Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 23 Jun 2022 15:48 WITA ·

KTP Digital Cukup Pakai Smartphone, Aktivasi Mudah di Disdukcapil Tarakan


Hamsyah, Kadisdukcapil Tarakan. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Hamsyah, Kadisdukcapil Tarakan. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Setelah sebelumnya Pemerintah meluncurkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), saat ini layanan indentitas kependudukan tersebut semakin mudah.

Terbaru, Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil meluncurkan identitas kependudukan digital atau KTP Digital.

Saat dikonfirmasi terkait hal tersebut, Kepala Disdukcapil Tarakan Hamsyah menjelaskan Digital Id saat ini sudah bisa digunakan di Tarakan.

“Digital Id cukup menggunakan smartphone, dimana pengguna harus mendownload terlebih dahulu aplikasi Android yang bernama identitas kependudukan digital,” jelasnya kepada media, Selasa (21/6/2022).

Lebih lanjut, Hamsyah menjelaskan, setelah mendownload atau mengunduh aplikasi pengguna harus mendaftar dengan mengisi data diri, mulai dari NIK, email, dan nomor handphone yang dipakai, kemudian foto Selfi.

“Setelah itu nanti dimintakan QR code di Disdukcapil kemudian dipindai (scan) untuk sinkronisasi dengan data,” terangnya.

Setelah scan QR sukses, selanjutnya akan dikirim notifikasi via email untuk aktivasi dan diberikan nomor PIN untuk menggunakan aplikasi digital id.

“Di dalamnya ada data Biodata diri, Kartu Keluarga (KK), E-KTP, dan menu tambahan saat ini ada Vaksin Covid-19, NPWP, BKN (khusus pegawai) dan data pemilih tetap (DPT),” ujarnya.

Hamsyah menegaskan, KTP Digital saat ini baru pilot projects dan di Tarakan sudah bisa diaktivasi di Disdukcapil Tarakan.

KTP Digital mempermudah masyarakat dan tidak perlu membawa lagi E-KTP fisik. Syaratnya hanya perlu smartphone Ndan akses internet. (wic/Iik)

Artikel ini telah dibaca 143 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Raih Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

29 Juni 2022 - 20:39 WITA

Peringati Harganas, Kodim 0907/Trk Gandeng BKKBN Gelar KB Kesehatan Cegah Stunting

29 Juni 2022 - 20:14 WITA

Menunggu 11 Tahun, 68 Calon Jamaah Haji Tarakan Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

29 Juni 2022 - 15:10 WITA

RT Karang Anyar Bersatu Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Aki Balak

29 Juni 2022 - 10:52 WITA

Terduga Lesbian Tanjung Pasir Pertanyakan Alasan Akan Diusir, Mereka Siap Rehabilitasi

28 Juni 2022 - 23:50 WITA

Gubernur Berikan Bantuan di Dua Lokasi Kebakaran

28 Juni 2022 - 23:44 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!