Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 31 Okt 2022 17:28 WITA ·

Deddy Sitorus Bersama Petinggi PLN Resmikan Listrik di Malinau dan Nunukan


Anggota DPR RI Deddy Yevri Sitorus bersama General Manager UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania meresmikan Penyelaan Listrik Desa Labang dan Desa Sengayan di Malinau. Foto : Ist. Perbesar

Anggota DPR RI Deddy Yevri Sitorus bersama General Manager UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania meresmikan Penyelaan Listrik Desa Labang dan Desa Sengayan di Malinau. Foto : Ist.

MALINAU – Satu persatu desa di pedalaman mulai terang benderang. Bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke 77, Anggota DPR RI Deddy Yevri Sitorus bersama General Manager UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania meresmikan Penyalaan Listrik Desa Labang di Nunukan dan Desa Sengayan di Malinau, Senin (31/10/22).

“Bagi saya listrik bukan sekadar pelayanan yang diberikan oleh PLN kepada masyarakat. Tapi listrik merupakan hak asasi manusia. Karena itu menjadi kewajiban negara. Sehingga Sila Ke 5 dalam Pancasila benar-benar terwujud,” tegas Deddy Sitorus dalam sambutannya.

Bagi PLN, penyalaan listrik di Desa Labang Kabupaten Nunukan dan Desa Sengayan Kabupaten Malinau merupakan program Listrik Desa. Terutama di daerah 3 T. Terdepan, terluar dan tertinggal.

width"450"

Anggota DPR RI Deddy Yevri Sitorus bersama General Manager UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania meresmikan Penyelaan Listrik Desa Labang dan Desa Sengayan di Malinau. Foto : Ist.

Menurut MUP3 Berau, Deny Setiawan saat ini listrik di dua desa tersebut sementara masih 6 jam. Menggunakan mesin disel 40 Kwh dengan kebutuhan solar 1 ton sebulan. Listrik tersebut menerangi 150 pelanggan di Labang dan 33 pelanggan di Sengayan.

“Kedepan kami akan tingkatkan lagi. Sekarang 6 jam, lantas 12 jam sampai akhirnya 24 jam,” jelasnya.

Ditempat yang sama General Manager UIW Kaltimra Joice Lanny Wantania mengaku sangat bahagia. Menurutnya, momentum ini merupakan hadiah terindah di hari listrik.

“Saya bayangkan anak-anak di desa Labang dan Sengayan sudah bisa belajar dengan baik. Keluarga bisa berkumpul di ruang tamu yang terang benderang. PLN berkomitmen ratio elektrifikasi dapan menembus 100 persen. Dan listrik desa bisa segera tuntas,” ujar Joice.

Anggota DPR RI Deddy Sitorus. Foto : Ist

Sementara itu, dikesempatan yang sama Deddy Sitorus menyatakan dalam waktu dekat akan menemui Menteri ESDM. Terkait tindak lanjut program Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH).

“Micro hydro cocok untuk daerah pedalaman terutama yang posisinya di pinggir sungai. Ini menjadi salah satu solusi meringankan beban PLN,” kata politisi PDI Perjuangan ini.(Pai)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 145 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Entry Meeting Pemeriksaan LKPD Tahun 2022 Bersama BPK Kaltara, Walikota Tarakan Optimis Pertahankan Opini WTP

30 Januari 2023 - 18:15 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!