Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 26 Jun 2021 15:11 WITA ·

Buka Kegiatan UNAR, Bupati Ibrahim Ali Harap Kualitas Telekomunikasi di KTT Jadi Lebih Baik


Pembukaan dan pembekalan Ujian Negara Amatir Radio.Foto: Diskominfo Pemkab Kabupaten Tana Tidung Perbesar

Pembukaan dan pembekalan Ujian Negara Amatir Radio.Foto: Diskominfo Pemkab Kabupaten Tana Tidung

TANA TIDUNG – Organisasi Amatir Radio Indonesia (orari) melaksanakan ujian negara amatir radio (UNAR) di Kabupaten Tana Tidung, acara dibuka Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali, Jumat, (25/6/2021).

Kepala loka monitor spektrum frekuensi Tanjung Selor, Indra Sofany mengatakan percepatan pengurusan ijin amatir radio (IAR) merupakan upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan sebagai wujud dari reformasi birokrasi di Kementerian Kominfo dan khususnya di Ditjen SDDPI yaitu dengan penggunaan internet, artinya dari tahap pendaftaran sampai dengan ujian negara dilaksanakan secara online.

“kalau dulu pengurusan IAR dilakukan secara manual dan memakan waktu yang sangat lama, belum lagi kalau ada kesalahan pengetikan sehingga waktu pengurusan tambah memakan waktu yang lama, dengan adanya pendaftaran secara online ini dapat lebih mempermudah proses pendaftaran,” katanya.

width"450"

lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa penyelenggaraan UNAR untuk mendapatkan calon-calon amatir yang dilaksanakan dengan cepat dan transparan. peserta juga bisa mendaftarkan mandiri secara online dan dapat secara langsung mengetahui hasilnya setelah selesai ujian kemudian peserta yang lulus juga langsung bisa mendapatkan izin amatir radio setelah hasil ujian disampaikan ke pihak SDDPI.

“loka monitor Tanjung Selor sebagai perwakilan Kementerian Kominfo dan Ditjen SDDPI di Kaltara telah mengadakan UNAR sebagai wujud pembinaan di wilayah kabupaten/kota di Kaltara yang dimulai tahun 2020 di tiga daerah yaitu Kota Tarakan, Kabupaten Malinau dan Kabupaten Bulungan. Dan pada tahun 2021 ini diselenggarakan di dua Kabupaten di Kaltara yaitu Kabupaten Nunukan pada bulan Maret dan di bulan Juni saat ini di KTT,” ungkap indra sofany.

Dia berharap dengan terlaksananya UNAR di KTT bisa menambah gairah untuk para penggiat amatir, dan dia berharap dorongan dan dukungan dari pemerintah daerah khususnya bupati dan orari daerah (orda) agar segera bisa membentuk organisasi lokal orari di KTT.

sementara itu, Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali dalam sambutannya mengatakan peran amatir radio memang perlu lebih ditingkatkan dan menjadi perhatian khusus, hal ini dikarenakan kondisi geografis KTT yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Malinau, juga masih terdapat wilayah-wilayah yang yang tidak terjangkau oleh jaringan telekomunikasi sehingga membuat komunikasi menjadi terbatas.

Oleh sebab itu, Bupati mengatakan pemerintah KTT terus berupaya membangun komunikasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait permasalahan jaringan telekomunikasi yang terjadi di KTT.

“Pada ujian amatir radio yang akan diikuti oleh 50 orang peserta baik peserta dari lingkungan pemerintah daerah maupun dari masyarakat adalah bentuk dan wujud komitmen untuk menggunakan frekuensi radio dengan legalitas atau ijin agar kedepannya tidak ada lagi penggunaan frekuensi lain yang bersifat bisa merugikan bahkan mengganggu frekuensi seseorang yang sedang melakukan komunikasi,” ungkap Bupati Tana Tidung.

Orang nomor satu di KTT ini juga sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan manfaat serta dapat memberikan kontribusi nyata pada peningkatan mutu kualitas telekomunikasi yang ada di wilayah Kabupaten Tana Tidung. (her/Iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Pemerintah Siapkan 47 Apartemen untuk ASN, TNI, Polri di IKN

31 Januari 2023 - 07:07 WITA

Rakor Penanggulangan Inflasi, Antisipasi Menjelang Panen

30 Januari 2023 - 23:19 WITA

Pimpin Ratas, Presiden Minta Jajaran Waspadai Inflasi dan Kenaikan Harga

30 Januari 2023 - 23:11 WITA

Gerindra Minta Kenaikan Ongkos Haji Rp 69 juta Dikaji Ulang: Terlalu Berat untuk Rakyat

30 Januari 2023 - 22:54 WITA

LTABI 2022, Komitmen BI untuk Indonesia Maju

30 Januari 2023 - 18:49 WITA

Menuju Satu Dekade JKN: Kontribusi BPJS Kesehatan Mewujudkan Indonesia Lebih Sehat

30 Januari 2023 - 18:35 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!