Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Opini · 22 Apr 2022 06:39 WITA ·

ICMI Muda Mampu Mendorong Indonesia Dalam Agenda Global G-20


Ketua ICMI Muda Kaltara, Sakti Abimayu Perbesar

Ketua ICMI Muda Kaltara, Sakti Abimayu

TARAKAN – Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Muda sebagai organisasi cendekia Muslim, mampu mendorong Indonesia dalam mewujudkan dua peran penting dalam agenda Global G-20.

Indonesia terpilih sebagai presidensi G-20, dinilai memiliki keunggulan dari Negara berkembang lainnya dalam kekuatan ekonomi.

Ada beberapa kategori Indonesia masuk dalam persatuan The group twenty tersebut. Yang pertama, Indonesia dinilai sebagai Negara berkembang dengan proteksi ekonomi energi (Energing Economy).

Kedua, Indonesia sebagai Negara mayoritas Islam karenanya dapat memainkan peran potensial untuk menjembatani perbedaan-perbedaan peradaban Dunia, Sehingga perannya di club dapat memperbaiki citra perbedaan antara barat dan Islam.

Ketiga, Indonesia merupakan Negara Demokrasi baru yang dalam proses Konsolidasi dan tetap mempertahankan perkembangan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadikan contoh bagi negara-negara berkembang lainnya.

Keempat, Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi yang buruk dan mampu bangkit dengan relatif baik.

Menurut tim riset G-20, yang diterbitkan oleh Friedrich Ebert Stiftung. untuk memperkuat konsolidasi Bangsa dimata Global, Indonesia memiliki dua peran penting yang harus tercapai, pertama mampu memadukan kepentingan Negara-Negara berkembang secara umum sebagai perwakilan Negara berkembang. Serta kepentingan Negara-Negara di ASEAN dan Dunia Muslim secara khusus di ajang forum G-20.

Usaha mewujudkan dua peran Indonesia di G-20 akan terlaksana jika Masyarakat Indonesia mampu mempertahankan posisi sebagai central peradaban kemajuan sumber daya manusia melalui pruralisme, mencintai produk dalam Negeri sebagai penopang terwujudnya ekonomi yang sehat dengan memperhatikan kebijakan fiskal, dan kebijakan proteksionisme.

Mencetak generasi Milenial dan GEN-Z untuk berinovasi di bidang teknologi dan olah SDA milik Negeri. Mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendorong kemajuan literasi di daerah tertinggal.

Sebagai Organisasi keislaman, kecendikaan, keindonesiaan, dan kepemudaan. ICMI muda dapat berperan dalam perumusan langkah, arah, dan intuisi organisasi guna mendukung Indonesia menuju Negara yang lebih baik. Serta mendorong pemerintah agar menghadirkan sarana yang intuitif untuk membangun masyarakat dalam kemajuan berpikir dan berkreasi.

Oleh: Sakti Abimayu / Ketua ICMI Muda Kaltara

Artikel ini telah dibaca 51 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

“Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung”

14 Mei 2022 - 14:19 WITA

Kultum : Ramadhanku Telah Pergi

7 Mei 2022 - 22:56 WITA

Kultum : Ramadhan Terakhir

30 April 2022 - 05:23 WITA

Kultum : Menjadi Pemenang di Hari Kemenangan

29 April 2022 - 19:11 WITA

Dishub Kontra Rajawali jadi Laga Penutup

27 April 2022 - 13:59 WITA

SKEMA (Sketsa Ramadhan)

27 April 2022 - 04:14 WITA

Trending di Opini
error: Alert: Content is protected !!