Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Nasional · 25 Jun 2022 13:15 WITA ·

Hidayat Nur Wahid Jelaskan Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan


Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid sosialisasi 4 Pilar MPR. Foto : Humas Pemkot Perbesar

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid sosialisasi 4 Pilar MPR. Foto : Humas Pemkot

TARAKAN – Dalam rangka kunjungan ke Kaltara, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu kembali menghadiri sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang dibawa langsung Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid di Hall Kayan Hotel Tarakan Plaza, Jumat (24/6/22)

Dalam sosialisasi tersebut, Hidayat Nur Wahid menjelaskan bagaimana pentingnya menjunjung tinggi asas 4 pilar kebangsaan tersebut.

Diketahui, 4 pilar adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat. Nilai-nilai luhur itu adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan dan Bhinneka Tunggal Ika.

Penyebutan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, menurut Hidayat Nur Wahid tidaklah dimaksudkan bahwa ke 4 pilar tersebut memiliki kedudukan yang sederajat. Setiap pilar memiliki tingkat, fungsi, dan konteks yang berbeda.

Wali Kota Tarakan dr. Khairul memberikan cenderamata kepada Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Foto : Humas Pemkot.

width"450"
width"425"

Dalam hal ini, posisi Pancasila tetap ditempatkan sebagai nilai fundamental berbangsa dan bernegara.

Menurut Hidayat Nur Wahid, pengamalan nilai-nilai 4 pilar diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi penerus bangsa untuk semakin mencintai dan berkehendak untuk membangun negeri.

“Belakangan kita dikejutkan dari seorang politikus dari Malaysia yang mengatakan Malaysia harus mengklaim Riau sebagai bagian dari Malaysia karena Riau bagian dari tanah melayu. Tentu ini klaim yang sangat tidak mendasar dan tidak boleh kita biarkan, supaya tidak terulang lagi. Supaya sejarah lepasnya pulau Sipadan dan Ligitan di Indonesia,”ujar Hidayat Nur Hidayat.

“Bagaimana besar karunia Allah terhadap bangsa Indonesia yang berupa negara kesatuan Republik Indonesia. Bahwa ini adalah disadari betul oleh bapak bangsa,” jelas Hidayat Nur Wahid.

Wali Kota Tarakan dr. Khairul. Foto : Humas Pemkot.

Sementara itu, dalam sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Walikota Tarakan dr. Khairul M.Kes. Dalam sambutannya dr. Khairul menjelaskan kondisi dan memperkenalkan Kota Tarakan kepada Presiden PKS dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS.

“Tarakan memang Kota kecil dengan luasnya hanya 250 Kilometer persegi. Tapi penduduknya paling padat di Kaltara dan tercatat secara resmi 270 ribu orang. Tapi mungkin sebenarnya itu sudah mencapai 300 ribu orang, karena ada penduduk yang berdomisili di sini belum memiliki KTP,” pungkas dr. Khairul.

“Semua fasilitas layanan pemerintahan ada di sini. Bank Indonesia, BPK RI, Pelabuhan International, Bandara International, Universitas Negeri, Ombudsman, Binda, Danlantamal, Danlanud Satbrimob, BPJS dan lain-lain,” lanjut dr. Khairul .

“Tentu dengan jumlah penduduk terbesar di Kaltara, besar pula tantangan yang harus kita hadapi karena Tarakan ini sangat heterogen. Sehingga kami mengucapkan banyak terima kasih, kepada atas terselenggaranya acara ini,” pungkas dr. Khairul.(**)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Berkunjung ke Kediaman Dr Salim, UAS: Silaturahim Menambah Keberkahan

19 Agustus 2022 - 22:00 WITA

Ketua DPRD Jamhari Ikuti Jalan Santai Bersama Ribuan Warga KTT

19 Agustus 2022 - 21:48 WITA

Sungai Sesayap Tercemar Limbah, Jamhari Sebut Sangat Berdampak Kepada Warga KTT

19 Agustus 2022 - 17:10 WITA

Presiden Jokowi Apresiasi Pelaksanaan Jambore Nasional XI Tahun 2022

19 Agustus 2022 - 15:33 WITA

DPRD Prihatin Warga Malinau Kesulitan Air Bersih Dampak Sungai Tercemar Limbah Batubara

19 Agustus 2022 - 08:41 WITA

Duplikat Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi Kembali ke Monas Diiringi Kirab Budaya

18 Agustus 2022 - 07:52 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!