Menu

Mode Gelap

Daerah · 7 Des 2023 04:46 WITA ·

Buka Rakerda UKS/M, Wabup Ingkong Ala : Pentingnya Membangun Sekolah Sehat


					Buka Rakerda UKS/M, Wabup Ingkong Ala : Pentingnya Membangun Sekolah Sehat Perbesar

BULUNGAN -Membangun sekolah yang sehat akan berpengaruh terhadap peningkatan SDM serta menghasilkan anak-anak cerdas yang akan membawa kemajuan bangsa.

Wakil Bupati (Wabup) Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si menyampaikan hal itu saat membuka rapat kerja daerah (rakerda) Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) di Auditorium Universitas Kaltara pada Rabu (6/12) yang diikuti tim Pembina serta pengurus UKS/M di Bulungan.

“Sekolah bukan saja untuk transfer ilmu pengetahuan semata namun sekolah juga dapat menjadikan keseharian anak-anak, menjadi budaya perilaku hidup bersih dan sehat sesuai dengan program UKS, sekaligus dapat mensosialisasikan di lingkungan rumah dan masyarakat sekitarnya,” ujar Wabup.

Dilanjutkan, program UKS/M selaras dengan salah satu misi pembangunan di Bulungan, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, berkarakter dan berdaya saing, termasuk di dalamnya melalui usaha kesehatan di sekolah maupun madrasah.

Kemudian untuk menambah semangat ataupun motivasi bagi lingkungan masyarakat, khususnya lingkungan sekolah dalam mewujudkan sekolah sehat dengan strata paripurna di Bulungan.

UKS/M juga menjadi tujuan dari pendidikan nasional sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. di mana upaya peningkatan derajat kesehatan peserta didik dalam rangka menciptakan sumber daya manusia bermutu serta hidup berkualitas, yaitu terciptanya sehat jasmani maupun kesehatan mental dan sosial.

Wabup berharap rakerda diikuti dengan sungguh-sungguh, utamanya dalam melakukan evaluasi program kegiatan usaha kesehatan di sekolah maupun dalam menyusun rencana kegiatan di tahun berikutnya.

Wabup juga berpesan kepada Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah dan Madrasah baik Tim Pembina kabupaten, kecamatan maupun Tim Pelaksana UKS/M di sekolah, agar dapat terus melakukan pembinaan, penguatan, pemeliharaan dan peningkatan kesehatan di sekolah agar anak-anak bisa terjamin kesehatannya.

Diingatkan, tingkat derajat kesehatan pelajar atau siswa sangat penting karena pelajar adalah harapan bangsa sekaligus sebagai pewaris bangsa.

“Pelajar Indonesia harus sehat karena dengan derajat kesehatan yang baik maka akan berpengaruh terhadap peningkatan sumber daya manusia, menghasilkan anak-anak yang cerdas serta membawa kemajuan bangsa.,” tandasnya.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 12 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Kecelakaan Saat Bertugas, Petugas KKPS di Balikpapan Terima Santunan

21 Februari 2024 - 07:59 WITA

blank

Walikota Rahmad Mas’ud Ingatkan ASN Lapor SPT Pajak

21 Februari 2024 - 07:44 WITA

blank

Pemprov Kaltara Sosialisasikan Perjalanan Dinas Luar Negeri

21 Februari 2024 - 07:04 WITA

blank

Kasad Resmikan TNI AD Manunggal Air Di Kota Raja

21 Februari 2024 - 06:40 WITA

blank

PSU di TPS 57 Karang Anyar, Digelar Kamis

21 Februari 2024 - 06:17 WITA

blank

Provos Polda Kaltara Laksanakan Kegiatan Gaktibplin Terhadap Aggota Polda dan PNS Polda

20 Februari 2024 - 23:06 WITA

blank
Trending di Daerah