Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Ekonomi · 24 Jan 2022 14:08 WITA ·

Gudang Berikat Perumda Tarakan Aneka Usaha Resmi Beroperasi


Walikota Tarakan Khairul Resmikan Sekaligus Melepas Ekspor Pedana Dari Gudang Berikat Kawasan Sikim yang Dikelola Perumda Tarakan Aneka Usaha. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Walikota Tarakan Khairul Resmikan Sekaligus Melepas Ekspor Pedana Dari Gudang Berikat Kawasan Sikim yang Dikelola Perumda Tarakan Aneka Usaha. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Walikota Tarakan Khairul resmikan pemanfaatan gudang berikat yang dikelola langsung oleh Perumda Tarakan Aneka Usaha, Sabtu (12/1/2022). Gudang berikat berada di kawasan sentra industri menengah (Sikim) di Kelurahan Karang Harapan.

Dalam kesempatan ini walikota juga melepas perdana ekspor dari gudang berikat Tarakan dengan tujuan Tawi – Tawi Philipina.

“Sebenarnya ekspor sudah berjalan sejak tahun lalu, tapi perdana dari gudang berikat yang dikelola Perumda Tarakan Aneka Usaha di Sikim baru perdana,” ujar Walikota.

Dalam kesempatan, walikota juga apresiasi dan penghargaan kepada Perumda Tarakan Aneka Usaha yang selama ini sudah bekerja untuk meningkatkan kesehatan perusahaan.

“Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka membantu peningkatan devisa negara,” katanya.

Mudahan semua upaya yang dilakukan bisa mengakselerasi percepatan kota Tarakan maju dan sejahtera melalui smart city.

Meski masih skala mini baru sekitar 10 kontainer, gudang berikat di Sikim kedepan akan terus dikembangkan.

Walikota Tarakan berharap, ekspor dari Tarakan kedepan bisa menggunakan dokumen Tarakan dari Bea Cukai Tarakan sehingga tercatat.

Meski pajak ekspor masuk ke pusat, namun jika tercatat dari Tarakan tentu dampaknya pada peningkatan bagi hasil pajak dari pusat ke daerah.

Direktur Perumda Tarakan Aneka Usaha, Mappa Panglima Banding mengatakan, kapasitas gudang berikat yakni sekitar 6-7 kontainer.

“Hari ini kita lepas 2 kontainer dengan tujuan Tawi – Tawi Philipina, Ekspor rokok,” jelas Mappa.

Ia mengatakan, kegiatan ekspor dari Perumda Tarakan Aneka Usaha perbulan rata-rata 10 kontainer ukuran 50 feet dengan nilai Rp 1,8 Milliar.

“Harapan kami ekspor dan impor dari sikim ini bisa tercatat di neraca perdagangan antar negara khususnya dari Tarakan,” pungkasnya. (wic/Iik).

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Petugas Lapas Tarakan Musnahkan Handphone Hasil Razia Gabungan

24 Mei 2022 - 11:40 WITA

Hati – Hati Bisa Meledak! Bom Sisa Perang Dunia Ke II Tak Ada Tanggal Kadaluwarsanya

24 Mei 2022 - 11:24 WITA

Bom Seberat Setengah Ton Dievakuasi Tim Jibom Satbrimob Polda Kaltara

23 Mei 2022 - 21:40 WITA

Warga Tarakan Temukan Bom Ukuran Jumbo Peninggalan Perang Dunia Ke II

23 Mei 2022 - 18:23 WITA

Pemprov Kaltara Kembali Pertahankan Predikat WTP

23 Mei 2022 - 18:04 WITA

Pangsa Pasar Kaltara Mencapai 36,94 Persen

23 Mei 2022 - 17:59 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!