Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Advetorial · 20 Des 2022 19:56 WITA ·

Vamelia Ibrahim Ali Terima Penghargaan Bunda Paud Inspiratif Provinsi Kaltara


Vamelia Ibrahim, Bunda PAUD Tana Tidung menerima penghargaan Bunda PAUD inspiratif Provinsi Kaltara, Minggu (18/12). Perbesar

Vamelia Ibrahim, Bunda PAUD Tana Tidung menerima penghargaan Bunda PAUD inspiratif Provinsi Kaltara, Minggu (18/12).

TANA TIDUNG – Vamelia Ibrahim, Bunda PAUD Tana Tidung menerima penghargaan Bunda PAUD Inspiratif Provinsi Kalimantan Utara. Penghargaan tersebut diberikan oleh Bunda PAUD Provinsi Kalimantan Utara, Hj. Rachmawati Zainal di Tanjung Selor, Minggu (18/12/2022) kemarin.

Bunda PAUD Kalimantan Utara mengemukakan anak usia dini merupakan masa keemasan untuk itu dibutuhkan layanan PAUD berkualitas agar anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat, cerdas, ceria, dan berkarakter.

Namun berbagai tantangan dihadapi Diantaranya belum optimalnya PAUD Holistik Integratif, sarana dan prasana yang belum memadai, kesejahteraan guru PAUD yang masih rendah, dan kualifikasi pendidikan guru yang belum terpenuhi.

width"450"

Menurutnya, dibutuhkan komitmen lintas sektor untuk mewujudkan PAUD berkualitas. Bunda PAUD memiliki peran penting dan strategis sehingga menjadi penggerak PAUD berkualitas.

“Program yang telah dilaksanakan Bunda PAUD Tana Tidung menjadi inspirasi dan diharapkan dilaksanakan di Kabupaten/kota lainnya,” ujar Bunda Paud Kaltara.

Dalam kesempatan tersebut, Vamelia Ibrahim memaparkan upaya akselerasi akses PAUD berkualitas di Tana Tidung. Sebagai mitra pemerintah daerah, Ia berupaya memahami arah pembangunan daerah melalui Visi dan Misi.

“Untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagaimana pada misi pertama Bupati dan Wakil Bupati, terdapat dua tantangan yang dihadapi yaitu learning loss dan stunting” kata Vamelia.

Menghadapi tantangan tersebut, lanjutnya, ada 7 program yang dilaksanakan untuk mengakselerasi akses PAUD berkualitas. yaitu Satu PAUD Satu Laptop, Satu Desa Satu PAUD, PAUD Pra SD, PAUD Inovatif, Ajang Kreativitas Anak, Guru Bahagia, dan PAUD Holistik Integratif.

“Saya berkeliling ke PAUD untuk mengetahui apa kendala dan kebutuhan mereka. Mereka butuh laptop untuk Dapodik, laporan BOP, dan pembelajaran. Semuanya PAUD sudah kami berikan laptop. Untuk program Guru Bahagia terdiri dari Guru Sejahtera, Guru Sarjana, dan Guru Kompeten”

Kesejahteraan guru PAUD di Tana Tidung bersumber dari dana Desa yang diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 22 Tahun 2021 dan dari Dinas Pendidikan. Untuk meningkatkan pendidikan guru melalui Beasiswa KTT Pintar yang dikelola Dewan Pendidikan. Sedangkan untuk meningkatkan kompetensi guru dilakukan melalui pelatihan di dalam dan luar daerah.

Vamelia mengungkapkan bahwa dibutuhkan inovasi untuk meningkatkan anak mengikuti PAUD. Melalui PAUD Inovatif, Ia mendorong satuan PAUD berinovasi dan memublikasi di media sosial. Inovasi terbaik diberikan apresiasi berupa penghargaan, hadiah puluhan juta rupiah, dan studi inovasi ke Jawa.

Dengan menerapkan berbagai program tersebut, berdampak pada meningkatkan berbagai indikator kinerja pemerintah daerah pada bidang pendidikan. Angka partisipasi sekolah anak usia 5-6 tahun mencapai 71,93% pada 2021 dan 86,12% di September 2022.

Sedangkan kualitas PAUD berdasarkan akreditasi minimal B meningkat dari 42% di tahun lalu menjadi 55% di tahun ini. Peningkatan juga terjadi pada Desa memiliki PAUD yang tahun lalu 72% kini mencapai 91%. Seluruh satuan PAUD menerapkan layanan PAUD Holistik Integratif.

Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan dalam rangkaian Rapat Koordinasi Bunda PAUD se-Kalimantan Utara. Bunda PAUD Tana Tidung menjadi satu-satunya yang mendapatkan penghargaan tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 79 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemerintah Siapkan 47 Apartemen untuk ASN, TNI, Polri di IKN

31 Januari 2023 - 07:07 WITA

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!