seleksi ranking tertinggi kuliner yang paling banyak diminati masyarakat.

“Harapanya ini menjadi alternatif karena bukanya cukup lama sampai jam 12 malam,’’ ujarnya.

Dengan Tagline Smart City, untuk mempermudah transaksi diwisata kuliner menggunakan transaksi non tunai, sehingga tidak ada lagi uang kembalian dan mengurangi tindak kejahatan bidang keuangan serta membatu pemerintah mencetak uang, karena uang dicetak menggunakan uang.

width"400"

“Banyak keuntungan dari transaksi non tunai termasuk pemerintah daerah, semua transaksi dapat terpantau, ini adalah pusat wisata kuliner non tunai pertama di Kaltara.’’ jelasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kaltara Hendik Sudaryanto menjelaskan, konsep awal wisata kuliner adalah untuk menggandeng umkm, mengembangkan pariwisata, dan mencari suatu tempat dimana orang Tarakan maupun wisatawan bisa berkumpul.

“Maka dalam rangka mendukung pariwisata perlu dikembangkan satu Kawasan kuliner yang nantinya menjadi tempat masyarakat Tarakan dan wisatawan,’’ jelasnya.

Secara prinsip sistem non tunai untuk memudahkan masyarakat supaya mereka nanti bisa inklusif, pembayaran akan lebih efektif menggunakan non tunai, dengan asumsi jaringan bagus tidak ada hal yang menyulitkan non tunai.

“Penggunaan non tunai sangat efisien mengurangi tidak kejahatan, bagi kami juga mengurangi biaya cetak uang, serta mengedukasi masyarakat bawah bahwa tidak harus semua tunai,” terangnya.
Kedepan penggunaan non tunai tidak dipungkiri lebih besar porporsinya dari tunai seiring dengan perkembangkan jaman dan tehnologi.

“Digitalisasi ekonomi notabene tehnologi lebih digunakan, khususnya untuk lebih memudahkan kehidupan masyarakat utamanya untuk ekonomi,” pungkasnya. (aii/iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 81 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Selama Ramadhan Hingga Lebaran, Stok BBM di SPBU Dipastikan Terpenuhi

29 Maret 2024 - 12:36 WITA

blank

Tarif Listrik April-Juni 2024 Tetap, Pemerintah Perhatikan Daya Beli Masyarakat dan Dukung PLN Jaga Mutu Pelayanan

29 Maret 2024 - 11:55 WITA

blank

PLN EPI Gandeng Konsorsium Indokorea Gas Kembangkan Infrastruktur Midstream LNG di Nusa Tenggara

29 Maret 2024 - 08:19 WITA

blank

Disperindagkop Tana Tidung Bersama Bulog Manfaatkan Rumah Pangan Kita untuk Operasi Pasar Murah

29 Maret 2024 - 07:46 WITA

blank

20 Orang Peserta Seleksi SIP Angkatan ke-53 Tahun 2024 Dinyatakan Lulus Terpilih

28 Maret 2024 - 22:51 WITA

blank

Baznas Balikpapan Target Zakat Terkumpul Mencapai Rp 11 Milliar

28 Maret 2024 - 21:51 WITA

blank
Trending di Daerah