Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 17 Agu 2022 16:53 WITA ·

Kirab Budaya Kembali Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI


Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden Perbesar

Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA – Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) diawali dengan prosesi kirab budaya dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka, Jakarta, pada tanggal 17 Agustus 2022. Prosesi kirab budaya ini kembali dilakukan setelah terakhir dilakukan pada tahun 2019, sebelum pandemi Covid-19.

Prosesi kirab budaya diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan naskah asli teks proklamasi yang ada di ruang kemerdekaan Monumen Nasional, dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila.

Duplikat bendera Merah Putih dibawa oleh Irene Odelia Astono yang merupakan Purna Paskibraka Tahun 2021 yang mewakili Provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan naskah asli teks proklamasi dibawa oleh Qyara Maharani Putri, yang merupakan Purna Paskibraka Tahun 2021 yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Keduanya menuju Istana Merdeka, Jakarta, dengan menggunakan Kereta Kencana Ki Jaga Raksa, diiringi oleh pasukan _marching band_ TNI-Polri, Pasukan Satria Nusantara dari Paspampres, Pasukan Berkebaya Pertiwi Indonesia, Perwakilan Raja-Raja Nusantara dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia, serta perwakilan pelajar SMP dan SMA yang juga berpakaian adat Nusantara.

Setibanya di Istana Merdeka Jakarta, Tim Purna Paskibraka Duta Pancasila turun dari Kereta Kencana Ki Jaga Raksa. Keduanya kemudian menyerahkan duplikat bendera Merah Putih dan naskah asli teks proklamasi untuk diletakkan di meja mimbar kehormatan.

Selain prosesi kirab budaya, rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI juga dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan seni dan budaya. Mulai dari persembahan lagu-lagu daerah, Tari Reog Ponorogo dari Provinsi Jawa Timur, hingga Tari Lumense dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Presiden Joko Widodo pun tampak turut menyaksikan pertunjukan seni dan budaya tersebut bersama dua cucunya, yaitu Sedah Mirah Nasution dan Panembahan Al Nahyan Nasution.(*)

Sumber :Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden

 

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tanah Longsor di Jalan Anggrek, Ibu dan 3 Anak Nyaris Jadi Korban 

26 September 2022 - 17:46 WITA

Presiden: Ekonomi Digital Pesat, _Startup_ Indonesia Punya Banyak Peluang

26 September 2022 - 17:34 WITA

Tanggapi Dugaan Kasus Suap dan Korupsi, Presiden: Semua Sama di Mata Hukum

26 September 2022 - 17:22 WITA

Lantik 39 Pejabat, Gubernur Titip Tiga Hal

26 September 2022 - 17:16 WITA

Bertambah Penduduk, Hasan Basri Dorong Pemerintah Tambah Kuota Ibadah Haji

26 September 2022 - 15:10 WITA

Pimpin Sertijab Pejabat Kodam, Pangdam VI/Mlw : Sertijab Bagian Dari Tour Of Duty dan Tour Of Area

26 September 2022 - 13:51 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!