Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Olah Raga · 20 Jun 2022 16:27 WITA ·

Resmi Dilantik, Ini Pesan Syamsuddin Arfah untuk Pengurus PBFI KTT


Ketua Pengprov PBFI Kaltara Syamsuddin Arfah melantik pengurus PBFI KTT. Foto : Ist Perbesar

Ketua Pengprov PBFI Kaltara Syamsuddin Arfah melantik pengurus PBFI KTT. Foto : Ist

TANA TIDUNG – Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Kabupaten Tana Tidung (KTT) resmi dilantik. Pengurus dibawah nahkoda Yansen ini, dilantik langsung Ketua Pengprov PBFI Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Syamsuddin Arfah.

Yansen akan memimpin PBFI KTT periode 2022-2026. Pelantikan yang dilaksanakan di Pendopo Jafarudin, juga dihadiri Ketua KONI KTT Suriansyah, Kepala Dinas Disparpora KTT Iswanto dan beserta jajaran Forkopimda KTT.

Ketua Pengprov PBFI Kaltara Syamsuddin Arfah menjelaskan sebelum berubah menjadi PBFI, cabor Binaraga tergabung ke dalam Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI). Pemisahan cabor ini, terjadi pada Munasklub PABBSI desember tahun 2019 dengan berdasarkan pemetaan dan perkembangan binaraga fitness di Indonesia yang sangat besar sehingga namanya menjadi Perkumpulan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI).

“Untuk di Kaltara, Perkumpulan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI) Provinsi Kaltara pun terbentuk pada Februari tahun 2021,” kata Syamsuddin Arfah dalam sambutannya usai pelantikan, Sabtu (19/6/22).

Ketua Pengprov PBFI Kaltara Syamsuddin Arfah menyerahkan bendara pataka kepada Ketua Pengkab PBFI KTT Yansen. Foto : Ist

Untuk memaksimalkan kinerja kepengurusan PBFI Kaltara, dijelaskan Syamsuddin Pengprov PBFI membentuk kepengurusan hingga tingkat Kabupaten/Kota yakni Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau dan terakhir adalah Kabupaten KTT.

“Meskipun untuk, tingkat pengurus Kabupaten PBFI Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Malinau belum kita lantik. Untuk Kepengurusan Cabang kita sudah melantik pengurus di Kota Tarakan dan hari ini kita barusan saja kita melantik kepengurusan Kabupaten PBFI Kabupaten Tana Tidung,” ujar Syamsuddin Arfah.

Pada saat Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) 1 PBFI di Jakarta pada bulan Maret, dikatakan Syamsuddin PBFI Kaltara mengirimkan wakilnya untuk menghadiri Mukernas 1 tersebut. Adapun pada Mukernas tersebut menghasilkan beberapa poin–poin di dalam AD/ART. Salah satunya adalah nama Perkumpulan berubah menjadi nama Persatuan.

“Pada saat November tahun 2021 lalu, Pengprov PBFI menggelar Pertandingan Men’s Fitness Gubernur Kaltara Cup 2021 Open se-Kalimantan dan Kejurprov PBFI se–Kaltara, alhamdulillah kejuaraan ini mendapatkan apresiasi langsung dari Gubernur Kaltara, Drs Zainal A. Paliwang. Jika melihat potensi binaraga dan fitness di Kaltara, terdapat sekitar 70 potensi atlet yang memiliki komitmen dan prestasi yang akan membawa nama Kaltara di kanca Nasional melalui target yang kita tentukan yakni, Porprov tahun 2022 dan PON Aceh tahun 2024,” beber Syamsuddin Arfah.

Ketua Pengprov PBFI Kaltara Syamsuddin Arfah. Foto : Ist

Sebagaimana diketahui bahwa pada Kejuaraan Men’s Fitness Gubernur Kaltara Cup 2021 Ope se-Kalimantan dan Kejurprovo PBFI se–Kaltara, ditambahkan Syamsuddin KTT mengirimkan 1 wakil dan berhasil menembus hingga babak semifinal. Berdasarkan data potensi dan perkembangan binaraga di Indonesia terutama di Kaltar terkhusus di KTT, sangat besar.

“Hal itu dapat terlihat dengan banyaknya animo masyarakat KTT yang gemar berolahraga. Olahraga Fitness dan Gym selain bertujuan untuk membentuk otot, juga merupakan wujud dari pola hidup sehat. Bahkan beberapa trainer hidup sehat seperti Ade Rai telah menyampaikan beberapa materi pola hidup sehat di beberapa video yang ada,” jelas Syamsuddin.

Syamsuddin juga berpesan kepada para pengurus yang telah dilantik, diharapkan dapat menjadi tim yang solid untuk membangun olahraga binaraga yang berprestasi di KTT. Ia juga meminta kepada pengurus untuk menjalankan fungsi organisasi sesuai tupoksinya untuk mencapai target yang diinginkan.

“Amanah yang telah diberikan kepada kita harus dipertanggungjawabkan dengan sebaik–baiknya. Jangan jadikan jabatan dan kedudukan kita di organisasi sebagai kebanggaan semata tanpa bekerja, menjadi pengurus Pengkab PBFI KTT harus dilandasi dengan komitmen untuk mau bekerja secara maksimal,” imbau Syamsuddin.

Ketua Pengprov PBFI Kaltara Syamsuddin Arfah foto bersama dengan pengurus PBFI KTT. Foto : Ist

Syamsuddin Arfah juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati KTT Ibrahim Ali atas dukungannya kepada Pengkab PBFI KTT. Menurutnya dukungan pemerintah sangat dibutuhkan untuk mengembangkan olahraga binaraga dan fitness di KTT.

“Meskipun beliau tidak hadir pada pelantikan pengurus karena sedang tugas luar daerah, tetapi dukungan sangat luar biasa. Semua sarana dan fasilitas yang disiapkan, menunjukan kesungguhan pak Bupati mendukung olahraga ini,” ucap Syamsuddin Arfah.

Diterangkan Syamsuddin, kedepan tugas dan tantangan telah menanti PBFI Kaltara pada Porprov tahun 2022 dan PON Aceh tahun 2024 untuk mencapai target pada kategori kelas Men’s Fitness dan kategori kelas Binaraga, khusus kategori kelas binaraga.

“Pada saat ini ada beberapa atlet khusus kategori kelas binaraga perlu mendapatkan pembinaan agar mereka lebih maksimal untuk menghadapi event Porprov tahun 2022,” tutup Syamsuddin.(Mt)

Artikel ini telah dibaca 52 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

KORMI Kaltara Turunkan 167 Atlet di FORNAS VI

28 Juni 2022 - 19:18 WITA

Tumbangkan Tupeng/Muktadir, Jamzani/Pai Juara Tenis HUT POMAD

26 Juni 2022 - 16:12 WITA

Almukminun Fc Juarai Liga Santri Piala KASAD Tahun 2022 Zona Tarakan

22 Juni 2022 - 19:56 WITA

Bakal Dipertandingkan di Porprov ke I Kaltara, Persiapan Cabor Binaraga Fitness Tunggu Arahan Koni

22 Juni 2022 - 11:33 WITA

Kapok Sahli Pangdam VI/Mlw Buka Liga Santri Piala KASAD Wilayah Balikpapan

20 Juni 2022 - 20:06 WITA

Ditandai Kick Off Oleh Walikota Tarakan,Liga Santri Piala KASAD Kodim 0907/Trk Resmi Dibuka

20 Juni 2022 - 18:14 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!