Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Pemkab Bulungan · 24 Sep 2021 22:07 WITA ·

GAPKI Gelar Vaksinasi Massal Warga Perkebunan, Bupati Syarwani Berpesan Jaga Prokes


Bupati Bulungan Syarwani membuka vaksinasi massal bagi warga perkebunan. Foto : Pemkab Bulungan. Perbesar

Bupati Bulungan Syarwani membuka vaksinasi massal bagi warga perkebunan. Foto : Pemkab Bulungan.

BULUNGAN – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si membuka kegiatan vaksinasi massal di lingkungan perkebunan di Kabupaten Bulungan, di halaman PT. Prima Bahagia Plantation, Desa Binai, Tanjung Selor, Jumat (24/9/21). Kegiatan yang dilaksanakan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalimantan Utara bersama Dinas Kesehatan Bulungan tersebut, merupakan bagian dari gerakan nasional vaksinasi 7 juta warga perkebunan dan desa-desa produktif di 17 provinsi.

Bupati dalam sambutannya menjelaskan, vaksinasi selain untuk memutus penyebaran Covid-19 dengan adanya herd immunity atau kekebalan kelompok, juga supaya tubuh dapat bertahan ketika terpapar virus. Seperti diketahui, vaksinasi Covid-19 membutuhkan 2 kali dosis penyuntikan, dan memerlukan waktu sekitar 1 bulan untuk mencapai imunitas secara maksimal. Suntikan pertama dilakukan untuk memicu respons kekebalan, dan suntikan kedua untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk.

Program vaksinasi tentunya tidak membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas total dari Covid-19. Vaksinasi juga tidak serta merta menggantikan implementasi protokol kesehatan. Maka pelaksanaan vaksinasi harus tetap diiringi disiplin menerapkan protokol kesehatan.

”Insya Allah, vaksinasi dapat mengurangi tingkat keparahan seseorang apabila terkonfirmasi positif Covid-19,” ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati, kepada seluruh masyarakat, diimbau untuk selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan, baik saat ini, maupun setelah menjalani vaksinasi.

Bupati juga mengajak semua pihak untuk mendukung tenaga kesehatan dalam melakukan upaya 3T (Tracing, Testing dan Treatment) untuk meminimalisir penyebaran Covid19 sekaligus sebagai upaya pemulihan pasien positif Covid-19.

Bupati kembali mengingatkan, situasi pandemi Covid-19 juga menuntut masyarakat untuk selalu waspada agar lebih peduli dan cermat menyikapi berbagai situasi, antara lain banyaknya berita palsu atau hoax yang mengiringi vaksinasi.

“Carilah informasi dari sumber informasi terpercaya. Yakinlah bahwa vaksinasi adalah opsi rasional yang dapat kita tempuh saat ini,” pesan Bupati.(**)

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Dilantik, Pemkab Minta Pengurus MUI Bulungan Bantu Sukseskan Program Vaksinasi

19 September 2021 - 16:04 WITA

4 Desa di Peso Nikmati Listrik 24 Jam

17 September 2021 - 19:41 WITA

Warga Tanjung Palas Timur, Peso Hilir dan Peso Dapat Bantuan Paket Sembako

19 Agustus 2021 - 19:48 WITA

UBT Sosialisasikan S2 Hukum dan S2 Pertanian ke Pemkab Bulungan, Syarwani Berharap Bisa Meningkatkan SDM di Kaltara

22 Juli 2021 - 21:38 WITA

Bupati-Wabup Bulungan Salurkan Bantuan Sembako dan Vitamin

22 Juli 2021 - 21:25 WITA

Pelajar Bulungan Wakil Paskibraka di Pusat, Ini Pesan Bupati Syarwani

19 Juli 2021 - 12:57 WITA

Trending di Pemkab Bulungan