Menu

Mode Gelap

Daerah · 26 Jan 2023 21:25 WITA ·

Akselerasi Penanganan Kemiskinan di Kaltara, Mensos Dorong Penerima Manfaat Buka Usaha Hingga “Go Global”


					Akselerasi Penanganan Kemiskinan di Kaltara, Mensos Dorong Penerima Manfaat Buka Usaha Hingga “Go Global” Perbesar

TARAKAN – Akselerasi penanganan kemiskinan tidak hanya dilakukan dengan menjaga daya beli masyarakat miskin melalui bantuan sosial (bansos). Kebijakan strategis lainnya adalah dengan meningkatkan pendapatan mereka.

Di hadapan para penerima manfaat bansos Program Keluarga Harapan (PKH) di Tarakan, Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali menekankan pentingnya bagi mereka untuk membangun kemandirian ekonomi.
 
“Kami tidak hanya memberi bantuan, tetapi juga memberikan program pemberdayaan agar kapasitas bapak ibu meningkat. (Selain itu, kami juga) memberikan (akses ke dunia) kerja yang dapat meningkatkan pendapatan,” ujar Mensos dalam kegiatan Konsolidasi PKH dan Pemberian Bantuan ATENSI di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (25/1).
 
Dalam kesempatan itu, Mensos juga menyosialisasikan Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA). Program ini menyasar KPM PKH yang berusia muda agar mereka termotivasi dan memilih jalan membangun kewirausahaan, tidak menggantungkan diri pada bansos.
 
Dengan demikian, PENA juga diharapkan memberikan andil dalam upaya mengakselerasi penanganan kemiskinan. Kepada KPM, Mensos memberikan motivasi dan mengajak mereka tak ragu mengembangkan usaha.
Agar lepas dari jerat kemiskinan, 
Mensos mengajak masyarakat untuk kreatif dalam menciptakan suatu produk agar hasilnya memiliki nilai jual yang tinggi. 
 
Menurut dia, wilayah Kaltara adalah wilayah yang kaya untuk meningkatkan pendapatan. Untuk itu, para KPM yang telah merintis usaha, perlu mengetahui dan menguasai strategi pemasaran.
 
Mensos buka kartu, bagaimana agar usaha rintisan sukses menembus pasar. Di antara kiat bisnis itu adalah dengan melakukan pengolahan yang baik, pengemasan yang menarik, dan pengawetan yang sehat. “Kalau perlu, ikuti pelatihan dengan bimbingan ahlinya agar produknya bisa tembus ke mancanegara,” kata Mensos.
 
Dengan membangun usaha yang sukses, pada akhirnya, bisa menyiapkan masa depan anak-anak dengan baik. “Bapak ibu bisa memberikan pendidikan yang tinggi bagi anak-anak penerus bangsa,” katanya.
 
Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus, yang turut hadir pada kesempatan tersebut, mengatakan bahwa Kementerian Sosial tidak hanya bertanggungjawab memberikan bantuan, tapi juga mengajak warga berpikir kreatif dan produktif agar keluar dari lingkar kemiskinan.
 
Pada tahun 2022, bansos PKH yang telah disalurkan di Kaltara bernilai total Rp54.307.250.000. Adapun, di Kota Tarakan sendiri senilai Rp15.050.550.000.
 
Dalam kesempatan itu, juga disalurkan  bantuan ATENSI berupa bantuan aksesibilitas alat bantu bagi penyandang disabilitas, dukungan pemenuhan hidup layak, bantuan pengembangan kewirausahaan senilai Rp150.688.182 untuk 166 penerima manfaat.
 
Atas segala bantuan dan dukungan Kemensos, Wali Kota Tarakan Khairul menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih. “Terima kasih Ibu Menteri, sudah datang ke tempat kami dan memberikan dukungan kepada warga kami,” kata Khairul.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut, Plt. Dirjen Linjamsos Robben Rico, SKM Bidang Komunikasi dan Media Massa Don Rozano Sigit, Sekretaris Ditjen Dayasos Beni Sujanto, Sekretaris Ditjen Rehsos Salahuddin Yahya, Kepala Sentra Terpadu “Inten Soeweno” di Cibinong M.O. Royani, dan Kepala Sentra “Budi Luhur” di Banjar Baru Badriah.(*)
 
Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI 
Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 42 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

KPH Tarakan Bina 9 Kelompok Perhutanan Sosial

25 Mei 2024 - 18:10 WITA

blank

“Zona Kuning” HL Terus Dipantau

25 Mei 2024 - 17:52 WITA

blank

Ribuan Undangan Hadiri Prosesi Pekiban Putra Kapolda Kaltara

25 Mei 2024 - 17:44 WITA

blank

Suroso Nahkodai IPSI Kaltara, Program Pertama Persiapan Atlet Menuju PON 2024

25 Mei 2024 - 15:21 WITA

blank

Delegasi KTT WWF di Bali Full Gunakan Kendaraan Listrik, Begini Kesiagaan Personel PLN

25 Mei 2024 - 14:51 WITA

blank

Bupati Ibrahim Ali Akan Kembangkan Ayam Petelor di Kabupaten Tana Tidung

25 Mei 2024 - 14:43 WITA

blank
Trending di Daerah