Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Advetorial · 5 Jan 2023 21:51 WITA ·

Pesta Budaya Meja Panjang, Tradisi Sejak 1976


Pesta Budaya Meja Panjang, Tradisi Sejak 1976 Perbesar

BULUNGAN – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menghadiri pesta budaya Meja Panjang di Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara pada Rabu (4/1).

Tradisi suku Dayak dalam rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru tersebut telah dilaksanakan sejak 1976 dan menjadi simbol persatuan masyarakat.

“Saya menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya dan dukungan yang positif atas dilaksanakannya kegiatan ini,” terang Bupati dalam kegiatan yang turut dihadiri Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal Arifin Paliwang. M. Hum dan Wakil Bupati Bulungan Ingkong Alasan. SE, M. Si. Tradisi Meja Panjang, bertempat di Lapangan Sepakbola Desa Pimping di mana segenap tokoh masyarakat, tokoh pemerintahan dan seluruh unsur masyarakat duduk bersama menikmati sajian makanan dan minuman di meja panjang. Berbagai tradisi budaya juga ditampilkan seperti tari dan pakaian tradisional masyarakat suku Dayak.

width"450"

“Tradisi ini telah menjadi simbol pemersatu masyarakat, yang mampu mengumpulkan masyarakat dari berbagai suku bahkan berbagai daerah,” imbuhnya.

Bupati berharap, tradisi meja panjang terus dilestarikan bahkan ditingkatkan kualitas kegiatannya. Selain memberikan manfaat mempersatukan warga, tradisi tersebut juga dapat menjadi objek atau event wisata yang bisa menambah pendapatan atau perekonomian masyarakat khususnya di Desa Pimping dan sekitarnya.

Sementara, Gubernur Kaltara dalam sambutannya juga menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya serta menyampaikan ucapan selamat merayakan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Gubernur berharap tradisi Meja Panjang dapat terus dipertahankan sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Seperti diketahui, tradisi setiap tahun tersebut sempat tidak dilaksanakan karena pandemi.

“Siapa lagi yang harus mempertahankan, menjaga dan mengembangkan seni budaya yang ada di Kaltara kalau bukan dari kita sendiri,” pesannya.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemerintah Siapkan 47 Apartemen untuk ASN, TNI, Polri di IKN

31 Januari 2023 - 07:07 WITA

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!