Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Fokus · 11 Nov 2021 15:38 WITA ·

BNNP Kaltara Musnahkan 2 Kilogram Sabu Yang Gagal Dibawa ke Sulawesi


Dua Kilogram Narkoba Dimusnahkan dengan Cara diLarutkan ke Dalam Air Oleh BNNP Kaltara Bersama Instansi Terkait. foto: fokusborneo.com Perbesar

Dua Kilogram Narkoba Dimusnahkan dengan Cara diLarutkan ke Dalam Air Oleh BNNP Kaltara Bersama Instansi Terkait. foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Narkotika golongan I jenis sabu-sabu seberat hampir 2 kilogram dimusnahkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltara dengan cara dilarutkan ke dalam air kemudian dibuang ke dalam kloset, Kamis (11/11/2021).

Pemusnahan barang bukti narkotika tersebut dilaksanakan di Kantor Bea Cukai Tarakan, disaksikan Kepala Bea Cukai, Kejaksaaan Negeri, Pengadilan Negeri, Lapas Tarakan, Polres Tarakan dan tiga tersangka.

Kepala BNNP Kaltara, Brigjen Pol Samudi menjelaskan, barang bukti sabu-sabu yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan kasus pada 6 Oktober 2021 lalu.

Kronologis berawal dari informasi masyarakat bahwa ada seseorang yang membawa narkoba dari Tarakan menuju Sulawesi dengan menggunakan KM Bukit Siguntang. Kemudian tim melakukan penyelidikan lebih lanjut bersama BNN Tarakan dan Bea Cukai.

“Pada pukul 14.12 Wita kami mendapatkan seseorang dengan ciri-cri sama dengan informasi, lalu kami amankan dan melakukan seseorang inisial IF (18) yang membawa tas ransel warna biru, setelah dilakukan penggeledahan di dalamnya ditemukan kantong plastik warna hitam dan ada 2 bungkus plastik berisi serbuk kristal diduga nakotika jenis sabu-sabu seberat 1,963 gram atau hampir 2 kilogram,” ungkapnya.

Selanjutnya setelah dilakukan pemeriksaan dan interogasi kepada IF, ternyata pelaku diperintah oleh seseorang inisial RW (23) yang berada di dalam Lapas kelas II A Tarakan.

“Lalu, kami koordinasi dengan Lapas Tarakan untuk penyelidikan ternyata benar RW berada di Lapas. Tidak sendiri RW bersama temanya IW (37) yang akhirnya kami amankan sebagai tersangka,” katanya.

Dari keterangan pelaku, mendapatkan narkotika tersebut dari negara tetangga Tawau Malaysia. Ketiganya dikenakan pasal 114 (2) junto pasal 132 (1), subsider pasal 112 (2) jo pasal 132 (1) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman pidana paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun. (wic/iik)

 

Artikel ini telah dibaca 52 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Hilang Kontak di Perairan Tarakan, KM Subur Indah dan 5 ABK Ditemukan Selamat Dekat Ambalat

1 Desember 2021 - 15:16 WITA

Polisi Periksa 17 Saksi, Penemuan 3 Korban di Perairan Pamusian Murni Laka Laut

1 Desember 2021 - 11:41 WITA

Puluhan Pedagang Pasar Tenguyun Ikuti Sidang Tera Ulang Timbangan

30 November 2021 - 20:31 WITA

Satu Lagi Pelaku Pengeroyokan di THM Ditangkap, Total Sudah 2 Orang

30 November 2021 - 17:02 WITA

Empat Pesawat Tempur Super Tucano Gelar Operasi Garda Paus di Perbatasan

30 November 2021 - 09:31 WITA

Tabrakan Speedboat di Pulau Tias, 1 Orang Korban Dalam Pencarian

29 November 2021 - 20:24 WITA

Trending di Daerah