Menu

Mode Gelap

Daerah · 1 Jun 2023 13:07 WITA ·

Hari Lahir Pancasila, Albert Ajak Masyarakat Aktualisasikan Nilai Pancasila di Kehidupan Sehari-hari


					Alberthus Silfanus Marianus ST Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara Perbesar

Alberthus Silfanus Marianus ST Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR – Momen peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara Albertus Stefanus Marianus ST mengajak seluruh lapisan masyarakat Kaltara untuk benar-benar memaknai sekaligus mengaktualisasikan Pancasila tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, makna yang didapat dari memperingati hari lahirnya Pancasila itu merupakan momen untuk mengenang sekaligus menghormati dan menghargai perjuangan dari pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Dimana diketahui bersama bahwa nilai-nilai dari Pancasila itu lahir dari jatidiri bangsa kita sendiri.

width"300"
width"300"

Yang merupakan pendalaman sangat mendalam oleh Bung Karno yang kemudian dituangkan dalam prosesnya menjadi lima sila.

width"300"

Dimana kesemuanya menjadi pandangan hidup bangsa yang juga menjadi ideologi kita bangsa Indonesia. Dalam rangka kondisi seperti ini kita harus kembali merujuk kepada pesan Bung Karno bahwa jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jasmerah).

Maka sebagai momentum peringatan ini, maka kita diberikan waktu untuk diri kita sendiri, merenungkan dimana negara juga melalui keputusan Presiden nomor 24 tahun 2016 maka ditetapkanlah tanggal 1 Juni 2016 sebagai hari lahirnya Pancasila.

Dengan momentum tersebut kita diberikan hari libur untuk memaknai kemudian mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan kita terutama bagaimana Pancasila itu lahir, bagaimana ia menjadi ideologi bangsa, pandangan hidup bangsa sehingga dalam perjalanan nya kedepan, bagaimana momentum pelaksanaan nya kita diharapkan mampu memahami kemudian mengimplementasikan sila-sila daripada Pancasila itu.

width"300"

Contohnya saja bagaimana kita membuat rasa keadilan bersama didalam memanusiakan manusia, rasa keadilan terhadap sesama. Mengangkat harkat martabat manusia lalu kita semua berketuhanan melalui agama-agama yang diakui oleh negara.

width"400"

Rasa persatuan Indonesia kemudian bagaimana cara kita untuk beserikat dan mencari nilai-nilai didalam sebuah musyawarah untuk mufakat dengan tidak menonjolkan kepentingan atau buah pikiran kita masing-masing tetapi lebih kepada musyawarah untuk melahirkan kesepakatan bersama.

width"400"

Dan bagaimana nilai-nilai sosial kita terhadap masyarakat kita yang di Indonesia khususnya Kalimantan Utara. Sehingga rasa keadilan yang disebutkan kemudian semua rasa itu yang ada dalam butir-butir Pancasila itu dapat direpresentasikan dalam kehidupan yang nyata.

Karena kita ketahui bersama ini sesuatu yang tidak mudah kalau kita mau sedikit mengenang kemudian memaknai betul-betul, karena penggalian Pancasila ini merupakan representasi dari seorang Bung Karno yang luar biasa didalam kemudian mencoba mencari nilai-nilai dari pada jati diri daripada bangsa Indonesia itu sendiri, sehingga sampai dengan saat ini Pancasila itu tetap hidup serta menjadi pandangan hidup bangsa kita sampai kapanpun juga. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 53 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Calon Wakil Ibrahim Ali Mengerucut ke Satu Nama

23 Juni 2024 - 20:37 WITA

blank

Dispora Kaltara Siapkan 8 Venue untuk Gelaran Popda

23 Juni 2024 - 18:29 WITA

blank

DPUPR-Perkim Fasilitasi FGD Penyusunan Kalimantan Toll Road Masterplan (KTRM)

23 Juni 2024 - 17:43 WITA

blank

Dorong Peluang Kerjasama Pembangunan dengan Finlandia

23 Juni 2024 - 17:39 WITA

blank

Ketua DPRD Tana Tidung Jamhari Ajak Masyarakat Datang ke TPS 27 November

23 Juni 2024 - 07:24 WITA

blank

Peluncuran Tahapan Pilkada Berlangsung Meriah, KPU Tarakan Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya

23 Juni 2024 - 07:20 WITA

blank
Trending di Daerah