Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Pendidikan · 17 Mar 2021 09:54 WITA ·

Pantau Simulasi PTM di Tarakan, Ombusman Sarankan Prioritas Vaksinasi untuk Guru


Kepala Ombusman RI perwakilan Kaltara Ibramsyah Amiruddin. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Kepala Ombusman RI perwakilan Kaltara Ibramsyah Amiruddin. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Kalimantan Utara menurunkan dua tim untuk memantau pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Tarakan.

Salah satunya di SMPIT Ulul Albab Kota Tarakan di Kelurahan Kampung Empat, Kecamatan Tarakan Timur. Bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Tarakan Tajuddin Tuwo dan Ketua Komisi 2 DPRD Kota Tarakan Sofyan, Kepala Ombusman RI perwakilan Kaltara Ibramsyah Amiruddin turun langsung untuk melihat simulasi PTM di Kota Tarakan, Selasa (16/3/21).

“Yang pertama kita melihat dulu prosesnya, kita tadi melihat mohon maaf proses awal belum kita tahu. Tetapi Insyakallah protokol kesehatannya sudah,” kata Kepala Ombusman RI perwakilan Kaltara Ibramsyah Amiruddin.

Meskipun ada pro dan kontrak orang tua siswa dalam pelaksanaan PTM, Ibramsyah mengajak masyarakat untuk tetap mendukung upaya pemerintah. Ombusman akan memberikan koreksi apabila pelaksanaan PTM tidak sesuai prokes.

“Saya yakin semua anak-anak sudah jenuh di rumah. Proses ini tidak semudah membalik telapak tangan, artinya ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Kita saling mendukung lah, makanya kalau kita datang akan memberi koreksi kepada Dinas Pendidikan kepada Wali Kota,” ujarnya.

Ibramsyah menjelaskan justru lebih banyak terjadi kontak, di pasar buka di sekolah. Ia hanya meminta, setelah dibuka PTM jangan sampai ada siswa terkonfirmasi.

“Gini saja paling terjelek kita bukan melarang orang di sekolah, yang lebih banyak kontak itu kan di pasar. Kalau anak-anak ini saya yakin asal jangan orang tuanya terkontaminasi, di sekolahan menurut saya bisa lah. Kita berdoa bersama supaya lancar,” bebernya.

Kepala Ombusman RI perwakilan Kaltara Ibramsyah Amiruddin bersama Kadisdik dan Ketua Komisi 2 DPRD Kota Tarakan meninjau simulasi PTM di SMPIT Ulul Albab.

Terkait PTM, Ombusman akan mengkaji ulang setalah dilakukan simulasi. Untuk pelaksanaan simulasi PTM, Ibramsyah menilai sudah sesuai prokes mulai diantar orang tua ke sekolah, masuk mencuci tangan, jaga jarak, memakai masker dan hingga pembelajaran di kelas.

“Generasi 2020 ini kan 1 tahun menunggak, mengembalikan semangat dan imunnya ini perlu. Kalau dilihat tadi prokes sudah dilakukan,” ucapnya.

Sebelum dibuka PTM, Ibramsyah menyarankan pemerintah Kota Tarakan melakukan vaksinasi kepada semua guru baik negeri maupun swasta.

“Sebaiknya guru divaksin dulu, supaya menjaga imun, kan vaksin mencegah. Saran kami vaksin dulu baru buka, sekarang tinggal Wali Kota bagaimana memplot vaksin ini untuk guru,” pungkasnya.

Dalam melakukan vaksinasi  Ibramsyah meminta agar tidak dibedakan baik guru pegawai negeri sipil (PNS) maupun honor. “Jangan dibedakan antar guru swasta dan negeri supaya jadi PD imun naik,” ungkapnya.

Ibramsyah berharap vaksinasi tahap ke 3 diprioritaskan untuk guru, pedagang di pasar, pendeta, ustad termasuk buruh lepas. “Kenapa buruh lepas karena gajinya tidak bulanan serta kontak langsung dan aktivitasnya setiap hari,” tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 61 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Menuju KTT Pintar, Pemda KTT Akan Serahkan 152 Laptop untuk Guru

21 Januari 2022 - 21:31 WITA

Puan Berharap Rusun Ponpes Al Quran Azzayadiy dan Sanggar Inklusi di Sukoharjo Jadi Masa Depan Yang Baik Bagi Anak Bangsa

20 Januari 2022 - 08:40 WITA

Temui Dewan Pendidikan Kaltara, Gubernur Prioritaskan Infrastruktur dan SDM Pendidikan

19 Januari 2022 - 20:52 WITA

Hasan Basri: Revisi UU Pendidikan Kedokteran Sebagai Solusi Atasi Masalah Layanan Kesehatan

19 Januari 2022 - 08:01 WITA

Semua Sekolah di Tana Tidung Melaksanakan PTM

6 Januari 2022 - 16:07 WITA

Beasiswa Kaltara Unggul Sesuai Aturan, Biro Kesra Tepis Isu Dugaan Korupsi

2 Januari 2022 - 20:55 WITA

Trending di Daerah