Menu

Mode Gelap

Daerah · 25 Feb 2021 12:09 WITA ·

Minta Dukungan Buka Fakultas Kedokteran, Gubernur Beri Apresiasi UBT


					Foto : Ist Perbesar

Foto : Ist

TARAKAN – Universitas Borneo Tarakan (UBT) terus mencari dukungan untuk membuka fakultas kedokteran di Kalimantan Utara (Kaltara). Bahkan Perguruan Tinggi Negeri terbesar di Kaltara tersebut, juga sedang mengupayakan membuka sejumlah program magister serta doktor.

Hal itu terungkap usai Rektor UBT Prof. Adri Patton dan seluruh senat UBT melakukan audiensi dengan Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang di ruang kerja gubernur, Rabu (24/2/21).

width"300"

Selain bersilaturrahmi dengan Gubernur sebagai Ketua Dewan Pertimbangan UBT, Adri juga menyampaikan beberapa hal. Di antaranya keinginan UBT membuka fakultas kedokteran serta program magister dan dokter.

width"300"

“Kami menyampaikan bahwa UBT sekarang semakin berkembang. Tentunya saat ini sudah memiliki 7 fakultas dengan 28 prodi (program pendidikan), tapi ada impian besar kami menginginkan supaya nanti UBT itu punya fakultas kedokteran dan membuka beberapa program magister, termasuk program doktor,” ujar Prof Adri Patton kepada Media Relasi Ziyap, ditemui usai pertemuan. 

Adapun program yang akan dibuka, beber mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau ini adalah fakultas kedokteran, jurusan Biologi, Biometrika dan sebagainya.

Sedangkan untuk program magister, akan dibuka S-2 di bidang pertanian, magister lingkungan, magister manajemen, magister manajemen pendidikan dan bahasa Inggris. Akan dibuka juga program doktor ilmu hukum.

width"400"

“Karena itu agar supaya program prodi ini bisa terbuka dan berhasil dengan baik. Dari pertemuan itu, pak gubernur sudah berjanji untuk siap bersama-sama kita menghadap pak menteri agar supaya program kedokteran dan magister dengan juga  doktor ilmu hukum itu bisa dibuka walaupun dengan kondisi moratorium,” ungkapnya akan hasil pertemuan. 

Adri Patton membeberkan alasan pihaknya ingin membuka program-program tersebut. Menurutnya, program kedokteran dibutuhkan oleh Provinsi Kaltara khususnya kabupaten kota. Karena berada di daerah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal). Seperti Malinau, Nunukan, Bulungan Krayan dan sebagainya, termasuk Kabupaten Tana Tidung (KTT) yang masih membutuhkan banyak dokter.

Dengan melibatkan Gubernur selaku Ketua Dewan Pertimbangan UBT, ditambah Ketua DPRD Kaltara serta Bupati dan Wali Kota ditambah Ketua DPRD se Kaltara, sebagai dukungan untuk menghadap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar bisa dikabulkan karena menjadi kebutuhan daerah. 

Adri Patton juga mengaku telah menghadap Konsil Kedokteran Indonesia dan telah memberikan rekomendasi terhadap rencana dibukanya fakultas kedokteran.

Wacana penambahan fakultas baru dan program magister serta doctor ini mendapat apresiasi baik dari Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang.

“Terbosoan UBT ini sangat baik. Saya selaku Gubernur dan Ketua Dewan Pertimbangan UBT sangat mengapresiasi dan mendukung upaya ini,” katanya.

Olehnya itu, dalam waktu dekat Pemprov Kaltara akan melakukan audiensi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait perihal tersebut.

Dalam kesempatan itu, Zainal menambahkan bahwa UBT akan menjalin kerja sama dengan Pemprov Kaltara terkait program penelitian dalam rangka pengembangan pertanian dan perikanan. (*)

Sumber : Media Relasi Ziyap

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 135 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Daftar Calon Walikota ke PKS, dr. Khairul Optimis Bisa Kembali Menangkan Kontestasi Pilwali Tarakan

28 Maret 2024 - 13:55 WITA

blank

Pasar Murah Hingga Jamin Kelancaran Distribusi, Langkah Strategis Pemda Bulungan Tekan Angka Inflasi

28 Maret 2024 - 13:44 WITA

blank

Bupati Ibrahim Ali Ajak Umat Muslim Berzakat

28 Maret 2024 - 12:37 WITA

blank

Wakapolda Kaltara Dampingi Pangdam VI/Mulawarman Safari Ramadhan

28 Maret 2024 - 11:54 WITA

blank

Aktifkan Satgas RAFI, Pertamina Pastikan Layanan Energi Selama Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H di Kaltara Terpenuhi

28 Maret 2024 - 10:03 WITA

blank

Bukber dengan Pemred, Kadiv Humas Polri Apresiasi Peran Media Sukseskan Pengamanan Agenda Nasional dan Internasional

28 Maret 2024 - 04:29 WITA

blank
Trending di Daerah