Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 6 Jan 2022 20:06 WITA ·

N-219, Asa Kaltara Buka Konektivitas Daerah 3TP


N-219, Asa Kaltara Buka Konektivitas Daerah 3TP Perbesar

Tarakan – Sebagai provinsi paling bungsu yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) terus menggenjot pembangunan dan berbenah khususnya pemerataan infrastruktur daerahnya. Masih terdapat daerah-daerah terpencil yang mana akses menuju lokasi tersebut sangat sulit dijangkau sehingga butuh angkutan udara seperti pesawat terbang untuk dapat menjangkaunya.

Atas dasar hal tersebut Gubernur Kaltara, Zainal A Paliwang menghadiri acara yang bertajuk ‘Focus Group Discussion (FGD) Skema Pembiayaan dan Kerja Sama Dalam Rangka Komersialisasi Pesawat N-219’ yang dilaksanakan oleh PT Dirgantara Indonesia (DI) secara daring di VIP Room Bandara Juwata Tarakan pada Rabu (5/1).

Adapun tujuan kegiatan ini terpenuhinya kebutuhan konektivitas Indonesia terutama diwilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP). Dimana komersialisasi pesawat N-219 mampu menjadi solusi jembatan udara di Indonesia. Membuka peluang pendanaan investasi dalam rangka komersialisasi pesawat N-219 dimana pangsa pasarnya yang cukup tinggi. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan Provinsi Kaltara dalam hal menanggulangi persoalan diperbatasan seperti akses transportasi.

“Saya sangat merespon apa yang sudah dilaksanakan hari ini dan akan kami tindak lanjuti bersama PT DI. Karena kami setiap tahun mengeluarkan anggaran diatas 20 miliar (rupiah, red) untuk subsidi orang dan subsidi barang. Ini kalau kita jadikan untuk pembiayaan pengadaan ataupun kerjasama perusahaan penerbangan saya kira anggaran ini bisa kita gunakan untuk menyewa ataupun membeli secara berkala pesawat ini (N-219, red),” ujar Gubernur Zainal dalam paparannya.

Menurutnya Kaltara sangat membutuhkannya karena ada 6 bandar udara dan 8 bandar udara perintis. Infrastruktur yang ada saat ini di Kaltara masih banyak wilayah-wilayah yang tidak bisa dilalui dengan moda transportasi air dan moda transportasi darat.

width"450"
width"425"

“Jadi kita harapkan memang adanya pesawat yang dimiliki untuk Kaltara. Dan saya melihat tadi beberapa penyampaian dari Deputi Pendanaan Bappenas pembangunan kereta api itu di Jawa-Sumatera kemudian infrastruktur juga di Jawa-Sumatera,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa Kaltara termasuk wilayah 3TP sangat membutuhkan sokongan pembangunan infrastruktur. “Kita sudah 76 tahun merdeka, tapi masih ada beberapa daerah kita ini yang masih belum terkoneksi untuk transportasi darat,” tegasnya.

Setelah ini, Gubernur Zainal akan menindaklanjuti dengan malaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) PT DI dengan Pemerintah Provinsi Kaltara. “Ini potensi yang bisa saya manfaatkan untuk bisa kerjasama dengan perusahan penerbangan, kontrak pertahun pesawat ataukah memang ada pembiayaan lain bersama-sama membiayai untuk membeli pesawat,” pungkasnya.

Menurut sumber yang dikutip dari wikipedia.org dijelaskan N-219 merupakan pesawat penumpang dan serba guna yang dikembangkan oleh PT DI. Spesifikasi dasar mencakup kapasitas 19 penumpang dan dua mesin turboprop produksi Pratt and Whitney PT6A–42, masing-masing bertenaga 850 shp. (el.r/dkisp.kaltara)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Anggota Kompi Air Denjasaang VI-44-13 Bekangdam VI/Mlw Berhasil Evakuasi Korban Kapal Klotok Yang Karam

15 Agustus 2022 - 22:50 WITA

Gubernur Kukuhkan 40 Anggota Pasukan Pengibar Bendera

15 Agustus 2022 - 22:42 WITA

Progress KIHI Signifikan, Menko Marves Bakal Kembali Kunjungi Kaltara

15 Agustus 2022 - 21:13 WITA

Jadi Lokasi Tanam Mangrove, Wabup Hendrik: Semoga Ekosistem di Tana Tidung Tetap Terjaga

15 Agustus 2022 - 18:12 WITA

Tahun ini UBT Terima 2.137 Mahasiswa Baru

15 Agustus 2022 - 15:08 WITA

Wabub Hendrik Serahkan Bendera Merah Putih di HUT Pramuka Ke-61

15 Agustus 2022 - 14:55 WITA

Trending di Advetorial
error: Alert: Content is protected !!