Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 14 Mei 2022 14:26 WITA ·

BI Perkirakan Triwulan II 2022 Ekonomi Kaltara Kembali Tumbuh Tinggi


					Kepala KPwBI Provinsi Kaltara Tedy Arief  Budiman tinjau pasar bersama Wali Kota Tarakan. Foto : Humas Pemkot Tarakan Perbesar

Kepala KPwBI Provinsi Kaltara Tedy Arief Budiman tinjau pasar bersama Wali Kota Tarakan. Foto : Humas Pemkot Tarakan

TARAKAN – Perekonomian Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) triwulan II 2022 diperkirakan akan kembali tumbuh tinggi. Hal ini sejalan dengan mulai terkendalinya pandemi Covid-19 di tengah vaksinasi dosis I dan dosis II yang diperkirakan mencapai 100% pada triwulan ini, serta diperbolehkannya mudik Lebaran dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Perbaikan ekonomi Provinsi Kaltara bersumber dari semakin membaiknya kinerja lapangan usaha utama diiringi oleh peningkatan konsumsi pemerintah yang akan melanjutkan realisasi anggaran bantuan ekonomi dan kesehatan masyarakat pada tahun 2022,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kaltara Tedy Arief Budiman melalui press rilisnya, Kamis (12/5/22).

Konsumsi RT juga diprediksi akan tumbuh positif seiring dengan wacana pemerintah untuk menjadikan pandemi Covid-19 menjadi endemi. “Diperbolehkannya mudik Lebaran yang akan meningkatkan mobilitas selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H juga diprediksi akan mendorong demand masyarakat,” ujar Tedy.

width"450"

Dari sisi ekspor, pertumbuhan diperkirakan berasal dari komoditas ekspor utama Kaltara yang terus menunjukkan tren peningkatan baik dari harga maupun hasil produksi.

Ke depan, Bank Indonesia akan melanjutkan dan terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah daerah dan otoritas terkait lainnya agar pemulihan ekonomi yang telah terjadi pada triwulan I 2022 terus berlanjut dan berkesinambungan dengan didukung oleh inflasi terkendali.

“Selain itu, Bank Indonesia juga akan terus melakukan pengembangan UMKM yang diarahkan dengan memanfaatkan digitalisasi, pertumbuhan ekonomi baru di Kaltara, dan optimisme keberhasilan vaksinasi Covid-19 termasuk pelaksanaan vaksin booster yang terus diarahkan untuk mendukung keberlanjutan pemulihan ekonomi,” tutup Tedy.(**)

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 52 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Lolos Middle Income Trap, Kaltara Jadi Kiblat Percontohan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

25 Juli 2024 - 17:15 WITA

blank

Kaltara Jadi Daerah Terbaik Dalam Penerapan EFT

25 Juli 2024 - 16:30 WITA

blank

Laporan Tahunan Program TJSL PLN Peduli Catat Keberhasilan Pengembangan Lapangan Kerja dan UMK Secara Nasional

24 Juli 2024 - 22:53 WITA

blank

Setor Dividen Rp3,09 Triliun, Kementerian BUMN Dukung PLN Lanjutkan Transformasi Bisnis

23 Juli 2024 - 21:25 WITA

blank

Pemprov Kaltara dan Bank Indonesia Gelar High Level Meeting TP2DD Wilayah Kalimantan Utara

23 Juli 2024 - 14:20 WITA

blank

Disperindagkop Kaltara Bekali UMKM Alur Ekspor Produk

22 Juli 2024 - 17:55 WITA

blank
Trending di Daerah