Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Pendidikan · 30 Nov 2022 20:52 WITA ·

Monitoring ke UBT, Hasan Basri Serahkan Beasiswa KIP Kuliah


Ketua Komite 3 DPD RI Hasan Basri menyerahkan beasiswa PIP kuliah kepada mahasiswa UBT. Foto : ist Perbesar

Ketua Komite 3 DPD RI Hasan Basri menyerahkan beasiswa PIP kuliah kepada mahasiswa UBT. Foto : ist

TARAKAN – Ketua Komite 3 DPD RI Hasan Basri dan Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemdikbud Ristek Akbdul Kahar melakukan monitoring dan evaluasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di Universitas Borneo, Rabu (30/11/22).

Dalam sambutannya Hasan Basri menekankan bahwa KIP Kuliah Merdeka membuka akses siswa beprestasi dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan studi ke berbagai prodi unggulan perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Hasan Basri menuturkan KIP Kuliah merupakan beasiswa yang mengcover mahasiswa dalam mengarungi perkuliahan, mulai dari biaya kuliah/SPP selama delapan semester, hingga biaya hidup mahasiswa selama masa perkuliahan. Sementara beasiswa UKT adalah bantuan untuk membayar biaya kuliah/SPP tiap semester.

width"450"

Menurutnya kedepan DPD RI dan Pemerintah akan semakin memperhatikan anak-anak berprestasi dari keluarga tidak mampu, agar dapat meningkatkan kesejahteraannya dan keluarganya melalui pendidikan tinggi berkualitas.

“Kita akan memastikan bahwa program KIP Kuliah akan membantu mereka mendapatkan penghidupan yang lebih baik,” katanya.

Selain dari pada itu, Hasan Basri mengucapkan selamat kepada Mahasiswa penerima KIP Kuliah.

“Kesempatan masih terbuka lebar untuk para calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Bagi calon mahasiswa yang kurang mampu tetapi memiliki ambisi besar, manfaatkanlah program KIP Kuliah Merdeka untuk meraih masa depan,” pesannya.

“Pesan saya, pergunakan dan manfaatkan sebaik- baiknya bantuan KIP Kuliah itu, jangan sia-siakan kesempatan baik yang datang, terus tekun belajar dan tingkat prestasi,” kata senator asal Kalimantan Utara (Kaltara).

Terlebih menurutnya, Berdasarkan data Badan Pusat Stastistik Tahun 2021, jumah
mahasiswa di Kaltara pada pendidikan tinggi dibawah Kemendikbudristek sebanyak 12.775 orang terdiri dari 4.801 dari PTS swasta dan 7.974 dari PTN, yang hanya berasal dari 3 Kabupaten/Kota yakni Malinau, Bulungan dan Tarakan.

“Oleh karena itu, pendidikan bagi anak di Kaltara harus mendapat perhatian dan prioritas dari Pemerintah Pusat. Secara pribadi dan sebagai wakil rakyat dari Provinsi Kaltara saya sangat berharap kuota penerima KIP Kuliah Merdeka bagi anak Kaltara pada tahun 2023 bertambah,” ujar Hasan Basri.

Dengan KIP Kuliah Merdeka, kata Hasan Basri, calon mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu menjadi lebih percaya diri untuk memilih prodi unggulan di perguruan tinggi terbaik, di manapun lokasinya di Indonesia.

“Orang tua juga dapat mendorong anaknya melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi dengan dukungan pendanaan dari negara,” ujar Hasan Basri.

“Dengan peningkatan ini, KIP Kuliah memerdekakan calon mahasiswa untuk meraih mimpinya,” lanjut Hasan Basri yang akrab disapa HB.

Di penghujunh acara Senator muda asal Kaltara, meminta doa kepada masyarakat dan warga Kaltara semoga tahun 2023 kita bisa tingkatkan penerima beasiswa mulai SD sampai dengan mahasiswa. (**)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 120 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

Anggota DPRD KTT M Dahlan Melaksanakan Reses di Tana Lia

30 Januari 2023 - 10:19 WITA

Hasan Basri Sampaikan Aspirasi Masyarakat Kaltara Soal LPG 3 KG ke Dirjen Migas

28 Januari 2023 - 13:11 WITA

Dapat Gelar Warga Kehormatan DAD, Deddy Sitorus Menangis Haru

28 Januari 2023 - 11:52 WITA

Hanapi Serap Aspirasi Warga Desa Tideng Pale Timur

28 Januari 2023 - 10:06 WITA

Deddy Sitorus Serahkan Bantuan Untuk SMP Katolik Tarakan

27 Januari 2023 - 20:04 WITA

Trending di Pendidikan
error: Alert: Content is protected !!