Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 14 Sep 2021 20:30 WITA ·

Integrasi Pelindo, Harga Barang Lebih Murah Dengan Standarisasi Layanan Pelabuhan


					Jajaran Manajemen PT Pelindo IV Cabang Tarakan dan Awak Media Mengikuti Zoom Sosialisasi Integrasi Pelindo I-IV. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Jajaran Manajemen PT Pelindo IV Cabang Tarakan dan Awak Media Mengikuti Zoom Sosialisasi Integrasi Pelindo I-IV. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III, dan IV Persero akan dilakukan intergrasi yaitu berubah menjadi satu PT Pelabuhan Indonesia Persero.

Dengan bersatunya PT Pelindo maka akan memberikan manfaat besar bagi Indonesia, mempermudah koordinasi pengelolaan Pelabuhan di seluruh Indonesia, lalu meningkatkan kontribusi kepada pendapatan negara melalui dividen dan pajak.

width"300"
width"300"

Dijelaskan, Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Prasetyadi menjelaskan dengan Pelindo terintegrasi berpotensi untuk meningkatkan performas operasional dan finansial di bandingkan model terpisah.

width"300"

“Bagi masyarakat gabungan ini meningkatkan produktifitas dan efisiensi melalui standarisasi proses bisnis dan pelayanan di pelabuhan maka akan berdampak pada penurunan harga barang yang diangkut,” jelas Prasetyadi, dalam sosialisasi integrasi Pelindo kepada awak media, Selasa (14/9/2021).

Lebih lanjut, Ia mengatakan standar yang dimaksud adalah semua layanan Pelabuhan di Indonesia memiliki standar yang sama, Contoh harga barang di Makassar dengan Sorong (Papua) saat diangkut peti kemas harganya sangat berbeda jauh.

“Di Sorong bongkar muat peti kemas tidak menggunakan cran masih manual dengan orang sehingga biaya lebih mahal dan proses panjang, dengan standar yang sama semua biaya lebih murah,” ungkapnya.

width"300"
Prasetyadi, Dirut PT Pelindo IV (Persero). Foto: IST

Karena integrasi semua fasilitas pelabuhan akan menjadi lebih baik, dengan kemampuan keuangan yang lebih besar perbaikan fasilitas jauh lebih cepat dilakukan eksekusi.

width"400"

Prasetyadi menambahkan, kemungkinan perubahan ini belum bisa dirasakan satu dua bulan pertama namun pelan-pelan kedepan akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan adanya penurunan harga barang. (wic/iik)

width"400"
Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 58 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Deddy Sitorus Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Kaltara Seiring Pembangunan PSN

24 Juni 2024 - 19:03 WITA

blank

Tanam Cabai dengan Metode Proliga di Bulungan, Upaya BI Kaltara Tingkatkan Produksi

22 Juni 2024 - 00:21 WITA

blank

PLN Jadi Perusahaan Utilitas Terbaik Se-Kawasan Versi Fortune 500 Asia Tenggara

21 Juni 2024 - 21:30 WITA

blank

Singgung Etika Review Produk dr Richard Lee, Pengamat: Hati-hati Buat Statement Kalau Bukan Ahlinya

21 Juni 2024 - 11:08 WITA

blank

Malam ini! Wika Salim Meriahkan Launching Pilkada Tana Tidung

21 Juni 2024 - 09:14 WITA

blank

Kolaborasi KPwBI dan Pemprov Kaltara dalam Pengendalian Inflasi

20 Juni 2024 - 19:13 WITA

blank
Trending di Daerah