Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Ekonomi · 14 Mei 2022 14:26 WITA ·

BI Perkirakan Triwulan II 2022 Ekonomi Kaltara Kembali Tumbuh Tinggi


Kepala KPwBI Provinsi Kaltara Tedy Arief  Budiman tinjau pasar bersama Wali Kota Tarakan. Foto : Humas Pemkot Tarakan Perbesar

Kepala KPwBI Provinsi Kaltara Tedy Arief Budiman tinjau pasar bersama Wali Kota Tarakan. Foto : Humas Pemkot Tarakan

TARAKAN – Perekonomian Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) triwulan II 2022 diperkirakan akan kembali tumbuh tinggi. Hal ini sejalan dengan mulai terkendalinya pandemi Covid-19 di tengah vaksinasi dosis I dan dosis II yang diperkirakan mencapai 100% pada triwulan ini, serta diperbolehkannya mudik Lebaran dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Perbaikan ekonomi Provinsi Kaltara bersumber dari semakin membaiknya kinerja lapangan usaha utama diiringi oleh peningkatan konsumsi pemerintah yang akan melanjutkan realisasi anggaran bantuan ekonomi dan kesehatan masyarakat pada tahun 2022,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kaltara Tedy Arief Budiman melalui press rilisnya, Kamis (12/5/22).

Konsumsi RT juga diprediksi akan tumbuh positif seiring dengan wacana pemerintah untuk menjadikan pandemi Covid-19 menjadi endemi. “Diperbolehkannya mudik Lebaran yang akan meningkatkan mobilitas selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H juga diprediksi akan mendorong demand masyarakat,” ujar Tedy.

Dari sisi ekspor, pertumbuhan diperkirakan berasal dari komoditas ekspor utama Kaltara yang terus menunjukkan tren peningkatan baik dari harga maupun hasil produksi.

Ke depan, Bank Indonesia akan melanjutkan dan terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah daerah dan otoritas terkait lainnya agar pemulihan ekonomi yang telah terjadi pada triwulan I 2022 terus berlanjut dan berkesinambungan dengan didukung oleh inflasi terkendali.

“Selain itu, Bank Indonesia juga akan terus melakukan pengembangan UMKM yang diarahkan dengan memanfaatkan digitalisasi, pertumbuhan ekonomi baru di Kaltara, dan optimisme keberhasilan vaksinasi Covid-19 termasuk pelaksanaan vaksin booster yang terus diarahkan untuk mendukung keberlanjutan pemulihan ekonomi,” tutup Tedy.(**)

 

 

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemprov Kaltara Kembali Pertahankan Predikat WTP

23 Mei 2022 - 18:04 WITA

Pangsa Pasar Kaltara Mencapai 36,94 Persen

23 Mei 2022 - 17:59 WITA

Pemerintah Siapkan Kebijakan Antisipasi Lonjakan Harga Pangan

22 Mei 2022 - 14:42 WITA

Kodim Tana Tidung Bergerak Bantu Pedagang Kaki Lima dan Warung

19 Mei 2022 - 12:43 WITA

Pemda KTT Pertahankan Opini WTP, Ibrahim Ali Apresiasi Semua OPD

18 Mei 2022 - 06:27 WITA

Optimalisasi Pajak Sarang Burung Walet, Pemprov Bakal Terbitkan Pergub

17 Mei 2022 - 17:57 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!