Menu

Mode Gelap
Capaian WTP Harus Berkorelasi dengan Pembangunan Daerah Gubernur Bantu Pembangunan Masjid Al Ikhlas Polairud Polda Kaltara Gubernur Santuni Pemilik Taman Pendidikan Alquran (TPA) Pantai Amal yang Terbakar Percepat Herd Immunity, Kodim Tarakan Gelar Serbuan Vaksin Untuk Pelajar Sinergikan Pemerintah Pusat dan Daerah, Pemprov Gelar Rakor GWPP

Daerah · 23 Mei 2022 18:13 WITA ·

40 Lulusan Terbaik SMA Muhi Ikuti Wisuda Tahfidz Akbar


40 Lulusan Terbaik SMA Muhi Ikuti Wisuda Tahfidz Akbar Perbesar

Yogyakarta – Sebanyak 40 siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengikuti acara wisuda tahfidz akbar, Ahad (22/05).

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah (LP2M) dan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kota Yogyakarta, kegiatan ini dilaksanakan di Aula SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta bersama seluruh SD, SMP, SMK dan SMA Muhammadiyah Kota Yogyakarta yang tahun ajaran 2021/2022 telah dinyatakan lulus di setiap jenjang satuan pendidikan.

Wisuda tahfidz akbar ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan pendidikan al-Qur’an di sekolah/madrasah Muhammadiyah. Sebab dalam ajaran Islam, tahfidz adalah salah satu pondasi untuk menguasai kompetensi al-Qur’an (al-Islam), yaitu, qiraah tartil, tahsin, tahfidz dan tafhim.

Menurut Drs. H. Akhid Widi Rahmanto selaku Ketua PDM Kota Yogyakarta ada 5 tujuan dari diselenggarakannya wisuda tahfidz akbar ini di antaranya: menghasilkan alumni hafidz dan hafidzah, melaksanakan Syiar Muktamar Muhammadiyah 2022, mensukseskan program tahfidz al-Qur’an yang dilaksanakan oleh LP2M PDM, mentradisikan al-Qur’an di sekolah, dan memberikan sertifikasi kepada siswa kelas akhir yang dapat digunakannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dalam kegiatan wisuda Tahfidz Akbar ini, 40 siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang terpilih untuk diwisuda telah melewati 3 proses kualifikasi dan standarisasi. yaitu : 1. Sekolah menunjuk tim untuk mensosialisasi, menyeleksi, dan memverifikasi para siswa/siswi yang hafidz; 2. Tim melakukan verifikasi kebenaran dan kualitas hafalan siswa untuk kemudian ditentukan dan diajukan nama-nama siswa ke tim tahfidz PDM, dan 3. Tim tahfidz PDM akan memverifikasi hafalan siswa dan kemudian menentukan nama-nama siswa yang berhak mendapatkan syahadah/sertifikat.

Ananda Aufa Rahman Fauzan Al-fath dan Hana Kharidah menjadi hafidz terbaik dari SMA Muhi dengan total hafalan 10 dan 9 juz. Selain itu ada 2 ananda hafal 8 juz, 1 ananda hafal 7 juz, 3 ananda hafal 6 juz, 2 ananda hafal 4 juz, 3 ananda hafal 3 juz, dan ada 6 ananda yang hafal 2 juz.

Selebihnya ada 21 lulusan SMA Muhi yang hafal 1 juz. Pelaksanaan acara wisuda ini dilaksanakan secara blended. Ananda yang hafal 1 juz mengikuti kegiatan wisuda dari rumah.

Kepala SMA Muhi Drs. H Herynugroho, M.Pd bersyukur atas pencapaian ini dan berharap kedepan prestasi ini bisa ditingkatkan. Menurut beliau, prestasi ini salah satunya didukung dengan keberadaan pesantren putra As – Sakinah SMA Muhi.

Hal ini juga membuktikan bahwa lulusan SMA Muhi tidak hanya memiliki kompetensi akademik tetapi juga memiliki kemampuan dalam bidang al-Qur’an, yaitu tahfidzul Qur’an, tentunya perlu terus didorong dan diwujudkan bersama-sama. Pada sesi terakhir diberikan tausyiah oleh Dr. Okrizal Eka Putra, Lc., M.Ag. yang menyampaikan pentingnya internalisasi nilai-nilai Qur’an kepada siswa/siswi.

Harapannya dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk membentengi diri, keluarga, dan masyarakat di era distrupsi yang penuh tantangan.(*)

Artikel ini telah dibaca 25 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Raih Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

29 Juni 2022 - 20:39 WITA

Peringati Harganas, Kodim 0907/Trk Gandeng BKKBN Gelar KB Kesehatan Cegah Stunting

29 Juni 2022 - 20:14 WITA

Menunggu 11 Tahun, 68 Calon Jamaah Haji Tarakan Akhirnya Berangkat ke Tanah Suci

29 Juni 2022 - 15:10 WITA

RT Karang Anyar Bersatu Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Jalan Aki Balak

29 Juni 2022 - 10:52 WITA

2019 Kena Tsunami Politik, 2024 Herman Hamid Ingin Kembalikan Kejayaan Demokrat di Tarakan

29 Juni 2022 - 06:29 WITA

Terduga Lesbian Tanjung Pasir Pertanyakan Alasan Akan Diusir, Mereka Siap Rehabilitasi

28 Juni 2022 - 23:50 WITA

Trending di Daerah
error: Alert: Content is protected !!