Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 19 Sep 2022 18:26 WITA ·

Permintaan Batik Meningkat, BI Kaltara Terus Dorong Pembatik Tingkatkan Kompetensi Melalui Pelatihan


Permintaan Batik Meningkat, BI Kaltara Terus Dorong Pembatik Tingkatkan Kompetensi Melalui Pelatihan Perbesar

TARAKAN – Pembinaan terus dilakukan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kaltara kepada pengerajin batik di wilayah Kaltara melalui berbagai kegiatan salah satunya pelatihan.

Terbaru, KPwBI Kaltara melaksanakan pelatihan UMKM batik Tarakan pada Senin (19/9/2022) di UMKM Center Tatakan. Kegiatan ini diikuti 10 orang pembatik dengan mendatangkan langsung pembicara Uswatun Hasanah salah satu pakar batik.

Bambang Irwanto selaku Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltara mengatakan bahwa pembinaan untuk pengerajin batik di Kaltara rutin dilakukan sejak tahun 2020.

“Kita sebenarnya sudah rutin melakukan pembinaan kepada pengerajin batik di Kaltara, pada tahun 2020 kita sudah memberikan pelatihan kepada seluruh pembatik di Kaltara, waktu itu targetnya pembatik exiting atau yang sudah berjalan,” jelas Bambang.

Tidak sampai disitu, usai melaksanakan pelatihan bagaimana caranya menuangkan ide kretifitas dengan warna warna yang dapat diterima masyarakat dan bagaimana caranya menembus pasar domestik, kegiatan dilanjutkan yaitu pagelaran UMKM Karya Kreatif Paguntaka khusus di Tarakan.

Melalui Karya Kreatif Paguntaka, KpwBI Kaltara menghadirkan pembatik untuk showcase menampilkan produknya. Selain itu tidak hanya penjualan secara offline atau konvensional BI Kaltara juga membantu penjualan secara online bekerjasama dengan blibli.com untuk memasarkan produk batik Tarakan.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan pelatihan kembali dilanjutkan pada tahun 2021 kepada 10 pembatik bekerjasama dengan Dekranasda Tarakan dan Provinsi Kaltara, dan tahun ini pelatihan juga kembali diberikan kepada pembatik untuk meningkatkan kreatifitas dan keahliannya.

Bambang mengungkapkan, saat ini demand atau permintaan batik oleh masyarakat semakin meningkat seiring apalagi ada Peraturan Gubernur Kaltara yang mewajibkan PNS menggunakan batik dan aksesorisnya, kemudian walikota Tarakan juga mewajibkan pakaian batik khas Tarakan.

“Kita menangkap sinyal itu, kita masih membutuhkan banyak tenaga enterpreneur pembatik untuk memenuhi demand atau permintaan dari pada masyarakat. Kedepan juga akan ada batik untuk anak sekolah tentunya demand semakin meningkat, artinya jika itu tidak dijawab dari pembatik kita di Tarakan saya kawatir dimanfaatkan pembatik dari luar, saya berharap apa yang menjadi permintaan orang Kaltara atau Tarakan bisa dijawab orang Tarakan sendiri tidak di lempar ke pembatik di luar Kaltara,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Tarakan, Untung Prayitno mengatakan melalui pelatihan ini diharapkan pengerajin batik Tarakan mampu meningkatkan kreatifitasnya, membuat motif baru, warna baru sehingga tidak monoton.

“Di Tarakan sudah ada 5 pembatik, saat ini tambah 10 orang yang dilantik terus, semakin banyak (pembatik) semakin bagus,” katanya.

Untung mengungkapkan, permintaan batik Tarakan saat ini cukup tinggi bahkan sempat pembatik kewalahan memenuhi orderan, maka dengan banyaknya pembatik kedepan bisa dilakukan kerjasama.

“Pasar lokal jelas, kemarin juga ada permintaan dari Jepang dan ternyata batik kita diminati orang luar karena unik motifnya,” pungkasnya. (wic/Iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 72 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Tanah Longsor di Jalan Anggrek, Ibu dan 3 Anak Nyaris Jadi Korban 

26 September 2022 - 17:46 WITA

Presiden: Ekonomi Digital Pesat, _Startup_ Indonesia Punya Banyak Peluang

26 September 2022 - 17:34 WITA

Tanggapi Dugaan Kasus Suap dan Korupsi, Presiden: Semua Sama di Mata Hukum

26 September 2022 - 17:22 WITA

Lantik 39 Pejabat, Gubernur Titip Tiga Hal

26 September 2022 - 17:16 WITA

Pimpin Sertijab Pejabat Kodam, Pangdam VI/Mlw : Sertijab Bagian Dari Tour Of Duty dan Tour Of Area

26 September 2022 - 13:51 WITA

Mobile Legend Student Cup Sukses Digelar di Tarakan, Telkomsel Launching Kartu GameMAX Tarakan

26 September 2022 - 12:30 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!