Menu

Mode Gelap

Daerah · 4 Mei 2021 07:58 WITA ·

Syarat Kelulusan SD dan SMP di Tana Tidung, Wajib Ikut Ujian Sekolah


					Foto: Doc.Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung Perbesar

Foto: Doc.Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Tidung

TANA TIDUNG – Syarat kelulusan bagi siswa SD maupun SMP, salah satunya wajib mengikuti ujian sekolah. Dari hasil ujian ini, nantinya bakal diambil nilai untuk menentukan kelulusan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tana Tidung Jafar Sidik mengatakan, ujian sekolah untuk siswa SD dan SMP ini, pelaksanaannya tidak hanya berupa tes tertulis tetapi portofolio, penugasan, dan kegiatan penilaian dalam bentuk lain yang ditetapkan sekolah. 

“Pembelajaran di Tana Tidung difokuskan pada kompetensi literasi, numerasi, dan karakter untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi siswa atau dikenal keterampilan abad 21. Ujian sekolah ini juga menjadi bagian untuk mengasah dan menguji keterampilan,” kata Jafar Sidik, Rabu (3/5/21).

width"450"

Dijelaskan Jafar, ujian sekolah di Tana Tidung, dilaksanakan menyesuaikan kompetensi dasar yang dipilih sekolah pada setiap mata pelajaran. Seperti di SD Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung, menggunakan tes tertulis dan proyek.

“Kami laksanakan ujian berupa proyek untuk pelajaran bahasa Indonesia, IPA, SBdP, dan Matematika. Siswa membuat masker yang estetis untuk mencegah penularan covid-19, menghitung biaya yang dibutuhkan, dan menulis teks prosedur tentang cara pembuatannya. Hasilnya dipaparkan di sekolah yang dihadiri pengawas, kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa,” ujar Kepala Sekolah Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung, Zulfiansyah, M.Pd.

Berbeda halnya dengan SMP Negeri 2 Tana Tidung. Sekolah yang berada di desa Bandan Bikis tersebut, menguji kemampuan siswanya menggunakan teknologi dengan ujian tulis berbasis komputer. Soal yang diujikan mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah.

“Kami menggunakan aplikasi ujian yang dikembangkan Pak Wardi (guru SMP Negeri Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung) dalam pelaksanaan ujian ini. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar,” kata Guru SMP Negeri 2 Tana Tidung Novi.(*/Dinas Pendidikan KTT)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 201 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Lapas Tarakan Bekerjasama RSUD dr Jusuf SK Edukasi Bahaya Narkoba ke Warga Binaan

27 Juli 2024 - 10:02 WITA

blank

Kolaborasi Kementerian Kesehatan, KPK, BPKP dan BPJS Kesehatan dalam Pencegahan dan Penanganan Fraud

27 Juli 2024 - 07:53 WITA

blank

Titip Sendal, Cerminan Korupsi Dalam Kehidupan Setiap Hari

27 Juli 2024 - 07:28 WITA

blank

KUPP Sungai Nyamuk Raih Penghargaan Kehumasan

26 Juli 2024 - 11:03 WITA

blank

Persiapan Upacara  HUT 17 Agustus  dI IKN, SAMS Sepinggan Merubah  Flow Pickup Zone

26 Juli 2024 - 07:41 WITA

blank

Ketua Umum PSI Dukung Ibrahim Ali – Sabri

25 Juli 2024 - 20:14 WITA

blank
Trending di Daerah