Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Politik · 4 Des 2020 13:48 WITA ·

Hasan Basri Ajak Seluruh Stakeholder Sukseskan Pilgub Kaltara


Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Republik Indonesia memantau persiapan Pemilihan Kepala Daerah serentak 2020 di berbagai Provinsi di Indonesia. Dari pemantauan ini, Senator asal Kalimantan Utara mengajak seluruh stakeholder untuk mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara 9 Desember 2020 nanti.

Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri mengatakan, dari laporan yang disampaikan KPU Provinsi Kaltara, persiapan sudah 95 persen hanya tinggal beberapa APD yang belum siap seperti sarung tangan, beberapa hal lainnya. Logistik juga sudah terdistribusi dengan baik dan hanya tinggal diperlukan kerja sama seluruh stakeholder.

“Mensukseskan pemilu ini bukan hanya kewajiban pribadi, tapi ini perintah undang-undang dan seluruh warga negara harus tunduk dan patuh terhadap itu termasuk dengan TNI dan polri. Kalau ada kendala-kendala kecil, saya berharap semua pemegang stakeholder baik TNI-Polri. Terkhusus TNI Angkatan Laut yang saat ini lagi diminta pinjam tempatnya untuk TPS, wajib meminjamkan karena ini perintah undang-undang,” kata Hasan Basri, Jumat (4/12/20).

Hasan Basri meminta kepada Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) Tarakan agar meminjamkan lahannya yang berapa di Kelurahan Pantai Amal Kota Tarakan untuk lokasi TPS. Sebab dibeberapa daerah, Markas TNI malah dijadikan tempat lokasi TPS.

“Menurut saya itu terlalu jauh kalau ijin Mabes, tapi gak papa saya akan sampaikan ke Mabes TNI untuk ini ditindaklanjuti keluhan KPU terkait lokasi TPS di lahan TNI AL. Apa sih salahnya meminjamkan, masa cuma pinjam 1 hari aja gak boleh,” ujar HB.

Hasan Basri juga mengingatkan pentingnya berkoordinasi dan komunikasi dengan semua pihak untuk mensukseskan Pilgub Kaltara. Pilgub Kaltara ini merupakan bagian dari pesta demokrasi.

“Di Pemerintah daerah adakan namanya Forkopimda. Koordinator Forkopimda itu adalah Pemda kan dalam hal ini Gubernur, Walikota dan Bupati nah ini yang harus melakukan komunikasi aktif jangan juga dibiarkan KPU menulis surat cuma masalah lokasi TPS karena ini bagian daripada demokrasi,” imbau Alumni Magister Universitas Borneo Tarakan.

Menurut Hasan Basri, masalah seperti ini seharusnya bisa di daerah tidak perlu sampai ke pusat. “Saya lihat KPU Kota sudah bersurat ke KPU RI, KPU RI berkirim surat kepada Mabes TNI. Seharusnya Pemda dong buat juga surat atas dasar surat KPU kepada Forkopimda yang ada ditempat. Mereka bisa rapat setiap saat Forkopimda, masa halal kecil begitu saja tidak bisa diselesaikan,” tutup Pimpinan Komite II DPD RI.(mt)

Artikel ini telah dibaca 76 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Kembali Fasilitasi Vaksinasi Dosis Kedua, Deddy Sitorus Ingatkan Warga Tetap Jaga Prokes

29 November 2021 - 14:09 WITA

Aklamasi, Tasa Gung Terpilih Jadi Ketua DPC Hanura Bulungan

29 November 2021 - 13:24 WITA

Desa Binusan Diusulkan Jadi Desa Wisata, Deddy Sitorus Akan Temui Menparekraf

26 November 2021 - 19:39 WITA

Dorong Pengembangan Pariwisata, DPRD KTT Studi Banding Ke Malinau

23 November 2021 - 21:23 WITA

AHY Ketum Demokrat Yang Sah Diakui Negara

23 November 2021 - 19:04 WITA

Hasan Basri : Serikat Buruh Jangan Berpolitik Praktis

22 November 2021 - 19:24 WITA

Trending di Nasional