Menu

Mode Gelap

Daerah · 16 Nov 2023 21:46 WITA ·

Industry Kerajinan dan Food Lokal Market Tana Tidung Tembus 30 Juta Rupiah Perbulan


					Industry Kerajinan dan Food Lokal Market Tana Tidung Tembus 30 Juta Rupiah Perbulan Perbesar

TANA TIDUNG – Dinas perindustrian perdagangan dan koperasi kabupaten tana tidung memamfaatkan ikon dan produk alam Tana Tidung untuk mengangkat ekonomi dan citra pengrajin home industry datau kerajinan loal daerah tersebut. sedikitnya terdapat 8 titik yang tersebar d sejumlah kecamatan se tana Tidung pengrajin yang kini dibina dan dikembangkan Disperindagkop Tana Tidung.

Sumiasih asn dinas perdagangan dan koperasi dan penyuluh industry Disperindagkop Tana Tidung mengunkapkan puluhan jenis produk kerajinan KTT kini sedang di promosikan melalui pentas pameran berskala daerah regional dan nasional kini sedang di lakukan ungkap asih

width"300"
width"300"

Selain itu promosi kerajinan lokal berskala nasional juga di promosikan melalui berbagai flatform sosial media. Sedangkan di tingkat internal Disperidnagkop produk berkualitas warga di pamerkan di show room atau gallery pelataran kantor Disperindgkop Tana Tidung, jalan…?? Tidung pala.

width"300"

Dua provinsi yang membawa puluhan produk kerajinan tana Tidung meraih best seler di tingkat nasional adalah pameran UMKM Medn dan Jakarta tahun lalu. Produk anyaman tas dari bahan rotan, batik Sesayap Hilir. “Aneka bentuk nyaman daun pandan dan baju, topi serta rompi dari kulit kayu talud menjadi deretan produk kerajinan yang meraih best seler Disperindagkop,” terang asih

Maraknya peminat produk kerajinan Tana Tidung karena dukungan ketua Deskranasda tana Tidung yang juga ketua Pembina PKK, vamelia Ibrahim. Melalui inovasi dan kreasi pengrajin home industry tana tidung terus mengembangkan berbagai produk inovasi.
Seluruh motif baik ukiran, desain dan bahan menggunaan ikon tana Tidung seperti udang galah, daun pandan, kayu Thalud dan kayu meranti untuk menjadi bahan komersial.

“Digallery Disperindag dan koperasi setiap hari menerima orderan produk kerajinan, salah satu yang paforit digemari secara nasional yang disorder adalah batik dan sesingal yang digemari kalangan anak muda,”terang Zaenab, Admin Degranasda KTT.

width"300"

Selain produk kerajinan home industry KTT juga memproduksi berbagai macam food produk yang banyak diminati warga. Produk food local market yakni aneka kuliner kemasan yang di ciptakan adalah udang crspy, dan ikan seruyuk berprotein tinggi serta pruk jamu imun yang baik bagi kesehatan khsusnya untuk stamina dan peningkatan imun.

width"400"

Asih menjelaskan bahawa ada galery Disperindagkop tana Tidung, setidaknya terdapat 32 produk kerajinan yang kini sedang dipajang di kantor Disperindagkop , Berbagai macam produk kerajinan tangan tersebut kerap menjadi barang cendera mata dan oleh-oleh para tamu pemerintah saat berkunjung ke KTT atau dalam berbagai kegiatan pertemuan di berbagai wilayah jelas asih

width"400"

Pengakuan asih , omset pengrajin dalam sebulan mencapai antara 15 juta hingga 30 juta perbulan, situasi itu mampu memperbaiki ekonomi warga Tana Tidung khsusunya bagi pengrajin aneka produk home industry Tana Tidung.

Daerah-daerah produsen KTT yang menjadi Binaan disperindagkop dan Degranasda adalah Kecamaan Muruk Rian, Sesayap Hilir, desa marni dan desa Safari.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 80 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Calon Wakil Ibrahim Ali Mengerucut ke Satu Nama

23 Juni 2024 - 20:37 WITA

blank

Dispora Kaltara Siapkan 8 Venue untuk Gelaran Popda

23 Juni 2024 - 18:29 WITA

blank

DPUPR-Perkim Fasilitasi FGD Penyusunan Kalimantan Toll Road Masterplan (KTRM)

23 Juni 2024 - 17:43 WITA

blank

Dorong Peluang Kerjasama Pembangunan dengan Finlandia

23 Juni 2024 - 17:39 WITA

blank

Ketua DPRD Tana Tidung Jamhari Ajak Masyarakat Datang ke TPS 27 November

23 Juni 2024 - 07:24 WITA

blank

Peluncuran Tahapan Pilkada Berlangsung Meriah, KPU Tarakan Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya

23 Juni 2024 - 07:20 WITA

blank
Trending di Daerah