Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Ekonomi · 1 Jun 2022 11:19 WITA ·

DPRD Dorong Ada Badan Ekonomi Kreatif di Tarakan


Anggota Komisi 2 DPRD Kota Tarakan Idoeliansyah. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Anggota Komisi 2 DPRD Kota Tarakan Idoeliansyah. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Komisi 2 DPRD Kota Tarakan mendorong penguatan lembaga Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM). Hal ini sangat penting, karena untuk melaksanakan program yang terkait dengan masyarakat bisa menjadi pimpinan atau leading sector.

Dorongan tersebut, disampaikan anggota Komisi 2 DPRD Kota Tarakan Idoeliansyah saat rapat dengar pendapat antara Komisi 2 dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM serta Dinas Perikanan di Kantor DPRD, Selasa (31/5/22).

Menurut Idoeliansyah, ada 2 yang bisa dijadikan leading sector yaitu pertama pemerintah dengan melalui program-program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kedua lembaga independen.

“Nah di Kota Tarakan ini belum ada kelembagaan yang sifatnya independen atau dikelola oleh masyarakat itu sendiri. Dari kontek UMKM, kita belum memiliki lembaga UMKM yang berdiri sendiri atau independen ini perlu dibentuk,” kata Idoeliansyah.

Dijelaskan Idoeliansyah, sebenarnya sudah ada lembaga yang menaungi UMKM yaitu Forum Komunikasi UMKM se-Kaltara (Fokutara). Tetap secara kelembagaan belum punya legalitas, sebab itu Komisi 2 mendorong adanya sebuah kelembagaan khusus yang menangani UMKM.

width"450"
width"425"

Rapat dengar pendapat Komisi 2 DPRD Kota Tarakan bersama Pemkot soal pengembangan UMKM. Foto : Fokusborneo.com

“Hasil studi kerja Komisi 2 dibeberapa daerah, ada yang membentuk Badan Ekonomi Kreatif (BEK) di masing-masing daerah. Oleh karena itu, kita mendorong Tarakan supaya punya Badan Ekonomi Kreatif karena melalui lembagai ini ada program-program yang bersifat independen hasil urun rembuknya teman-teman UMKM,” ujar politisi PKS.

Ditambahkan Idoeliansyah, DPRD khususnya Komisi 2 berharap masyarakat umum bisa terlibat didalamnya. Supaya perekonomian masyarakat meningkat.

Dikatakan Idoeliansyah, Kota Tarakan perlu memiliki perencanaan dalam pengembangan UMKM. Sehingga arah pengembangan bisa lebih terarah dan membantu perekonomian masyarakat agar sejahtera.

“Sebenarnya Kota Tarakan memiliki potensi, tetapi tidak memiliki masterplan. Makanya kita mendorong pemerintah untuk menjadi leading sector yang nanti mengarahkan. Mudah-mudahan kita punya masterplan untuk pengembangan ekonomi kreatif,” ucap Idoeliansyah.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 120 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Berkunjung ke Kediaman Dr Salim, UAS: Silaturahim Menambah Keberkahan

19 Agustus 2022 - 22:00 WITA

Ketua DPRD Jamhari Ikuti Jalan Santai Bersama Ribuan Warga KTT

19 Agustus 2022 - 21:48 WITA

Sungai Sesayap Tercemar Limbah, Jamhari Sebut Sangat Berdampak Kepada Warga KTT

19 Agustus 2022 - 17:10 WITA

DPRD Prihatin Warga Malinau Kesulitan Air Bersih Dampak Sungai Tercemar Limbah Batubara

19 Agustus 2022 - 08:41 WITA

Gubernur Saksikan Peluncuran Pecahan Uang Kertas Tahun 2022

18 Agustus 2022 - 19:39 WITA

Ikuti Upacara HUT ke 77 RI, Ketua DPRD Kaltara Bertugas Bacakan Naskah Proklamasi

17 Agustus 2022 - 22:08 WITA

Trending di Advetorial
error: Alert: Content is protected !!