Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Ekonomi · 23 Okt 2022 00:27 WITA ·

KIPI Mulai Dikerjakan, Deddy Sitorus Berharap UMKM bisa Memanfaatkan Berjualan Produknya


Anggota DPR RI Deddy Sitorus fasilitasi warga bisa dapat kredit mikro PNM dan Pupuk Kaltim. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Anggota DPR RI Deddy Sitorus fasilitasi warga bisa dapat kredit mikro PNM dan Pupuk Kaltim. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Kawasan Industri dan Pelabuhan International (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi dan PLTA di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), sudah mulai dikerjakan. Akan ada puluhan bahkan ratusan ribuan tenaga kerja di KIPI.

Kondisi itu, perlu dimanfaatkan dengan baik masyarakat Kaltara. Saran tersebut, disampaikan Anggota DPR RI Deddy Sitorus saat menghadiri kegiatan sosialisasi Holding BUMN sebagai lokomotif kebangkitan ekonomi masa depan di Hotel Duta Kota Tarakan, Sabtu (22/10/22).

“Oleh karena itu kita perlu dari awal menyiapkan diri, supaya adanya pasar yang besar itu kesempatan kita bisa memanfaatkan. Jangan sampai nanti setelah banyak orang disana ditambah orang bekerja, barang-barang didatangkan dari Berau kan celaka kita artinya kita tidak bisa memanfaatkan peluang itu,” kata Deddy Sitorus.

width"450"

Anggota DPR RI Deddy Sitorus. Foto : Fokusborneo.com

Supaya itu perlu diperhatikan dari sekarang, makanya UMKM mencoba memikirkan dengan didampingi Permodalan Nasional Madani (PNM) hal apa bisa dilakukan dengan keberadaan KIPI.

“Makanya apa sih yang bisa kita lakukan, supaya kita bisa belajar dari sekarang. Jadi ketika peluang itu ada kita bisa tangkap,” jelas politisi PDIP

Sebagai daerah transit, UMKM di Kota Tarakan harus mampu menghasilkan produk-produk yang bisa dimanfaatkan atau dikonsumsi secara langsung. Untuk pemasaran, bisa dilakukan secara online tidak perlu sewa lapak atau ruko.

Kegiatan sosialisasi Holding BUMN sebagai lokomotif kebangkitan ekonomi masa depan. Foto : Ist

“Pakai internet saja bisa kirim kemana-mana bisa melalui Tokopedia, Shopee dan yang lain-lain. Kalau bisa buat kelompok kecil saja dulu nanti lama-lama menjadi besar juga,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI.

Diharapkan  keberadaan KIPI dan PLTA,  bisa dimanfaatkan dengan baik dalam mengembangkan UMKM.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 91 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Langkah Konkret Pengendalian Inflasi di Daerah

30 Januari 2023 - 15:32 WITA

Anggota DPRD KTT M Dahlan Melaksanakan Reses di Tana Lia

30 Januari 2023 - 10:19 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!