Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 24 Jan 2023 21:30 WITA ·

Gunakan Pendekatan SIGAP, Pemdes dan BUMDes Dilatih Mandiri


Gunakan Pendekatan SIGAP, Pemdes dan BUMDes Dilatih Mandiri Perbesar

BULUNGAN – Untuk mendorong penguatan ekosistem kemandirian desa serta pengelolaan sumber daya alam yang lestari berbasis desa, Institute for Research and Empowerment (IRE) Yogyakarta dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menggelar pelatihan dan lokakarya bagi Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Bulungan.

Kegiatan yang diikuti para kepala desa dan pengurus BUMDes di Bulungan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah, Risdianto, S.Pi, M.Si di Ruang Rapat Sekda pada Selasa (24/1).

Pelatihan dan lokakarya menggunakan pendekatan yang disebut SIGAP (Aksi Inspiratif Warga untuk Perubahan) melalui penguatan tata Kelola Pemdes dan BUMDes yang profesional dan demokratis. Seperti diketahui, Kabupaten Bulungan merupakan daerah yang cukup luas yaitu lebih dari 13 ribu kilometer persegi dengan 10 kecamatan 7 kelurahan dan 74 desa.

width"450"

BACA JUGA :

https://fokusborneo.com/nasional/2023/01/24/terkait-masa-jabatan-kepala-desa-presiden-undang-undang-membatasi-6-tahun/

“Kegiatan ini penting, agar desa-desa di Bulungan dapat meningkatkan kapasitas pengelolaan dan pengembangan perekonomian lokal berbasis aset dan potensi kekayaan sumber daya alam yang ada di desa,” terang Sekda.

Dilanjutkan, kegiatan diharapkan dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan desa khususnya pada kualitas demokrasi lokal di tingkat desa. Tidak kalah pentingnya, yaitu meningkatkan praktek pengelolaan BUMDes agar dapat berkinerja positif dalam pengembangan ekonomi desa.

“Saya berpesan kepada saudara sekalian, para kepala desa dan perangkat desa serta badan usaha milik desa, ikutilah kegiatan pelatihan dan lokakarya ini dengan sungguh-sungguh, kemudian terapkan ilmu yang didapat selama pelatihan di desa masing-masing,” pesan Sekda.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung 25 – 28 Januari menghadirkan materi antara lain tahapan perencanaan pembangunan desa, teknis perumusan isu strategis pembangunan desa, identifikasi aset dan potensi, penentuan jenis usaha, pembuatan dokumen rencana usaha, Teknik penyusunan program pembangunan desa, kepemilikan dan modal BUMDes dan lain-lain. Sementara peserta terdiri desa-desa dari Kabupaten Bulungan, Tana Tidung, Malinau dan Nunukan.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemerintah Siapkan 47 Apartemen untuk ASN, TNI, Polri di IKN

31 Januari 2023 - 07:07 WITA

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!