Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Pendidikan · 8 Jul 2022 20:29 WITA ·

Komisi 4 DPRD Kaltara Minta SMA dan SMK Petakan Lulusan yang Masuk ke Perguruan Tinggi


Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltara Syamsuddin Arfah saat monitoring PPDB di Tarakan. Perbesar

Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kaltara Syamsuddin Arfah saat monitoring PPDB di Tarakan.

TARAKAN – Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Syamsuddin Arfah meminta Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memetakan lulusannya. Supaya mengetahui lulusannya banyak diterima di Perguruan Tinggi mana.

Permintaan itu, disampaikan saat melakukan monitoring Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 1 Kota Tarakan beberapa waktu lalu. Hal ini, perlu dilakukan sebagai bahan evaluasi dalam sistem pembelajaran supaya menghasilkan lulusan berkualitas.

“Jadi contohnya SMA 1 mereka harus tahu bahwa berapa banyak yang lulus itu yang diterima masuk ke Perguruan Tinggi. Jangan sampai terjadi penurunan pada persoalan kualitas itu harus tahu,” kata Syamsuddin Arfah.

Minimal dikatakan Syamsuddin ada garansi bahwa lulusan SMA maupun SMK bisa masuk di Perguruan Tinggi. Bagus tidaknya kualitas lulusan, tergantung juga terhadap Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen sekolah serta kepemimpinan Kepala Sekolah.

“Jadi persoalan-persoalan seperti sumber daya, manajemen sekolah, leadership sekolah itu berpengaruh terhadap lulusan. Jangan sampai antara sekolah satu dengan sekolah yang lain sama, disini saya masih belum membaca hal itu tadi,” beber Syamsuddin.

Pemetaan jumlah lulusan ini, diterangkan Syamsuddin bisa untuk melihat kemampuan Kepala Sekolah dalam memimpin. Baik manajemen maupun target jumlah kelulusan.

“Makanya itu Kepala Sekolah itu jangan hanya mengalir seperti apa adanya, tapi memang harus punya target yang perlu dicapai. Sehingga ada motivasi untuk meningkatkan kualitas lulusannya,” pesan politisi PKS.(Mt/Adv)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 86 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

DPRD Tarakan akan bawa Persoalan Sengketan Lahan di Kawasan Bumi Perkemahan Binalatung ke Kemenhan

26 September 2022 - 19:42 WITA

Bertambah Penduduk, Hasan Basri Dorong Pemerintah Tambah Kuota Ibadah Haji

26 September 2022 - 15:10 WITA

Keakraban Gubernur Bersama Para Mahasiswa Kaltara di Jogja

24 September 2022 - 06:41 WITA

LIDMI Tarakan Sukses Selenggarakan Inspiring Talkshow untuk Mahasiswa

23 September 2022 - 19:36 WITA

Bupati KTT Apresiasi Sosialisasi Netralitas ASN oleh Bawaslu KTT

23 September 2022 - 17:04 WITA

Kabar baik, Rencananya PPDB 2023 ada Penambahan 15 Rombel untuk SMA Negeri di Tarakan

23 September 2022 - 11:56 WITA

Trending di Pendidikan
error: Alert: Content is protected !!