Menu

Mode Gelap

Kriminal · 9 Jun 2024 21:19 WITA ·

Tertangkap di Nunukan, Brigpol Sigit Hendak Kabur ke Malaysia


					Tertangkap di Nunukan, Brigpol Sigit Hendak Kabur ke Malaysia Perbesar

TARAKAN, – Setelah buron sejak 1 Juni lalu, oknum polisi Brigpol Sigit Utomo akhirnya tertangkap dalam pelariannya di Desa Liang Bunyu, Kecamatan Sebatik, Nunukan sekira pukul 05.00 Wita pada Sabtu (8/6/2024) dinihari.

Direktur Polairud Polda Kaltara, Kombes Pol Bambang Wiriawan melalui Kasubdit Gakkum, Kompol Yudi Franata saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan Brigpol Sigit.

“Kami amankan di salah satu rumah yang ada di Sungai Nyamuk, Sebatik. Memang dia saat itu sedang istirahat, mau perjalanan ke Tawau, Malaysia menggunakan jalur laut,” ujarnya, Sabtu (8/6/2024).

width"450"

Penangkapan Sigit ini setelah pihaknya melakukan pemantauan sejak beberapa hari sebelumnya. Pencarian mulai ke pihak keluarga, istri dan mantan pacarnya hingga diketahui Sigit berangkat ke Sebatik, dari Tarakan pada Jumat (7/6/2024) sekira pukul 16.00 Wita, dengan menyewa perahu dari Pantai Amal.

Pengejaran Sigit ini sempat terkenda hujan deras saat tim di berada di perjalanan, beruntung perahu yang ditumpangi Sigit menepi untuk berteduh di area pepohonan. Sehingga polisi masih dapat membuntuti Brigpol Sigit. Hingga akhirnya Sigit tiba di sebuah rumah yang ada di Sebatik.

“Kami tidak temukan ada dokumen dibawa Sigit. Memang dia sempat minta temannya untuk bantu membuatkan paspor untuk memperbaharui paspornya yang sudah habis masa berlakunya. Tapi, Imigrasi tidak bisa cetak, karena harus foto ulang,” tuturnya.

Baca Juga : Pengakuan Kurir Sabu Jadikan Brigpol Sigit Utomo DPO

Lantaran menjadi buron kepolisian, Brigpol Sigit pun akhirnya memilih jalur ilegal untuk bisa melarikan diri ke Malaysia.

“Kami baru tahu hari hari Jumat itu, kalau (Brigpol Sigit) mau lari ke Malaysia. Cuma memang dari Pantai Amal pakai perahu yang biasa untuk ke tambak itu dia sewa,” lanjutnya.

Sigit diduga sudah mempersiapkan pelariannya sejak dinyatakan buron. Ada beberapa rekannya yang turut membantu, mulai mempersiapkan kapal untuk ke Sebatik hingga rencana kabur ke Malaysia.

“Kami mengamankan satu unit handphone. Tapi ada juga yang komunikasinya menggunakan Direct Message (DM) di Instagram. Jadi tidak melalui nomor telepon atau WhatsApp, temannya bantu dan terlibat waktu Brigpol Sigit melarikan diri,” ungkapnya.

Selain itu ditemukan uang tunai yang diduga akan digunakannya selama dalam pelarian. Meski tidak ditemukan membawa sabu saat diamankan di tempat persembunyian, polisi mengembangkan kemungkinan ada sabu yang masih disembunyikan Sigit.

“Kami kembangkan juga sabu yang mungkin disembunyikan di tempat lain,” tandasnya.

Sedangkan rekan Sigit yang membantu, penyelidikan sementara ada 5 orang dan sudah diamankan pihak kepolisian. Dalam hal ini, polisi mendalami peran seluruhnya. Disinyalir, akan terdapat penambahan orang yang diduga membantu Brigpol Sigit dalam pelariannya.

“Berbeda orang yang bersama dia dari Tarakan itu satu orang, kemudian di rumah yang ada di Sebatik itu tiga orang. Orang yang mencarikan perahu untuk perjalanan ke Sebatik itu, kemudian menghubungkan dengan rekan di Sebatik itu kurang lebih 5 orang. Indikasi sementara rekannya ini tidak terhubung dengan peredaran narkotika,” bebernya.

Kemudian terkait penyidikan narkotikanya, penyelidikan kasus narkotika Brigpol Sigit diambil alih Polres Tarakan. Saat ini Sigit juga ditahan di Rutan Polres Tarakan.

“Masih didalami peran atas kepemilikan sabu 300 gram yang sebelumnya dibawa tersangka ADL. Kan dari pengakuan ADL ini yang mengarah ke Sigit. Sekarang di Polres Tarakan. Untuk perkaranya ditangani Polres Tarakan,” pungkasnya.(**)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 310 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Polres Tarakan Turunkan 326 Personil di PSU, Ini Pola Pengamanan TPS

12 Juli 2024 - 15:06 WITA

blank

Diduga Sebarkan Hoax, Kuasa Hukum Vamelia Laporkan Pembuat Status WhatsApp ke Polisi

12 Juli 2024 - 07:49 WITA

blank

Polres Tarakan Musnahkan Barang Bukti Narkoba Disaksikan 3 Tersangka

11 Juli 2024 - 13:52 WITA

blank

Oknum Pegawai Lapas Tarakan Diperiksa Sebagai Saksi Kasus TPPU, Kalapas: Kita Terbuka!

9 Juli 2024 - 12:30 WITA

blank

Puluhan Aset Mewah Bernilai Milyaran Milik Gembong Narkoba Disita Polisi

4 Juli 2024 - 18:19 WITA

blank

Penyidik Kirim Beras Bulog Oplosan ke Laboratorium, Kemungkinan Tersangka Baru Masih Didalami

2 Juli 2024 - 07:02 WITA

blank
Trending di Daerah