Menu

Mode Gelap

Daerah · 11 Apr 2023 09:41 WITA ·

Pertengahan April Ini, Rute Pelayaran Tarakan-Tawau Dibuka


					Pas masuk Pelabuhan Malundung. Foto : Fokusborneo.com Perbesar

Pas masuk Pelabuhan Malundung. Foto : Fokusborneo.com

TARAKAN – Pertengahan bulan April 2023, rute pelayaran Tarakan-Tawau Malaysia rencanannya kembali akan dibuka. Kabar tersebut, disampaikan General Manager (GM) Pelindo Regional IV Tarakan Rio Dwi Santoso kepada awak media, Selasa (11/4/23).

Persiapan pembukaan rute tersebut, pihaknya telah mengundang beberapa stakeholder terkait diantaranya Karantina, Bea Cukai, Imigrasi, KSOP, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta operator kapal, membahas rencana itu.

“Dari kapal ternyata memang siap, cuma sempat kemarin itu ada mis sedikit lah. Kami dapat info bahwa Tarakan itu masih tertutup kalau gak salah, saya tanya dasarnya kami kan pakai dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan) dari itu sudah open semua dan terus kita cari-cari referensi ternyata sudah terupdate bahwa Tarakan ini sudah dibuka untuk kegiatan ke Tawau,” kata Rio.

width"450"

Baca juga : Kaltara Express Siap Layani Rute Tarakan-Tawau 

Dijelaskan Rio, saat ini pihaknya bersama stakeholder terkait sedang persiapan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP). Salah satunya soal barang bawaan. Jika sebelumnya bisa langsung ke dermaga, kedepan tidak ada lagi lewat terminal intetnasional.

“Kalau dulu penumpang saja yang lewat pengecekan imigrasi dan lain-lain, tapi ada beberapa barang bawaan bisa langsung lewat dermaga. Sekarang mau ke Tawau semuanya harus lewat terminal internasional termasuk kargo harus pengecekan lewat disana baik nanti mau berangkat maupun embarkasi maupun datanh itu nanti akan diantar menggunakan shuttle bus,” jelasnya.

Begitu juga porternya, gak boleh langsung masuk ambil barang bawaan penumpang. Supaya lebih tertata dan barang gak bisa keluar masuk sembarangan semuanya kumpul ke terminal.

Baca juga : Kepastian Rute Tarakan-Tawau Kembali Dibuka, Ini Penjelasan Pelindo

“Jadi entry point nya ada di terminal. Dulu kita anggaplah masih biasa domestik saja kegiatannya itu, ini kan lebih menyempurnakan itu,” tambahnya.

Untuk rencana pembukaan rute Tarakan-Tawau, Rio menegaskan pertengahan April ini. Harapannya bisa semua perkiraan dan harapan masyarakat.

“Kapalnya kalau gak salah sudah trial, jadi setelah docking kan biasanya ada sea trial dulu sebelum dikeluarkan surat-suratnya. Jadi semuanya sambil jalan semua dan mudah-mudahan harapan masyarakat Tarakan ini sesuai perkiraan kita lah pertengahan April bisa,” tutupnya.(Mt)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 251 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Lapas Tarakan Bekerjasama RSUD dr Jusuf SK Edukasi Bahaya Narkoba ke Warga Binaan

27 Juli 2024 - 10:02 WITA

blank

Kolaborasi Kementerian Kesehatan, KPK, BPKP dan BPJS Kesehatan dalam Pencegahan dan Penanganan Fraud

27 Juli 2024 - 07:53 WITA

blank

Titip Sendal, Cerminan Korupsi Dalam Kehidupan Setiap Hari

27 Juli 2024 - 07:28 WITA

blank

KUPP Sungai Nyamuk Raih Penghargaan Kehumasan

26 Juli 2024 - 11:03 WITA

blank

Persiapan Upacara  HUT 17 Agustus  dI IKN, SAMS Sepinggan Merubah  Flow Pickup Zone

26 Juli 2024 - 07:41 WITA

blank

Ketua Umum PSI Dukung Ibrahim Ali – Sabri

25 Juli 2024 - 20:14 WITA

blank
Trending di Daerah