Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 18 Agu 2022 14:39 WITA ·

Embung Binalatung Kering, 13 Ribu Pelanggan Terdampak


Dirut PDAM Tarakan Iwan Setiawan Didampingi Kabag Humas Sunarto Melihat Langsung Kondisi Embung Binalatung yang Mengering. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Dirut PDAM Tarakan Iwan Setiawan Didampingi Kabag Humas Sunarto Melihat Langsung Kondisi Embung Binalatung yang Mengering. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Embung Binalatung yang berada di Kelurahan Kampung I Skip mengalami kekeringan cukup parah hampir seminggu.

Dengan kondisi embung Binalatung yang kering berdampak pada pasokan bahan baku produksi air bersih di Instalasi Pengelolan Air (IPA) Kampung I milik PDAM Tarakan.

Direktur PDAM Tarakan, Iwan Setiawan menjelaskan kondisi embung yang kering ini sudah terjadi sejak seminggu terakhir.

“Ini kering sudah sejak seminggu terakhir jadi kami menghentikan produksi di embung Binalatung karena airnya sudah tidak ada,” jelas Iwan Setiawan di lokasi embung, Kamis (18/8/2022).

Iwan mengungkapkan, akibat keringnya embung Binalatung berdampak pada distribusi air bersih ke pelanggan wilayah Tarakan Tengah sebagian dan wilayah Tarakan Timur.

“Yang masalah hanya di sebagian Tarakan Tengah dan seluruh Tarakan timur. Pelanggan yang terdampak untuk Tarakan Timur itu ada sekitar 7.157 pelanggan, Tarakan Tengah sebagian dan Tarakan timur total uang terdampak ada 13 Ribu lebih akibat matinya IPA Kampung I,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan keringnya embung Binalatung kemudian matinya IPA Kampung I maka layanan air bersih mati total tidak bisa dibuat bergilir.

Iwan mengatakan sebetulnya kondisi ini bisa diatasi jika tahun ini Indulung sudah ada jaringan listrik, namun dari informasi PLN listrik rencana akan dipasang sekitar bulan 9 atau 10 tahun ini.

“Insya Allah tahun depan kalau musim seperti ini Binalatung kering sudah bisa di atasi, sudah ada suplai air dari embung Indulung,” katanya.

Dengan kondisi tersebut PDAM Tarakan memiliki kesempatan untuk mengecek dan memperbaiki embung misalnya pintu – pintu apakah ada yang bocor atau tidak.

Embung Binalatung saat ini masih di bawah Balai Wilayah Sungai IV Samarinda, Kaltim. Terkait dengan perbaikan maupun pengerukan masih menjadi tanggung jawab balai.

“Kita statusnya pinjam pakai, terkait dengan Embung Binalatung masih kewenangan BWS, tapi kita sudah Koordinasi,” ucapnya.

Iwan menambahkan, meski Embung Binalatung kering dan berdampak di wilayah Timur dan sebagian Tarakan Tengah, untuk pasokan air bersih di wilayah Barat dan Utara masih aman. (wic/Iik)

 

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 997 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tanah Longsor di Jalan Anggrek, Ibu dan 3 Anak Nyaris Jadi Korban 

26 September 2022 - 17:46 WITA

Presiden: Ekonomi Digital Pesat, _Startup_ Indonesia Punya Banyak Peluang

26 September 2022 - 17:34 WITA

Tanggapi Dugaan Kasus Suap dan Korupsi, Presiden: Semua Sama di Mata Hukum

26 September 2022 - 17:22 WITA

Lantik 39 Pejabat, Gubernur Titip Tiga Hal

26 September 2022 - 17:16 WITA

Oknum Guru SMK di Tarakan Diduga Cabuli Siswinya

26 September 2022 - 16:31 WITA

Pimpin Sertijab Pejabat Kodam, Pangdam VI/Mlw : Sertijab Bagian Dari Tour Of Duty dan Tour Of Area

26 September 2022 - 13:51 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!