Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Ekonomi · 16 Nov 2020 19:30 WITA ·

Dongkrak Ekonomi, Sektor Pariwisata Tarakan Dapat Bantuan Rp 4,3 Milliar


Wajah Baru Pantai Amal di Pesisir Timur Kota Tarakan, foto: Fokusborneo.com Perbesar

Wajah Baru Pantai Amal di Pesisir Timur Kota Tarakan, foto: Fokusborneo.com

TARAKAN – Program peningkatan ekonomi nasional kota Tarakan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 4,3 milliar yang diperuntukan untuk sektor pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Tarakan, Agustina mengatakan, khusus sektor pariwisata pemerintah pusat melalui kementerian Pariwisata tahun ini menggelontorkan anggaran kurang lebih Rp 3,3 trilliun.

“Anggaran itu dibagi untuk 101 daerah di Indonesia termasuk Kota Tarakan sebesar Rp 4,3 milliar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan ini adalah dana hibah pariwisata seperti perhotelan, restoran, rumah makan. Daerah yang mendapatkan bantuan harus memenuhi kriteria. “Nah Tarakan mendapatkan karena dua kategori yaitu kalender of event dan penghasilan pajak 15 persen, sedangkan pajak Tarakan itu 20,6 persen tahun 2019 kemarin,” tuturnya.

Lebih lanjut, untuk penerima bantuan harus memenuhi persyaratan yaitu taat membayar pajak, memiliki ijin, kemudian saat ini usahanya masih berjalan.

“Pemerintah tidak sembarangan dalam memberikan bantuan, saat ini masih tahap validasi, kami sudah mengusulkan 472 usaha perhotelan, restoran, rumah makan dan kafe,” ucapnya.

Agustina menegaskan, untuk besaran bantuan hibah belum diketahui berapa besaran masing-masing pelaku usaha, yang jelas pembagiannya proposional. Semakin tinggi membayar pajak maka semakin tinggi bantuannya.

“Bantuan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah dalam rangka peningkatan ekonomi nasional (PEN) bagi sektor pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19. Selain itu dana ini juga nantinya digunakan untuk revitalisasi tempat pariwisata,” pungkasnya. (wic/Iik)

Artikel ini telah dibaca 324 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Satu Bal Sabu Ditemukan di Lapas Tarakan, Diduga Dilempar Dari Luar dan Salah Sasaran

5 Desember 2021 - 15:37 WITA

Pengurus PCI Kaltara Resmi Dilantik, Siap Berjuang Tampil di PON 2024

4 Desember 2021 - 16:54 WITA

UMK Tarakan Tahun 2022 Ditetapkan Rp 3.774.378,35

4 Desember 2021 - 15:39 WITA

Pendapatan Naik 104 Persen, Bupati Ibrahim Ali Apresiasi PDAM KTT

4 Desember 2021 - 11:41 WITA

Luhut Panjaitan Kunjungi Provinsi Kaltara

3 Desember 2021 - 20:06 WITA

Persiapan Groundbreaking KIPI, 9 Perusahaan Mancanegara Siap Investasi di Kaltara

3 Desember 2021 - 20:00 WITA

Trending di Advetorial