Menu

Mode Gelap

Daerah · 14 Mei 2024 18:52 WITA ·

PDAM Tirta Alam Keruk Embung Persemaian Setelah 20 Tahun


					Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Tarakan, gencar melakukan perbaikan, kali ini pengerukan penampungan air (Embung) Persemaian, yang selama hampir 20 tahun  tahun tidak pernah dilakukan pengerukan Perbesar

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Tarakan, gencar melakukan perbaikan, kali ini pengerukan penampungan air (Embung) Persemaian, yang selama hampir 20 tahun tahun tidak pernah dilakukan pengerukan

TARAKAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Tarakan, gencar melakukan perbaikan, kali ini pengerukan penampungan air (Embung) Persemaian, yang selama hampir 20 tahun tahun tidak pernah dilakukan pengerukan

Kabag Humas PDAM Tirta Alam, Sunarto menjelaskan, pengerukan di Embung persemaian dilakukan selama 2 minggu dan per hari minggu tanggal 12 Mei 2024 pukul 17.00 wita telah dinyatakan selesai. Memang Embung Persemaian statusnya milik Pemkot Tarakan yang di Hibahkan kepada PDAM Tirta Alam Tarakan.

“Hari ini kita memulai pengisian air di Embung Persemaian, debit air yang mengalir baru 180 liter/det artinya ada penurunan debit air. Karena adanya stop sulpay dari embung persemaian dan adanya perbaikan dinding reservoir yang bocor maka debit sementara sekitar 180 ld, untuk normalnya adalah 245 ld, tapi estimasi kurang lebih 2 Minggu i atau sampai kemungkinan normal selama tidak ada gangguan yang berarti. Misalkan mati lampu atau pipa bocor,” jelas Sunarto di temui media pada Senin (13/05/24)

Selama proses pengerukan ada beberapa wilayah yang terdampak, mengakibatkan air tidak mengalir. Sunarto menjelaskan daerah Jembatan Bongkok, Jl. Gajah Mada, Jl.Cendrawasih, sebagian Karang Balik, Selumit Darat, Jl.Bhayangkara, Jl. Mulawarman, dan beberapa daerah lain.

Sunarto menambahkan, embung akan berfungsi normal kembali setelah proses pengisian air Embung Persemaian yang terdapat 2 Embung atas dekat wana wisata dan bawah yang dilakukan pengerukan.

Embung Persemaian ini 20 tahun tidak di keruk, bisa dibayangkan pendangkalan yang terjadi. Statusnya Embung Persemaian Milik Pemkot Tarakan yang di Hibah kan kepada PDAM Tirta Alam Tarakan. Baru di era Direktur Iwan Setiawan baru ada aksi, karena beliau memang orang pintar juga paham Manajemen sehingga banyak sekali terobosan terobosan nya , Yang kemarin tidak bisa dikerjakan, Allhamdulilah sekarang bisa di kerjakan sampai tahun berikutnya,” ujar Sunarto.

Lanjut Sunarto, Embung Persemaian sendiri memiliki kedalaman 4 meter tetapi akibat pendangkalan/sedimentasi yang terjadi hanya mampu menampung air sedalam 1 meter.

“Pada saat hujan deras, dimana-mana satu minggu Embung sudah kering ternyata sedimennpya tinggi, 2.5 meter tinggi pasir dan tanah, dan saat ini juga ada perbaikan reservoar kapasitas 1000 M3. Akan ada dampak perbaikan reservoir persemaian yang bocor, estimasi 2 minggu selesai perbaikan.

Tetapi apabila hujan cukup dan embung persemaian penuh, insya Alloh 2 Mingu kedepan sudah bisa produksi normal 245 Liter/det,” pungkasnya. (**)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 122 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

KPH Tarakan Bina 9 Kelompok Perhutanan Sosial

25 Mei 2024 - 18:10 WITA

blank

“Zona Kuning” HL Terus Dipantau

25 Mei 2024 - 17:52 WITA

blank

Ribuan Undangan Hadiri Prosesi Pekiban Putra Kapolda Kaltara

25 Mei 2024 - 17:44 WITA

blank

Suroso Nahkodai IPSI Kaltara, Program Pertama Persiapan Atlet Menuju PON 2024

25 Mei 2024 - 15:21 WITA

blank

Delegasi KTT WWF di Bali Full Gunakan Kendaraan Listrik, Begini Kesiagaan Personel PLN

25 Mei 2024 - 14:51 WITA

blank

Bupati Ibrahim Ali Akan Kembangkan Ayam Petelor di Kabupaten Tana Tidung

25 Mei 2024 - 14:43 WITA

blank
Trending di Daerah