Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 8 Agu 2021 13:07 WITA ·

Agar Tepat Sasaran, Distribusi Bantuan Isoman Dari Baznas Langsung ke Kelurahan


Pengurus Baznas Tarakan Bersama Walikota Tarakan Saat Menerima Bantuan Paket Berat untuk Pasien Isoman. foto: fokusborneo.com Perbesar

Pengurus Baznas Tarakan Bersama Walikota Tarakan Saat Menerima Bantuan Paket Berat untuk Pasien Isoman. foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Bantuan untuk pasien isolasi mandiri (isoman) khususnya warga tidak mampu terus mengalir dan dihimpun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tarakan, tidak hanya sembako bantuan juga berupa uang tunai.

Kepala Pelaksana Baznas Tarakan, Syamsi Sarman menjelaskan, bantuan sudah cukup banyak baik itu dari perusahaan maupun perorangan, ada yang menyumbang 1.000 sak beras, 100 sak, kemudian sumbangan dalam bentuk paket dan uang melalui rekening.

“Kalau uang belum bisa saya hitung, karena masuk ke rekening bank, tapi kalau misalnya Rp 5 juta – Rp 10 Juta sudah adalah yang masuk,” ujar Syamsi Sarman, Sabtu (7/8/2021).

Mekanisme pendistribusian dari Baznas langsung melalui Kelurahan. Artinya Kelurahan yang mengajukan data warga yang isoman misalnya ada 10 Kepala Keluarga, maka Baznas distribusi bantuan untuk 10 KK ke Kelurahan.

“Yang pertama alasannya kami tidak mau kontak dengan pasiennya, yang kedua yang tahu tempatnya yang isoman itukan pihak kelurahan, jadi kami kembalikan ke pihak Kelurahan lagi,” terangnya.

Tujuan selanjutnya, agar bantuan yang diberikan tidak tumpang tindih, karena Kelurahan mengetahui langsung warga yang sudah dibantuk yang mana dan yang belum dibantu yang mana sehingga tidak double.

“Terkait dengan jumlahnya, kalau perhitungan pak walikota kan sekitar 2000 kalau dibagi 20 kelurahan di satu kelurahan itu kira-kira 100 orang rata-rata,” ucapnya.

Syamsi Sarman mengungkapkan, hampir semua kelurahan sudah ada yang masuk mengajukan bantuan bahkan ada yang sudah 2 sampai 3 kali.

“Misalnya hari ini sudah dapat, kemudian beberapa hari lagi minta lagi, itu boleh tidak apa-apa asal yang penting Lurahanya yang minta,” tuturnya.

Setiap satu keluarga yang isoman mendapatkan bantuan berupa beras 10 kg, kemudian telur 2 piring atau 60 biji, dan mie instan 2 dos. (wic/iik)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aksi Damai Tuntut Edy Mulyadi Ditangkap, Kapolres Tarakan: Secepatnya Kita Sampaikan ke Atas

25 Januari 2022 - 10:42 WITA

Aliansi Masyarakat Adat Kaltara Bersatu Gelar Aksi Damai Minta Edy Mulyadi Cs Ditangkap

25 Januari 2022 - 10:17 WITA

Gubernur dan Bupati Jajal Sirkuit Balap Bumi Rahayu

25 Januari 2022 - 10:14 WITA

FKUI Yakin Pemerintah Berikan Solusi

24 Januari 2022 - 20:56 WITA

Diapresiasi Pemerintah, YFKAB Fokus Tiga Pilar

24 Januari 2022 - 18:31 WITA

Pimpin Apel, Wagub Tekankan ASN Junjung Nilai Baik dan Positif

24 Januari 2022 - 16:55 WITA

Trending di Daerah