Menu

Mode Gelap

Daerah · 11 Apr 2023 09:41 WITA ·

Pertengahan April Ini, Rute Pelayaran Tarakan-Tawau Dibuka


					Pas masuk Pelabuhan Malundung. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Pas masuk Pelabuhan Malundung. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Pertengahan bulan April 2023, rute pelayaran Tarakan-Tawau Malaysia rencanannya kembali akan dibuka. Kabar tersebut, disampaikan General Manager (GM) Pelindo Regional IV Tarakan Rio Dwi Santoso kepada awak media, Selasa (11/4/23).

width"300"

Persiapan pembukaan rute tersebut, pihaknya telah mengundang beberapa stakeholder terkait diantaranya Karantina, Bea Cukai, Imigrasi, KSOP, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta operator kapal, membahas rencana itu.

width"300"
width"400"

“Dari kapal ternyata memang siap, cuma sempat kemarin itu ada mis sedikit lah. Kami dapat info bahwa Tarakan itu masih tertutup kalau gak salah, saya tanya dasarnya kami kan pakai dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan) dari itu sudah open semua dan terus kita cari-cari referensi ternyata sudah terupdate bahwa Tarakan ini sudah dibuka untuk kegiatan ke Tawau,” kata Rio.

width"400"
width"450"
width"500"

Baca juga : Kaltara Express Siap Layani Rute Tarakan-Tawau 

Dijelaskan Rio, saat ini pihaknya bersama stakeholder terkait sedang persiapan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP). Salah satunya soal barang bawaan. Jika sebelumnya bisa langsung ke dermaga, kedepan tidak ada lagi lewat terminal intetnasional.

width"400"
width"500"
width"500"

“Kalau dulu penumpang saja yang lewat pengecekan imigrasi dan lain-lain, tapi ada beberapa barang bawaan bisa langsung lewat dermaga. Sekarang mau ke Tawau semuanya harus lewat terminal internasional termasuk kargo harus pengecekan lewat disana baik nanti mau berangkat maupun embarkasi maupun datanh itu nanti akan diantar menggunakan shuttle bus,” jelasnya.

width"300"

Begitu juga porternya, gak boleh langsung masuk ambil barang bawaan penumpang. Supaya lebih tertata dan barang gak bisa keluar masuk sembarangan semuanya kumpul ke terminal.

Baca juga : Kepastian Rute Tarakan-Tawau Kembali Dibuka, Ini Penjelasan Pelindo

“Jadi entry point nya ada di terminal. Dulu kita anggaplah masih biasa domestik saja kegiatannya itu, ini kan lebih menyempurnakan itu,” tambahnya.

Untuk rencana pembukaan rute Tarakan-Tawau, Rio menegaskan pertengahan April ini. Harapannya bisa semua perkiraan dan harapan masyarakat.

“Kapalnya kalau gak salah sudah trial, jadi setelah docking kan biasanya ada sea trial dulu sebelum dikeluarkan surat-suratnya. Jadi semuanya sambil jalan semua dan mudah-mudahan harapan masyarakat Tarakan ini sesuai perkiraan kita lah pertengahan April bisa,” tutupnya.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 222 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Misi Kuali Merah Putih Bobon Santoso Menembus Daerah Rawan di Kabupaten Maybrat, Bersama Satgas Yonif 623/BWU

13 April 2024 - 23:15 WITA

blank

Indonesia Kirim Wakil di Semua Sektor Bulu Tangkis pada Olimpiade Paris 2024

13 April 2024 - 14:44 WITA

blank

Muncul Asap di Lantai 3, Ratusan Pasien di RSUD dr. Jusuf SK Berhamburan Keluar

12 April 2024 - 03:48 WITA

blank

Hari Pertama Idul Fitri Sistem Kelistrikan Nasional Andal

11 April 2024 - 21:13 WITA

blank

Momen Idul Fitri 1445 H, Wabup Hendrik Bersilaturahmi ke Rumah Bupati Ibrahim Ali

11 April 2024 - 16:38 WITA

blank

Sekda Risdianto Gelar Open House di Rumjab

11 April 2024 - 07:46 WITA

blank
Trending di Daerah