Menu

Mode Gelap

Daerah · 16 Mar 2022 11:15 WITA ·

Target Belum Tercapai, Ini Upaya Perumda Tarakan Aneka Usaha Maksimalkan Pengelolaan Parkir


					Salah satu titik parkir di Jalan Sebengkok Tiram. Foto : Ist. Perbesar

Salah satu titik parkir di Jalan Sebengkok Tiram. Foto : Ist.

TARAKAN – Selama 2 bulan sejak Januari 2022 diserahkan mengelola parkir di Kota Tarakan, target pendapatan bulanan yang dicanangkan Perumda Tarakan Aneka Usaha masih belum tercapai. Dari jumlah titik parkir yang ada, pendapatan yang diperoleh baru mencapai 50 persen.

Direktur Perumda Tarakan Aneka Usaha Mapa Panglima Banding menjelaskan memasuki bulan ketiga pengelola parkir, dari target yang telah dicanangkan Perumda Tarakan Aneka Usaha belum tercapai. Target yang terpenuhi, baru 50 persen.

“Kalau target kita 1 tahun Rp 1,6 miliar, kita penuhi rata-rata per bulan harus Rp 130 juta lebih. Jadi sampai 2 bulan ini baru sekitar Rp 50 juta jadi hampir setengahnya,” kata Mapa kepada awak media, Selasa (15/3/22).

width"450"

Dijelaskan Mapa, belum tercapainya target tersebut karena petugas parkir yang masih kurang, sehingga masih banyak titik parkir yang belum tergarap di Kota Tarakan. Selain itu banyak petugas yang tidak disiplin menyetorkan hasil pungutannya.

“Titik cukup banyak tapi petugasnya sedikit. Kalau dari titik parkir yang kami identifikasi, masih ada sekitar 147 titik parkir yang belum terisi,” terang Mapa.

Penyebab kekurangan petugas parkir tersebut, dikatakan Mapa karena lokasi titik parkir tidak menarik terutama dari segi pendapatan atau sepi. Sehingga tidak ada mau yang mendaftar menjadi petugas disitu.

“Padahal kami masih membuka rekrutmen petugas parkir, cuma alasan itu orang enggan mendaftar,” jelas Mapa.

Honor petugas parkir diterangkan Mapa, dibayar harian tergantung dari target mereka. Untuk setoran setiap harinya, berbeda-beda tergantung lokasi titik parkirnya.

“Masing-masing titik kan potensinya beda-beda, ada yang setoran per hari itu Rp 60 ribu ada yang 1 hari itu setor sampai Rp 200 ribu jadi beda-beda,” pungkas Mapa.

Upaya memaksimalkan pendapatan dari pengelolaan parkir, dikatakan Mapa Perumda Tarakan Aneka Usaha akan meningkatkan pengawasan dilapangan dan mengajukan titik parkir baru sebanyak 237 titik. Titik parkir baru tersebut, sudah diajukan ke Dinas Perhubungan Kota Tarakan.

“Kami akan melakukan pembinaan kepada petugas parkir, monitoring dan membuat sistem yang kecil kemungkinan terjadi kecurangan serta membuat pengendalian internal yang lebih bagus,” tutup Mapa.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 170 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Lapas Tarakan Bekerjasama RSUD dr Jusuf SK Edukasi Bahaya Narkoba ke Warga Binaan

27 Juli 2024 - 10:02 WITA

blank

Kolaborasi Kementerian Kesehatan, KPK, BPKP dan BPJS Kesehatan dalam Pencegahan dan Penanganan Fraud

27 Juli 2024 - 07:53 WITA

blank

Titip Sendal, Cerminan Korupsi Dalam Kehidupan Setiap Hari

27 Juli 2024 - 07:28 WITA

blank

KUPP Sungai Nyamuk Raih Penghargaan Kehumasan

26 Juli 2024 - 11:03 WITA

blank

Persiapan Upacara  HUT 17 Agustus  dI IKN, SAMS Sepinggan Merubah  Flow Pickup Zone

26 Juli 2024 - 07:41 WITA

blank

Ketua Umum PSI Dukung Ibrahim Ali – Sabri

25 Juli 2024 - 20:14 WITA

blank
Trending di Daerah