Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 8 Des 2022 09:00 WITA ·

Tanamkan Pendidikan Karakter Sejak Dini, Ahmad Usman Sosialisasikan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Kepada Pelajar


					Anggota DPRD Kaltara Ahmad Usman gelar sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wasbang undang pelajar di Kota Tarakan. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Anggota DPRD Kaltara Ahmad Usman gelar sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wasbang undang pelajar di Kota Tarakan. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Ahmad Usman menggelar sosialisasi pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dengan mengundang pelajar di Kota Tarakan.

Sosialisasi yang diselenggarakan di Warung Ponles, Kamis (8/12/22), mengundang pelajar dari SMA Negeri 1, SMK Negeri 1 dan MAN Kota Tarakan. Selain itu, juga menghadirikan Guru PPKN SMA dan SMK se-Kota Tarakan.

width"500"

Ahmad Usman mengatakan salah satu kegiatan kedewanan selain sosialisasi peraturan daerah, reses dalam rangka penyerapan aspirasi masyarakat, juga sosialisasi pembinaan ideologi pancasila dan wawancara kebangsaan.

width"400"

“Pancasila merupakan pegangan, rujukan kita bersama dalam berbangsa dan bernegara. Dalam merumuskan pancasila, para pendiri bangsa memiliki tujuan agar bangsa yang kaya akan latar belakang adat dan budaya ini bisa bersatu tanpa adanya sekat suku bangsa, budaya dan agama dan menjadi bangsa yang kuat berdasarkan kesadaran dan kepercayaan kolektif tentang keberagaman dalam bingkai NKRI,” kata Ahmad Usman kepada Fokusborneo.com.

blank

Anggota DPRD Kaltara Ahmad Usman gelar sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wasbang undang pelajar di Kota Tarakan. Foto : Fokusborneo.com

Lebih lanjut Ahmad Usman mengatakan sosialisasi pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan, dilakukan dengan menyasar seluruh lapisan masyarakat. Pada kesempatan ini, dilaksanakan dengan sasaran anak sekolah dan mengundang guru PPKN dari berbagai sekolah.

width"400"

“Karena kita ingin menanamkan nilai-nilai pancasila dan wawasan kebangsaan sejak dini,” ujar Aman sapaan akrap Ahmad Usman.

Menurutnya, proses globalisasi dan disrupsi disegala aspek kehidupan, memberikan tantangan tersendiri khusunya bagi pemuda salah satunya yaitu memudarnya nasionalisme, maraknya berita Hoax, tawuran antar pelajar serta persoalan narkoba dan segala macam.

“Dengan pertemuan semacam ini, muncul keakraban dan silaturahmi. Sehingga saling kenal dan menjaga harmonisasi antar pelajar di Kota Tarakan,” pesannya.

Selain itu, sebagai tugas dan kewajiban selaku Ketua partai, kata Aman juga memberikan pendidikan politik sejak dini kepada adik-adik di sekolah terkait dengan proses demokrasi.

blank

Anggota DPRD Kaltara Ahmad Usman gelar sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila dan wasbang undang pelajar di Kota Tarakan. Foto : Fokusborneo.com

“Kita juga sampaikan tentang gambaran umum terkait tugas dan fungsi kelembagaan DPRD dan bagaimana sistem pemerintahan dijalankan, dengan harapan mereka bisa menyampaikan aspiranya melalui saluran yang telah disediakan, sehingga mereka merasa dilibatkan dalam proses pengambilan kebijakan,” pungkas pria yang juga tercatat sebagai Ketua DPC PKB Kota Tarakan.

Keberhasilan pembangunan, dikatakan Aman bisa diwujudkankan mana kala masyarakat atau warga negara khususnya generasi muda dilibatkan dan merasa memiliki terhap pembangunan yang ada. Karena generasi muda ini lah pemimpin masa depan.

Aman juga memotivasi para pelajar dan juga generasi muda di Kota Tarakan, dalam menyonsong kemerdekaan untuk giat belajar, berprestasi dan memiliki semangat pantang menyerah sehingga adaptif terhadap perubahan.

“Tentu perjuangan yang kita ketahui sebagaimana yang dilakukan oleh pahlawan-pahwalan yang sudah mendahului kita itu, perjuangan di medan perang. Tentu perjuangan ini, tidak selesai disini tetapi terus kita lanjutkan dengan mengisi kemerdekaan, dalam hal ini bagi adik-adik dalam bentuk giat belajar dan berprestasi,” pesan Aman.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 279 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Tahun ini Peserta Didik Baru SD/SMP di Balikpapan Dapat Seragam Gratis

28 Februari 2024 - 17:27 WITA

blank

Vamelia Ibrahim Dorong Kolaborasi Semua Pihak Wujudkan Anak Sehat, Cerdas dan Kreatif

28 Februari 2024 - 13:54 WITA

blank

Rekapitulasi Perhitungan Surat Suara di PPK Tarakan Tengah Ditargetkan Selesai Besok

27 Februari 2024 - 11:25 WITA

blank

Lima Anggota KPU Kaltara Periode 2024-2029 Dilantik, Hariyadi Jadi Ketua

26 Februari 2024 - 22:13 WITA

blank

Diumumkan, Ini Daftar Nama Anggota KPU Kaltara Terpilih Periode 2024-2029

26 Februari 2024 - 09:06 WITA

blank

Buka Rapat Pleno Penghitungan Suara Pemilu 2024, Bupati Ibrahim Ali Ingatkan Integritas dan Transparansi 

26 Februari 2024 - 07:11 WITA

blank
Trending di Daerah