Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 20 Okt 2022 20:33 WITA ·

Difasilitasi Muhammad Hanafia, Kelompok Tani di Mamburungan Timur dapat bantuan Cultivator


Difasilitasi Anggota DPRD Kota Tarakan Muhammad Hanafia, Kelompok tani Kuncup Mekar Mamburungan Timur dapat bantuan Cultivator. Foto : Ist Perbesar

Difasilitasi Anggota DPRD Kota Tarakan Muhammad Hanafia, Kelompok tani Kuncup Mekar Mamburungan Timur dapat bantuan Cultivator. Foto : Ist

TARAKAN – Difasilitasi Anggota DPRD Kota Tarakan Muhammad Hanafia, kelompok tani di Kelurahan Mamburungan Timur, Kecamatan Tarakan Timur mendapat bantuan 2 unit mesin Cultivator.

Bantuan tersebut, diserahkan langsung Muhammad Hanafia dengan didampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Tarakan, Elang Buana kepada kelompok tani Kuncup Mekar di RT 3 Kelurahan Mamburungan Timur pekan lalu.

“Bantuan yang diserahkan ini, hasil reses saya 2020 yang diusulkan kelompok tani dan Alhamdulillah bisa direalisasikan 2022. Jadi mesin ini sangat dibutuhkan petani, karena bisa menggemburkan tanah dan bisa bikin bedengan,” kata Hanafia saat diwawancarai Fokusborneo.com, Kamis(20/10/22).

width"450"

Difasilitasi Anggota DPRD Kota Tarakan Muhammad Hanafia, Kelompok tani Kuncup Mekar Mamburungan Timur dapat bantuan bibit jagung. Foto : Ist

Selain bantuan Cultivator, kelompok  tani juga diberikan bibit jagung sebanyak 48 bungkus dan setiap bungkusnya berisi 1.800 biji.

“Alhamdulillah kelompok tani menyambut baik yang telah saya usahakan selama ini. Kenapa bantuan cuma unit, karena kita mau lihat perkembangannya ini apakah benar-benar dibutuhkan atau membantu kelompok tani soalnya di Tarakan kelompok tani cenderung bercocok tanam secara tradisional,” ujar pria yang menjabat Ketua Komisi 3 DPRD Kota Tarakan.

Bantuan Cultivator ini, sebagai upaya dari DPRD dan Dinas Pangan dan Pertanian mendorong kelompok tani bercocok tanam secara modern. Sehingga memudahkan petani bercocok tanam dan hasil yang diperoleh lebih banyak.

Difasilitasi Anggota DPRD Kota Tarakan Muhammad Hanafia, Kelompok tani Kuncup Mekar Mamburungan Timur dapat bantuan Cultivator. Foto : Ist

“Mesin Cultivator ini kan salah satu alat modern, jadi petani tidak perlu mencangkul. Mudah-mudahan dimanfaatkan dengan betul dan tahun depan bisa kita ajukan lagi, karena banyak sekali kelompok tani juga ini dapat,” jelas politisi Gerindra.

Diterangkan Hanafia, saat ini yang menjadi keluhan kelompok tani, soal pupuk bersubsidi. Sebab kebijakan dari Kementerian Pertanian, pupuk subsidi hanya dialokasikan untuk tanaman pangan berupa padi dan cabe.

“Jadi mereka bingung ni macam mana karena yang ditanam jagung. Sedangkan pupuk bersubsidi hanya untuk tanaman padi dan cabe, ini yang menjadi PR kita supaya para petani bisa memberikan sumbangan ketahanan pangan untuk Kota Tarakan,” tutup Hanafia.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 82 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Entry Meeting Pemeriksaan LKPD Tahun 2022 Bersama BPK Kaltara, Walikota Tarakan Optimis Pertahankan Opini WTP

30 Januari 2023 - 18:15 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!