Menu

Mode Gelap

Ekonomi · 4 Jan 2022 15:44 WITA ·

Perumda Tarakan Aneka Usaha Resmi Kelola Parkir, Jukir Bertambah Ratusan Orang


					Salah Satu Juru Parkir Saat Mendaftar di Kantor Perumda Tarakan Aneka Usaha di Jalan Gajah Mada. Foto: fokusborneo.com Perbesar

Salah Satu Juru Parkir Saat Mendaftar di Kantor Perumda Tarakan Aneka Usaha di Jalan Gajah Mada. Foto: fokusborneo.com

TARAKAN – Mulai 1 Januari 2022, pengelolaan parkir tepi jalan resmi dikelola Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tarakan Aneka Usaha, dari sebelumnya dikelola oleh Pemkot Tarakan melalui Dinas Perhubungan.

Dirut Perumda Tarakan Aneka Usaha, Mappa Panglima Banding menjelaskan, alih kelola parkir merupakan penugasan dari Pemkot Tarakan dan sebagai payung hukumnya ada perjanjian kerjasama antara Perumda dengan Dinas Perhubungan.

“Sebagian besar juru parkir (Jukir) yang lama telah mendaftar ulang di Perumda, artinya sudah bersepakat dengan ketentuan manajemen baru, dan dari kemarin sudah mulai aktif kembali (Sebagai Jukir) atas nama Perumda dengan identitas Perumda Tarakan Aneka Usaha,” jelasnya, Selasa (4/12/2022).

width"450"

Dengan manajamen baru, Perumda juga menambah titik parkir yang berpotensi menghasilkan pendapatan dan telah diidentifikasi dari sebelumnya 72 titik menjadi 172 titik.

Meski begitu, Mappa mengatakan tidak semua titik akan diisi petugas parkir karena ada beberapa titik yang sepi dan tidak menutupi biaya operasional juru parkir.

“Tidak semua titik kami siapkan petugas parkir, karena dari perhitungan kami ada titik tidak bisa mengcover biaya operasional parkir disitu. Tapi kalau ada masyarakat yang ingin menjadi petugas parkir di titik tersebut, Perumda akan memfasilitasi tentu pendapatanya juga disesuaikan,” katanya.

Lebih lanjut, Mappa mengungkapkan, untuk titik parkir yang ramai biasanya diisi lebih dari 1 juru parkir antara 2 sampai 3 jukir dalam satu shift. Setiap titik parkir minimal ada 2 shift jukir pagi dan malam atau satu shift jika hanya ramai malam atau pagi saja.

“Jumlah jukir sebelumnya dari 72 titik ada 95 orang, dan saat ini bertambah kurang lebih sekitar 100 orang,” ungkapnya.

Artinya dengan bertambahnya titik parkir maka jumlah jukir juga bertambah sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Kota Tarakan. (wic/iik)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 113 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Lolos Middle Income Trap, Kaltara Jadi Kiblat Percontohan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

25 Juli 2024 - 17:15 WITA

blank

Kaltara Jadi Daerah Terbaik Dalam Penerapan EFT

25 Juli 2024 - 16:30 WITA

blank

Laporan Tahunan Program TJSL PLN Peduli Catat Keberhasilan Pengembangan Lapangan Kerja dan UMK Secara Nasional

24 Juli 2024 - 22:53 WITA

blank

Setor Dividen Rp3,09 Triliun, Kementerian BUMN Dukung PLN Lanjutkan Transformasi Bisnis

23 Juli 2024 - 21:25 WITA

blank

Pemprov Kaltara dan Bank Indonesia Gelar High Level Meeting TP2DD Wilayah Kalimantan Utara

23 Juli 2024 - 14:20 WITA

blank

Disperindagkop Kaltara Bekali UMKM Alur Ekspor Produk

22 Juli 2024 - 17:55 WITA

blank
Trending di Daerah