Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 9 Sep 2022 20:15 WITA ·

28 Lomba Dipertandingkan, Disdikbud Sukses Gelar LKS Tingkat Provinsi


28 Lomba Dipertandingkan, Disdikbud Sukses Gelar LKS Tingkat Provinsi Perbesar

TANJUNG SELOR – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), sukses menggelar kegiatan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS SMK) ke 30 Tingkat Provinsi Tahun 2022.

Acara yang digelar pada 6 hingga 8 September 2022 itu, melibatkan 184 peserta dari seluruh SMK di Provinsi Kaltara, dengan lokasi lomba yang dibagi 4 tempat. Yakni SMKN 1 Tarakan, SMKN 2 Tarakan, SMKN 3 Tarakan, dan SMKS Kesehatan Kaltara.

Tarian Dayak Lundayeh yang ditampilkan oleh Siswa-Siswi SMKN 2 Tarakan penanda dimulainya acara pembukaan LKS SMK. Acara dibawakan oleh Duta Intelegensia Kota Tarakan 2022, dan Duta Pariwisata Kota Tarakan yakni Dimas Karunia Ramadhan dan Elma Fitria.

Kepala Disdikbud Kaltara melalui Sekretaris Disdikbud H Sudarsono, SE, M.Pd mengungkapkan LKS SMK ke 30 tingka provinsi tahun 2022 bertemakan “Talenta Vokasi Melejitkan Prestasi Majukan Negeri”. Hal ini dalam rangka memotivasi dan meningkatkan kompetensi peserta didik SMK.

“Jadi selain memotivasi dan meningkatkan kompetensi peserta didik SMK, juga untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja yang handal, berkarakter, serta berstandar dengan dunia usaha dan dunia industri,” kata Sudarsono.

Senada dengan Sudarsono, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMK, Hairul Anwar, S.Hut, M.AP, menjelaskan bahwa pelajar SMK kedepan harus memiliki jiwa yang produktif, berkarakter, dan siap bersaing dalam dunia global.

“Terutama dalam menjawab kebutuhan tenaga kerja lokal di Provinsi Kaltara, menyangkut kebutuhan akan SDM yang berkualitas di Kawasan Industri dan Pelabuhan International (KIPI) Tanah Kuning, Mangkupadi,” terangnya.

Disebutkan bahwa terdapat 28 bidang kompetensi yang dilombakan pada LKS SMK tahun 2022, dibagi dalam 6 area kategori. Diantaranya yaitu Kelompok konstruksi, teknologi bangunan dan Agribisnis, Rekayasa, Kelompok Seni Kreatif dan Fashion.

Lalu Kelompok Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kelompok Pariwisata dan Layanan Sosial Individual, Kelompok transportasi, dan Kelompok Teknologi Manufaktur dan Rekayasa. Adapun total hadiah sebesar Rp 43 Juta Rupiah.

Sebagai bentuk kerjasama dengan DUDI, juri dalam pelaksanaan LKS SMK tingkat provinsi berasal dari dunia usaha dan Industri maupun praktisi pendidikan yang sudah berkompeten dibidangnya masing-masing.

Ini juga, Lanjut Hairul, untuk memperlihatkan kepada mitra akan kualitas siswa-siswi yang siap kerja sesuai dengan kebutuhan dari dunia usaha dan industri. Adapun mitra tersebut diantaranya PT United Tractors Tbk, Swissbell Hotel, PT Tri Mandiri Selaras, CV Fortune engineering, Rumah Sakit Pertamina Tarakan, Universitas, Borneo,  PPKIA, Politeknik Kaltara, dan lainnya.

Nantinya pemenang dari masing-masing kompetensi lomba akan mewakili Provinsi Kaltara dalam ajang LKS SMK Tingkat Nasional.

“Diharapkan sebelum berkompetisi di tingkat nasional dapat semakin giat belajar dan berlatih, agar dapat mengharumkan nama Provinsi yang akan berulang tahun ke 10 pada Oktober 2022 mendatang ini ke ajang nasional,” pungkas Hairul. (dkisp)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tanah Longsor di Jalan Anggrek, Ibu dan 3 Anak Nyaris Jadi Korban 

26 September 2022 - 17:46 WITA

Presiden: Ekonomi Digital Pesat, _Startup_ Indonesia Punya Banyak Peluang

26 September 2022 - 17:34 WITA

Tanggapi Dugaan Kasus Suap dan Korupsi, Presiden: Semua Sama di Mata Hukum

26 September 2022 - 17:22 WITA

Lantik 39 Pejabat, Gubernur Titip Tiga Hal

26 September 2022 - 17:16 WITA

Pimpin Sertijab Pejabat Kodam, Pangdam VI/Mlw : Sertijab Bagian Dari Tour Of Duty dan Tour Of Area

26 September 2022 - 13:51 WITA

Mobile Legend Student Cup Sukses Digelar di Tarakan, Telkomsel Launching Kartu GameMAX Tarakan

26 September 2022 - 12:30 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!