Menu

Mode Gelap

Olah Raga · 3 Jul 2023 11:01 WITA ·

Kaltara Meriahkan Defile Kontingen Fornas VII Jawa Barat


					Defile Provinsi Kaltara di Fornas VII Jawa Barat. Foto: ist Perbesar

Defile Provinsi Kaltara di Fornas VII Jawa Barat. Foto: ist

SOREANG – Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) VII/2023 Jawa Barat telah dimulai sejak Minggu (2/7/2023) ditandai dengan opening ceremony.

Acara yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu malam itu berlangsung spektakuler.

Pesta olahraga masyarakat multi even dua tahunan tingkat nasional itu dibuka Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy.

width"450"

Hadir pula Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo, Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal Arifin Paliwang, juga turut hadir, didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Obed Daniel Lumban Tobing dan Sekretaris KORMI Kaltara, Mukhlis Ramlan.

Acara dimeriahkan hiburan berupa tarian kolosal, penampilan defile kontingen dari 38 provinsi, penampilan artis ibu kota di antaranya Iwan Fals, serta pesta kembang api.

Fornas tahun ini menjadi even terbesar sepanjang penyelenggaraannya dengan diikuti 23.192 pegiat dari 38 provinsi.

Ada 88 induk organisasi olahraga (Inorga) yang dilombakan. Terdiri dari tiga kategori, yaitu olahraga kesehatan dan kebugaran, olahraga petualangan, serta olahraga tradisional dan kebudayaan, dengan 352 nomor pertandingan.

Kontingen Kalimantan Utara (Kaltara) juga turut ambil bagian dengan mengirim 174 pegiat dan official yang akan berlomba di sejumlah Inorga.

Kontingen Kaltara turut pula memeriahkan defile kontingen dengan mengenakan kostum berwarna biru putih bergambar hewan khas Kalimantan, Burung Enggang, disandingkan dengan maskot Fornas, Harimau. Sementara ikat kepala mengenakan singal.

Penampilan kontingen Kaltara mendapat sambutan hangat dari Menko PMK, Menpora dan Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang dengan melambaikan tangan ke arah kontingen.

Mewakili Gubernur Kaltara, Kepala Dispora Kaltara, Obed Daniel Lumban Tobing optimis kontingen Kaltara bisa mengulang sukses pada Fornas VI/2021 tahun lalu di Sumatera Selatan.

“Kita optimis dengan kontingen Kaltara yang turun di Fornas. Kita menaruh harapan besar kepada pegiat-pegiat olahraga kita. Kita berharap teman-teman bisa berbuat maksimal dan bisa mengulang prestasi yang sudah pernah dilakukan di Fornas sebelumnya di Palembang,” ujar Obed.

Namun, mengutip sambutan Menpora, Obed berpesan kepada pegiat agar bertanding dengan gembira dengan tujuan untuk kebugaran dan menjalin silaturahmi antar pegiat olahraga, bukan sekedar mencari kemenangan.

Sementara itu, Sekretaris KORMI Kaltara, Mukhlis Ramlan menilai hadirnya kontingen Kaltara pada defile kontingen menunjukkan Kaltara bisa bersaing dengan provinsi lain yang sudah lama berdiri.

“Kita bisa bilang kehadiran kontingen kita bisa bersaing dengan provinsi-provinsi yang sudah lebih dahulu ada daripada Kalimantan Utara,” tuturnya.

Terlebih, Gubernur Kaltara juga hadir pada acara pembukaan serta menyapa kontingen dengan lambaian tangannya dari tribun VIP.

Hadirnya Gubernur, dinilai Mukhlis Ramlan, menunjukkan dukungan orang nomor satu di Bumi Benuanta itu terhadap keikutsertaan kontingen. Karena, tidak semua gubernur hadir pada acara pembukaan.

“Tidak semua Gubernur seluruh Indonesia bisa hadir tadi malam untuk melihat langsung para kontingen masing-masing daerahnya bertanding. Tapi Gubernur Kaltara di antara beberapa Gubernur yang lain, langsung turun menyapa dari tribun utama, beliau hadir di tengah-tengah undangan,” ungkapnya. (**/red)

Print Friendly, PDF & Email
Artikel ini telah dibaca 98 kali

blank badge-check

Redaksi

blank blank blank blank
Baca Lainnya

Jangan Sampai Kehabisan! Tiket Grand Final Proliga 2024 Bisa Dibeli Lewat Aplikasi PLN Mobile

18 Juli 2024 - 22:18 WITA

blank

Dispora Matangkan Persiapan POPDA ke 1 Kaltara

11 Juli 2024 - 16:20 WITA

blank

PLN Sukses Layani Listrik Tanpa Kedip Selama Gelaran MXGP Seri 2 Lombok

10 Juli 2024 - 20:27 WITA

blank

Cegah Balap Liar, Polda Kaltara Gelar Kapolda Cup Kejurnas Roadrace di Peringatan HUT Bhayangkara ke 78

7 Juli 2024 - 19:50 WITA

blank

Bupati Malinau Buka Turnamen BMC Tahun 2024 

4 Juli 2024 - 07:59 WITA

blank

Sekda Rusdianto Buka Kejuaraan Bupati Bulungan Pentaque Tahun 2024

29 Juni 2024 - 06:55 WITA

blank
Trending di Daerah