Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Ekonomi · 30 Nov 2021 20:31 WITA ·

Puluhan Pedagang Pasar Tenguyun Ikuti Sidang Tera Ulang Timbangan


Pelaksanaan Sidang Tera di Pasar Tenguyun Boom Panjang Tarakan. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Pelaksanaan Sidang Tera di Pasar Tenguyun Boom Panjang Tarakan. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Puluhan pedagang pasar Tenguyun Boom Panjang, Kota Tarakan antusias mengikuti sidang tera ulang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya, Selasa (30/11/2021).

Sidang tera ulang ini dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Tarakan di area Pasar Tenguyun selama dua hari.

Kabid Pengembangan Perdagangan, Hari Wijaya menjelaskan bahwa tujuan dari sidang tera ini agar para pelaku usaha khususnya yang menggunakan alat ukur bisa tertib ukur.

Pengertian tertib ukur yakni timbangan yang digunakan itu benar benar timbangan yang sah atau timbangan yang legal atau tingkat ketelusuranya dapat diyakini kebenarannya.

“Selain kita juga sedang mengejar target PAD (Pendapatan Asli Daerah), sidang tera ada restribusi yang besarannya bervariatif paling rendah timbangan manual atau konvensional Rp 10 Ribu – Rp 15 ribu per unit timbangan,” ujarnya.

Hari mengatakan, timbangan yang tidak sesuai atau rusak dan masih bisa diperbaiki pihaknya juga menyiapkan tim teknis untuk memperbaiki timbangan.

“Setelah timbangan selesai diperbaiki kemudian diberikan tanda segel. Kalau misal tidak bisa diperbaiki maka tidak boleh digunakan karena melanggar ketentuan, selain itu dapat merugikan pelaku usaha dan konsumen,” ujarnya.

Kemudian masa berlaku tera yakni selama satu tahun, kegiatan ini tera ini rutin dilaksanakan setiap tahunya di Kota Tarakan.

Hari menambahkan, sidang tera di pasar Tenguyun ditargetkan sebanyak 200-250 timbangan di tera, kegiatan akan dilanjutkan ke pasar lainya seperti pasar Beringin dan pasar Gusher. (wic/Iik)

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Aksi Damai Tuntut Edy Mulyadi Ditangkap, Kapolres Tarakan: Secepatnya Kita Sampaikan ke Atas

25 Januari 2022 - 10:42 WITA

Gudang Berikat Perumda Tarakan Aneka Usaha Resmi Beroperasi

24 Januari 2022 - 14:08 WITA

Untuk Pertama Kalinya Kota Tarakan Zero Kasus Covid-19 

22 Januari 2022 - 16:05 WITA

Usai Kunjungi Kubedistik Tarakan, Mensos Risma Kirimkan Bantuan Mesin Jahit dan Kursi Roda

21 Januari 2022 - 13:48 WITA

Belanja di Pasar Legi Bisa Pakai QRIS, Pedagang Minta Disediakan WIFI

21 Januari 2022 - 06:03 WITA

Polres Tarakan Musnahkan 1 Kilogram Lebih Narkotika Jenis Sabu dan Ganja

20 Januari 2022 - 15:29 WITA

Trending di Fokus