Menu

Mode Gelap

Fokus · 18 Jan 2020 19:12 WITA ·

Jaringan Peduli Anak Bangsa (JPAB) Gencar Laksanakan Program Gerakan Ramah Anak


					Haryati, Ketua Jaringan Peduli Anak Bangsa (IPAB) Nasional. Poto: Ari / fokusborneo.com Perbesar

Haryati, Ketua Jaringan Peduli Anak Bangsa (IPAB) Nasional. Poto: Ari / fokusborneo.com

TARAKAN – Jaringan peduli anak bangsa (JPAB) adalah sebuah jaringan interdominasi dari berbagai pelayanan yang peduli pada anak beresiko di Indonesia. Dengan fokus memperkuat pelayanan anak berisiko secara holistik, melalui program pemberdayaan, penguatan jaringan regional, dan kemitraan strategis.

Ketua JPAB Nasional Haryati menjelaskan, JPAB menggulirkan menginisiasi program gerakan ramah anak (GRA) sebagai bentuk kontribusi sebagai masyarakat untuk bangsa Indonesia. Dalam rangka untuk mencapai Indonesia Layak Anak 2030 dan kontribusi pada puncak bonus demografi 2030.

“Jadi fokus kami tidak langsung ke anak, tapi kami ke para pimpinan baik itu Gereja, Sekolah, dan Lembaga Kesejahteraan Masyarakat Sosial Anak (LKSA),” jelas Haryati kepada fokusborneo.com, Sabtu (18/1/2020).

width"450"

GRA mempunyai visi “Generasi Transformatif Bagi Generasinya, Keluarga, Masyarakat, dan Bangsa” dan misi “Memberi ruang kepada generasi muda untuk berpartisipasi dan bertumbuh secara utuh” sehingga terwujudnya perubahan paradigma atau pola pikir para pemimpin.

“Khususnya untuk para pemimpin supaya mereka bisa mempunyai kepemimpinan berperspektif anak, mengembangkan kebijakan perlindungan anak, mengembangkan sistem perlindungan anak, di Gereja, Sekolah, dan LKSA termasuk budaya dan infrastrukturnya, serta mengembangkan strategi perlindungan anak,” tuturnya.

Haryati Ketua JPAB Nasional, Memberikan Materi Training of Fasilitator di Kaltara (18/1). Poto: Ari / fokusborneo.com

Haryati menambahkan gerakan ramah anak (GRA) lebih kepada penyadaran, membangun paradigma, selain itu JPAB juga melatih bagaimana mewujudkan Lembaga yang layak anak yang fokus pada leadership dan manajemen yang berhubungan dengan layak anak.

“Kalau kita bilang ini tidak mudah, perlu perjuangan yang konsisten, keuletan dan lain sebagainya, mungkin kami satu-satunya dari Lembaga Kristiani menginisasi program gerakan ramah anak (GRA), JPAB telah memiliki Volunteer atau jaringan regional di 16 Provinsi dan 18 Kota di Indonesia,” paparnya.

JPAB juga memberikan catatan dan sudah disampaikan kepada kementerian terkait, bagiamana progam Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030, dapat di desain khusus, karena ini sangat penting sekali bukan hanya dilihat dari capaian indikator, dan reward.

“Kami orang optimis, Pemerintah saat ini usaha terus-menerus mewujudkan Indonesia Layak Anak, melalui kebijakan, indikator dan reward, tapi bukan hanya itu yang terpenting yakni bagaimana membongkar cara pandang kepada anak, karena itu tidak mudah,” tandasnya. (aii)

 

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 921 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Kolaborasi Kementerian Kesehatan, KPK, BPKP dan BPJS Kesehatan dalam Pencegahan dan Penanganan Fraud

27 Juli 2024 - 07:53 WITA

blank

Telkomsel Luncurkan Komunitas Sehat, Solusi Kesehatan Satu Pintu untuk Kualitas Hidup Masyarakat yang Lebih Baik

26 Juli 2024 - 11:25 WITA

blank

Persiapan Upacara  HUT 17 Agustus  dI IKN, SAMS Sepinggan Merubah  Flow Pickup Zone

26 Juli 2024 - 07:41 WITA

blank

Laporan Tahunan Program TJSL PLN Peduli Catat Keberhasilan Pengembangan Lapangan Kerja dan UMK Secara Nasional

24 Juli 2024 - 22:53 WITA

blank

Air Minum Mulai Mengalir di Nusantara

24 Juli 2024 - 21:24 WITA

blank

Setor Dividen Rp3,09 Triliun, Kementerian BUMN Dukung PLN Lanjutkan Transformasi Bisnis

23 Juli 2024 - 21:25 WITA

blank
Trending di Ekonomi