Menu

Mode Gelap

Daerah · 26 Mei 2023 09:03 WITA ·

531 Calon Jamaah Haji Asal Balikpapan Dilepas Walikota Rahmad Masud


					Sebanyak 531 orang calon Jamaah Haji asal Balikpapan di Lepas Walikota Rahmad Masud, Kamis (22/5)sore. Perbesar

Sebanyak 531 orang calon Jamaah Haji asal Balikpapan di Lepas Walikota Rahmad Masud, Kamis (22/5)sore.

BALIKPAPAN- Sebanyak 531 orang calon Jamaah Haji asal Balikpapan menuju Embarkasi pada Kamis (22/5) sore, untuk selanjutnya persiapan keberangkatan haji tahun 2023 di Tana Suci.

Keberangkatan ratusan Calon Jamaah Haji asal Balikpapan ini dilepas langsung Walikota Balikpapan Rahmad Masud. Selain itu orang nomor satu di Balikpapan ini juga menitipkan pesan – pesan khusus kepada seluruh calon jamaah Haji (Calhaj).

Walikota meminta kepada seluruh Calhaj, pendamping dan petugas uang masuk ke Embarkasi agar memperhatikan dan menjaga kesehatan khususnya makanan.

width"450"

“Tolong perhatikan kesehatan dan makanannya, kepada petugas haji dan kesehatan tolong perhatikan betul – betul jamaahnya,” tegas Walikota.

Rahmad meyakini melalui komitmen bersama ini baik dari pengurus, petugas haji akan mengawal seluruh jemaah haji Balikpapan.

Atas nama Pemerintah Kota Balikpapan dan pribadi mengucapkan selamat kepada claon jemaah haji Balikpapan. “Jaga kondisi, jaga kesehatan kita, karena yang lebih tau kondisi kita adalah diri kita sendiri. Bawa nama baik Indonesia khususnya Kota Balikpapan, beribadah yang baik. Jangan aneh-aneh disana,” tandasnya.

“Contohnya aneh-aneh misalnya disana ada mitos, batu ini bisa dijadikan jimat. Itu hati-hati disana hukum di mekah kalau ada bilang jimat itu hati-hati itu bisa kena pidana. Bisa dapat hukuman. Ini saya ingatkan,” lanjutnya.

Selain itu, penting sekali sesama jemaah haji saling menjaga kebersamaan dan saling membantu dan tidak mudah emosi jika menghadapi sesuatu.

“Jangan sampai terpancing emosi. Itu godaan pertama kita. Saya berangkat haji beberapa kali jadi saya paham jemaah haji apalagi suami istri. Biasanya masalah kecil bisa timbul emosi. Pesan saya kalau itu terjadi langsung istighfar,” ungkapnya.

Pesan lainya kata wali Kota Rahmad begitu jemaah haji tiba di Mekkah langsung menjalankan salat tobat. “akui semua keselahan itu semua. Inshaallah haji kita akan mulus, akan lancar kalau toh ada rintangan jadi pelajaran kita semua. Itu pesan ulama dan itu yang saya amalkan,” ujarnya.

“Semoga jemaah Haji Indonesia asal Kota Balikpapan selamat sampai tujuan, pulang dengan selamat dan menjadi Haji Mabrur,” harapnya.

Sebagai informasi, Calhaj Balikpapan akan berangkat pada Jumat (26/5) malam pukul 22.00 wita, sebanyak 299 jamaah haji Kota Balikpapan siap berangkat ke tanah suci Makkah melalui Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Jamaah haji yang akan berangkat merupakan Kelompok Terbang (Kloter) pertama dari Kota Balikpapan dan semua warga Kota Balikpapan. Dari 299 jamaah terdapat jamaah lansia dan disabilitas sebanyak 101 orang, termasuk petugas kesehatan dan petugas ibadah berjumlah lima orang.

Keberangkatan ratusan jamaah haji Balikpapan dilepas langsung oleh Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, H Johan Marpaunh, di Masjid Madinatul Iman Islamic Center, pada hari Kamis (25/5/2023).

Pelepasan ditandai penyematan rompi bertuliskan Jamaah Haji Kota Balikpapan 2023 M/1444 H kepada calon jemaah haji tertua berusia 85 tahun dan termuda 27 tahun.

Asrina (85) mengaku mendaftar sejak 2017 sedangkan putrinya bernama Masinah (68) harus menunggu antrian daftar haji selama 12 tahun.

“ibu daftar 2017. Alhamdulillah sehat. Disana Inshaallah gak pakai kursi roda,” ucap Asrina didampingi putrinya Masinah.
“Persiapan makan biasa, pagi subuh keliling jalan kaki. Nanti didampingi anak saya Masinah. Alhamdulillah tidak ada penyakit,” tambah Asrina (85) yang mengaku bersyukur bisa menunaikan haji tahun ini.(*)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 99 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Lapas Tarakan Bekerjasama RSUD dr Jusuf SK Edukasi Bahaya Narkoba ke Warga Binaan

27 Juli 2024 - 10:02 WITA

blank

Kolaborasi Kementerian Kesehatan, KPK, BPKP dan BPJS Kesehatan dalam Pencegahan dan Penanganan Fraud

27 Juli 2024 - 07:53 WITA

blank

Titip Sendal, Cerminan Korupsi Dalam Kehidupan Setiap Hari

27 Juli 2024 - 07:28 WITA

blank

KUPP Sungai Nyamuk Raih Penghargaan Kehumasan

26 Juli 2024 - 11:03 WITA

blank

Persiapan Upacara  HUT 17 Agustus  dI IKN, SAMS Sepinggan Merubah  Flow Pickup Zone

26 Juli 2024 - 07:41 WITA

blank

Ketua Umum PSI Dukung Ibrahim Ali – Sabri

25 Juli 2024 - 20:14 WITA

blank
Trending di Daerah