Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Nasional · 11 Jan 2022 10:23 WITA ·

Puan Maharani Pastikan DPR Akan Segera Bahas RUU TPKS Dengan Pemerintah


Ilustrasi Perbesar

Ilustrasi

JAKARTA – Kabar baik tentang perkembangan pembahasan Rancangan Undang-undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) datang dari Senayan, Selasa (11/1/22) pagi ini.

Ketua DPR RI Puan Maharani, dalam pernyataan yang disampaikan melalui akun Instagramnya @puanmaharaniri, mengatakan bahwa proses penyusunan naskah dan harmonisasi RUU TPKS yang merupakan RUU inisiatif DPR tersebut telah selesai dilakukan oleh badan legislasi.

Pimpinan DPR, seperti dikatakan Puan, akan segera melaksanakan tata tertib sesuai mekanisme yang berlaku agar RUU TPKS dapat segera disahkan sebagai RUU Inisiatif DPR pada pekan ketiga Januari 2022 untuk selanjutnya bisa segera dibahas bersama pemerintah.

“RUU TPKS ini menjadi RUU inisiatif DPR RI dan menjadi prioritas pada masa siding tiga, 2021-2022,” katanya.

Meningkatnya berbagai kasus kekerasan seksual yang terjadi akhir-akhir ini, membuat RUU TPKS menjadi kebutuhan hukum nasional yang perlu segera dibahas dan ditetapkan oleh DPR RI bersama pemerintah.

Puan juga menyampaikan apresiasi atas sikap Presiden Joko Widodo yang juga melihat pentingnya kehadiran undang-undang tentang tindak pidana kekerasan seksual (TPKS) sebagai payung hukum yang bisa memberi perlindungan terhadap korban kekerasan seksual, terutama perempuan dan anak-anak.

Kehadiran RUU TPKS ini, diharapkan Puan dapat memperkuat dan mempertajam upaya perlindungan dari kekerasan seksual yang berpihak pada korban.

“DPR RI meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar pembahasan RUU TPKS ini berjalan lancar,” katanya di akhir pernyataan.(**)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Hasan Basri Usulkan Kepala Otorita IKN, Berasal dari Putra/Putri Pulau Kalimantan

24 Januari 2022 - 07:12 WITA

Hina Kalimantan, Hasan Basri Kecam Edy Mulyadi

23 Januari 2022 - 21:06 WITA

Gabung NasDem, Abdul Hafid Gantikan Arkanata Jadi Ketua DPW Partai NasDem Kaltara

21 Januari 2022 - 21:39 WITA

Bangunan Baru Belum Ditempati, DPRD KTT Lakukan Perubahan Ruangan

21 Januari 2022 - 17:25 WITA

Belanja di Pasar Legi Bisa Pakai QRIS, Pedagang Minta Disediakan WIFI

21 Januari 2022 - 06:03 WITA

Beroperasi Lagi, Puan Berharap Pasar Legi Jadi Motor Kebangkitan Ekonomi Pasca Pandemi

20 Januari 2022 - 21:04 WITA

Trending di Nasional