Menu

Mode Gelap

Daerah · 25 Mei 2024 12:16 WITA ·

5 Orang Warga Binaan Lapas Tarakan Terima Remisi Khusus Waisak Tahun 2024


					5 Orang Warga Binaan Lapas Tarakan Terima Remisi Khusus Waisak Tahun 2024

Perbesar

5 Orang Warga Binaan Lapas Tarakan Terima Remisi Khusus Waisak Tahun 2024

TARAKAN – Bertempat di Ruang Kunjungan, Lima orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan menerima secara simbolis Surat Keputusan (SK) Pengurangan masa pidana berdasarkan Undang-Undang atau dikenal dengan Remisi Khusus (RK) Hari Waisak Tahun 2024 yang diserahkan langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Tarakan Sutarno didampingi Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik (Binadik) Norbek, Kamis (23/05).

RK Waisak Tahun 2024 diberikan kepada para WBP beragama Budha yang dinyatakan telah memenuhi syarat administratif dan substantif dimana hasil penilaian atas berperilaku baik dan telah menjalani masa pidana minimal 6 bulan.

Dari data yang dihimpun, sebanyak 6 orang WBP beragama Budha 5 diantaranya menerima RK I dengan rincian 1 orang mendapatkan RK 15 hari, 4 orang mendapatkan RK 1 bulan dan 1 orang tidak diberikan RK karena tengah menjalani pidana subsider atau denda pengganti.

width"450"

Kalapas Sutarno pada sambutannya menuturkan bahwa Pemberian Remisi kepada WBP merupakan bukti bahwa pemerintah dalam hal ini Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) hadir dalam melayani dan memenuhi hak-hak para WBP.

“Pemberian RK Waisak ini merupakan implikasi dari peran pemerintah/Ditjenpas yang hadir memberikan pelayanan dengan melaksanakan pemenuhan hak-hak Narapidana yang telah menunjukkan perilaku baik serta memenuhi syarat administratif dan substantif. Sudah sepantasnya para saudara-saudara sekalian memberikan timbal balik dengan cara senantiasa menjaga kondusifitas serta keamanan dan ketertiban termasuk mendukung program Zero Pungli, Handphone dan Narkoba (Halinar) di Lingkungan Lapas,” ujar Kalapas.

Sutarno berharap, dengan adanya pemberian RK ini dapat menjadikan hikmah kepada para WBP untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas karakter sehingga dapat menjalani pembinaan dengan baik bahkan hingga kembali ke tengah masyarakat nantinya.

Pemberian RK Waisak kepada para WBP diharapkan menjadi satu poin penting dalam rangka motivasi agar menjadikan Pemasyarakatan sebagai wadah dalam mengoreksi dan memperbaiki diri serta sungguh-sungguh bertaubat sehingga tidak kembali melakukan kesalahan dan dapat bermanfaat dalam pembangunan di masyarakat. (**)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 24 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Lapas Tarakan Bekerjasama RSUD dr Jusuf SK Edukasi Bahaya Narkoba ke Warga Binaan

27 Juli 2024 - 10:02 WITA

blank

Kolaborasi Kementerian Kesehatan, KPK, BPKP dan BPJS Kesehatan dalam Pencegahan dan Penanganan Fraud

27 Juli 2024 - 07:53 WITA

blank

Titip Sendal, Cerminan Korupsi Dalam Kehidupan Setiap Hari

27 Juli 2024 - 07:28 WITA

blank

KUPP Sungai Nyamuk Raih Penghargaan Kehumasan

26 Juli 2024 - 11:03 WITA

blank

Persiapan Upacara  HUT 17 Agustus  dI IKN, SAMS Sepinggan Merubah  Flow Pickup Zone

26 Juli 2024 - 07:41 WITA

blank

Ketua Umum PSI Dukung Ibrahim Ali – Sabri

25 Juli 2024 - 20:14 WITA

blank
Trending di Daerah